Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
35.784 views

Sakitnya Putus Hubungan dengan Allah Ta'ala

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Ketika seorang hamba taat kepada Tuhannya dan selalu mencari ridha-Nya, ia akan terhubung dengan sebab-sebab kebaikan dan terputus dari sebab-sebab keburukan. Tuhannya akan selalu mencintainya, membimbing dan mengarahkannya sehingga ia akan merasakan kelapangan dada, kesenangan jiwa, kenikmatan batin, dan kebahagiaan yang tiada tara.   

Sebagian ulama salaf mengatakan, “sungguh kita ini berada dalam kebahagiaan yang seandainya para raja dan anak-anak mereka mengetahuinya niscaya mereka akan menebas kita dengan pedang.” Inilah surga dunia; taman ketentraman dengan Allah dan ketaatan kepada-Nya.

Sedangkan orang yang berpaling dari Allah, tidak mengerjakan perintah-perintah-Nya, selalu melanggar larangan-larangan-Nya, melampaui batasan-batasan-Nya, sesungguhnya ia sedang memutus hubungan antara dirinya dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Jika telah putus hubungan dari Allah, terputus semua sebab kebaikan dari hamba tadi. Sebaluknya, ia akan terhubung kepada sebab-sebab keburukan. Hidup model apa yang dirasakan oleh orang yang terputus dari sebab-sebab kebaikan dan tersambung kepada sebab-sebab keburukan? Ia dikuasai musuhnya; yaitu setan. Dijauhi tuhannya dan penciptanya.

Sebagian ulama salaf berkata, “aku melihat seorang hamba berada di antara Allah dan setan. Jika Allah berpaling darinya maka setan menguasainya.”

Jika seorang hamba telah terputus hubungan dari Allah dan diselimuti kelalaian maka dada akan terasa sempit, merasa gerah berada di tengah-tengah orang yang shalih. Hatinya merasa nyaman dengan maksiat dan menikmatinya. Padahal maksiat itulah luka dan penyakit untuk hatinya. Tapi, “orang yang mati tak lagi merasakan pedihnya luka.”

Demikianlah hati yang telah mati, tak akan lagi merasakan pedihnya maksiat dan hampanya kelalaian. Jika hati benar-benar diselimuti kelalaian tak akan lagi merasakan sakitnya siksaan maksiat. Sebagiamana tak lagi mengenali kebaikan sebagai kebaikan dan kemungkaran sebagai kemungkaran. Ia melihat kebaikan sebagai kemungkaran sehingga membencinya. Kemungkaran sebagai kebaikan sehingga membelanya. Tidak ada yang pas baginya kecuali yang sesuai hawa nafsunya.

Bagaimana cara ia selamat dari semua keburukan itu?

Seorang hamba yang terjerumus jauh ke dalam kemaksiatan-kemaksiatan, tetap terbuka untuknya pintu taubat. Selama nyawa belum dikerongkongan dan matahari belum terbit dari barat masih terbuka kesempatan untuk memperbaiki diri dan menjalin buhungan baik dengan tuhannya.

Hendaknya ia datang kepada Allah dan mengetuk pintu ampunan dan rahmat-Nya. Tidak ada pintu yang bisa menyelamatkan dirinya kecuali pintu Tuhannya dan pelindungnya; Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Teruslah mengetuk pintu-Nya. Jangan bosan dan jangan putus asa. Sesungguhnya orang yang terus-menerus mengetuk pintu, ada harapan kuat akan dibukakan pintu itu untuknya. Hendaknya terus beristighfar, berdoa, menjaga shalat fardhu, dan membaca Al-Qur’an; sesungguhnya al-Qur’an adalah penawar untuk hati yang sakit dan air untuk hati yang gersang.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌوَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَلاَ يَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ إِلاَّخَسَارًا

“Dan Kami turunkan dari al Quran suatu yang menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra’: 82)

Lazimi dzikrullah dan memperbanyaknya, karena dzikrullah akan mengusir setan dan mendatangkan kedridhaan ar-Rahman.

Jalankan proses memperbaiki diri dengan berkumpul dan bergaul bersama orang-orang shalih. Jauhi teman-teman yang jelek dan rusak karena seseoran akan dipengaruhi oleh teman dekatnya.

Semoga Allah senantiasa menganugerahkan kepada kita dada yang lapang kepada kebenaran dan bahagia dengan ketaatan kepada Rabba semesta alam sehingga Dia akan menyelematkan kita dari kehinaan dunia dan adzab akhirat. Amiin. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X