Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS

Smart Teen

Trend “Bercyandya”, Hati-hati Sob!

Trend “Bercyandya”, Hati-hati Sob!

Selasa, 26 September 2023 05:12 wib

Kata “Bercyandya” ini menjadi viral karena celetukan salah satu mahasiswa baru UGM bernama Abigail yang spontan saja ketika diwawancara oleh salah satu konten kreator bernama Danang. Abigail tidak sendirian more →

Sabtu, 23 September 2023 11:32 wib

Jangan Remehkan Hutang!

Jangan remehkan walau sedikit karena sedikit-sedikit lama-lama numpuk juga jadi sebukit. Awalnya pinjam dulu seratus ribu, lama-lama jadi seratus juta karena bersamaan dengan menunda bayar lunasan orang ini pun menambah hutangnya lagi dari orang lain. Yang sedikit saja ditunda mulu, apalagi pas udah numpuk sebukit, entah kapan, deh, itu bayarnya. Apalagi kalau konsep hutannya itu gali lubang tutup lubang, duh, ruwet juga, ya. more →

Ahad, 17 September 2023 13:25 wib

Menyiksa Kucing demi Kesenangan, Situ Waras?

Subhanallah, kasihan banget, ya, kucingnya. Biasanya orang memelihara kucing itu untuk teman main, karena lucu, eh, ini malah buat pelampiasan. Alhamdulillah-nya nggak sampai mati. Tapi, walau nggak sampai mati, pun, tetap saja itu bukanlah hal yang benar, dan amit-amit sampai kena adzab Allah karena menyiksa hewan seperti itu. more →

Kamis, 14 September 2023 14:32 wib

Menggunjing itu Sarang Dosa

Menggunjing itu sarang dosa. Mengganggu orang itu sarang dosa. Mencaci orang itu sarang dosa. Dosa, dosa, dosa, dosa... Kalian tahu, nggak, sih, lirik lagu itu? Lucu ya, tapi bener kalau menggunjing orang itu dosa. more →

Senin, 11 September 2023 10:30 wib

Duta-dutaan Pemerintah yang Lawak!

Yang melakukan kesalahan malah dijadikan duta itu gimana? Kan duta itu dijadikan contoh dan diikuti pergerakannya, visi misinya. Jadi ini sedang dihukum atau malah justru sedang memperingan hukuman, nih? Soalnya, nih, entah kebetulan atau bukan, tapi yang berbuat salah dan dijadikan duta itu kebetulan para influencer, sedangkan coba aja kalau yang melakukan itu rakyat kecil, rakyat yang nggak punya kuasa atau uang, pasti langsung dihukum, dong, alih-alih dijadikan duta. more →

Rabu, 6 September 2023 06:22 wib

Jika Syiar Jangan Liar

Seringnya dari kita berdakwah atau mengingatkan kebaikan dengan cara-cara yang kurang menyenangkan. Merasa orang lain lebih rendah dari kita, merasa bangga, merasa kitalah yang paling benar, dan lain sebagainya. Dan dampaknya, banyak sekali orang yang enggan menerima syiar kita. Sebagaimana yang selalu Rasul lakukan, berdakwah dan mengajak seseorang agar melakukan kebaikan itu tidak selalu dengan perkataan, tapi mencontohkan. more →

Ahad, 27 Agutus 2023 14:49 wib

Basa-basi tapi Menyakiti

Sebelum berkomentar, nyeletuk, selayaknya kita ini berkaca, dan memikirkan dampaknya terlebih dahulu. Dengan celetukan kita, apakah akan membawa dampak yang negatif atau positif. Meski pun awal niat kita hanya bercanda, tetap saja, harus dipikirkan, karena banyak sekali candaan yang tidak kita sadari malah melukai orang lain, na’udzubillahi min dzalik. more →

Rabu, 23 Agutus 2023 06:30 wib

Maraknya Zina di Kalangan Remaja, Bagaimana Solusinya?

Semakin majunya usia hubungan seks di kalangan remaja bukanlah masalah sepele. Kejadian ini terus berulang dan semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini tentunya tidak ujug-ujug terjadi, pasti ada pemicu besar hingga kasusnya terus membubung tinggi. more →

Senin, 21 Agutus 2023 05:27 wib

Remaja dalam Jeratan Bucin

Sebenarnya bukanlah sebuah kesalahan jika kita mencintai lawan jenis dan bukanlah sebuah Kesalahan pula jika kita memberikan sebatang cokelat ataupun seikat burga kepada pasangan kita. Yang salah bukanlah perasaan cinta, namun bagaimana cara kita merealisasikan perasaan itu sendiri. Kareng pada dasarnya, mencintai lawan jenis adalah fitrahnya seorang manusia. more →

Kamis, 17 Agutus 2023 16:29 wib

Merdeka, Nggak, Nih?

Indonesia beserta isinya saat ini sedang rapuh karena keserakahan para pemerintahannya. Alamnya, kekayaannya, pemerintahannya, rakyatnya, rapuh. Hutang yang semakin menumpuk mengikis semua kekayaan alamnya, korupsi merajalela, menjerat para rakyatnya dalam kemiskinan. Dan kemiskinan itu pun menjalar ke kejahatan yang lain. more →

Senin, 14 Agutus 2023 22:19 wib

LGBTQ+ : Semakin di Luar Nalar!

Dunia barat sedang dibuat bingung oleh komunitas dan orang-orang yang pro dengan LGBTQ+. Ya, dulu, sih cuman LGBT doang, terus jadi LGBTQ, terus sekarang nambah lagi jadi LGBTQ+. Buat yang masih bertanya-tanya, LGBTQ+ itu apa, dari lifestyle.sindonewa.com, LGBTQ+ adalah singkatan dari lesbian, gay, biseksial, transgender, queer, dan lain-lain. more →

Rumah Keluarga Yatim Ludes Terbakar Saat Ditinggal Sholat Tarawih

Rumah Keluarga Yatim Ludes Terbakar Saat Ditinggal Sholat Tarawih

Rumah yang ditinggali keluarga yatim Ibu Turyati (34) ludes terbakar saat ditinggal berbuka puasa bersama dan sholat Tarawih. Kebakaran pada Kamis malam (23/3/2023) itu tak menyisakan barang...

Berbagi Keberkahan, Bantuan Modal Usaha Untuk Muallaf

Berbagi Keberkahan, Bantuan Modal Usaha Untuk Muallaf

Tak punya kedua orang tuanya sejak 2017, Monica Kenyo Wulan Hapsari (27) hidup sendiri di kos berukuran sempit 2 x 3 meter. Sempat kelaparan dan hanya mampu jual sepatu dan tas ke rosok untuk...

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren