Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.978 views

Hikmah Anjuran Banyak Bershalawat di Hari Jum’at

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Disunnahkan memperbanyak shalawat di hari Jum’at. Yaitu di malam dan siang harinya. Ini sudah menjadi kesepakatan fuqaha’. Dalil yang menunjukkannya cukup banyak; di antaranya:

Dari Aus bin Aus Radhiyallahu 'Anhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda:

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ

"Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jum'at, karena shalawat akan disampaikan kepadaku."

Para shahabat berkata: "Ya Rasulallah, bagaimana shalawat kami atasmu akan disampaikan padamu sedangkan kelak engkau telah lebur dengan tanah?"

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjawab: "Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi memakan jasad para Nabi." (HR. Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan al Hakim dengan sanad yang shahih)

Dari Abu Bakar As Siddiq bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

أكثروا الصلاة علي ، فإن الله وكل بي ملكا عند قبري ، فإذا صل علي رجل من أمتي قال لي ذلك الملك : يا محمد إن فلان بن فلان صلى عليك الساعة

Perbanyaklah oleh kalian untuk bershalawat kepadaku, karena sungguh Allah telah memberikan perintah kepada seorang malaikat untuk berada di kuburanku, jika ada seseorang dari umatku telah bershalawat kepadaku maka malaikat itu berkata kepadaku: “Wahai Muhammad, sungguh fulan bin fulan telah bershalawat kepadamu saat ini”." (HR. Al-Dailami. Dihasankan oleh Albani di dalam As Silsilah As Shahihah: 1530)

Dalam riwayat lain,

أكثروا مِن الصلاة عليَّ يوم الجمعة؛ فإنَّ صلاة أمتى تُعرض عليَّ كل يومِ جمعةٍ، فمَن كان أكثرهم عليَّ كان أقربهم منى منزلةً

Perbanyaklah bershalawat atasku pada hari Jum’at; karena shalawat umatku akan dilaporkan kepadaku setiap hari Jum’at. Siapa di antara mereka yang paling banyak shalawatnya atasku maka ia menjadi orang paling dekat tempatnya denganku (di akhirat).” (HR. Al-Baihaqi; Hasan Lighairihi)

Kenapa dianjurkan memperbanyak shalawat di hari Jum’at?

Pertama, kita mengetahui bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam adalah Sayyidul Anam (pemimpin umat manusia) dan Asyraful Anbiya’ (Nabi paling mulia). Sedangkan hari Jum’at adalah hari terbaik sebagaimana yang disebutkan pada hadits di atas. Selaraslah, anjuran memperbanyak shalawat atas Sayyidil Anam pada Sayyidil Ayyam, bershalawat atas nabi paling mulia di hari paling mulia dalam sepekan. Ini sekaligus menjadi bukti besarnya pahala bershalawat atas Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam di hari Jum’at.

Kedua, di hari Jum’at terdapat waktu istimewa untuk berdoa. Tidaklah seorang hamba muslim berdoa meminta kepada Allah kebaikan kecuali Allah akan memberikan apa yang dimintanya, seperti disebutkan dalam hadits Muslim. Dan di antara sebab dikabulkannya doa adalah bershalawat atas Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, seperti hadits shahih.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam mendengar seseorang pernah mendengar seseorang berdo'a dalam shalatnya dengan tidak memuji Allah dan tidak membaca shalawat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, maka bersabdalah beliau, "Orang ini tergesa-gesa."

Kemudian beliau bersabda kepadanya atau kepada selainnya,

إذا صلَّى أحدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِتَحْمِيدِ اللهِ والثَّناءِ عليهِ، ثُمَّ لَيُصَلِّ على النبيِّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ، ثُمَّ لَيَدْعُ بَعْدُ بِما شاءَ

"Apabila seseorang di antara kamu sholat maka hendaknya ia memulai dengan memuji Tuhannya dan menyanjung-Nya kemudian membaca shalawat Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam lalu sialahkan ia berdoa dengan do'a yang dikehendakinya." (HR. Ahma dan al-Tirmidzi dan selainnya. Hadits shahih menurut Tirmidzi, Ibnu Hibban dan alHakim)

Umar bin al-Khaththab Radhiyallahu 'Anhu berkata,

إِنَّ الدُّعَاءَ مَوْقُوفٌ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ، لَا يَصْعَدُ مِنْهُ شَيْءٌ حَتَّى تُصَلِّيَ عَلَى نَبِيِّكَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Sesungguhnya doa tertahan di antara langit dan bumi; tidak naik ke langit sehingga dibacakan shalawat atas Nabimu Shallallahu 'Alaihi Wasallam.” (HR. Al-Tirmidzi)

Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'Anhu berkata, “Setiap doa terhalang dari langit sehingga dibacakan shalawat atas Muhammad dan keluargnya –Shallallahu ‘alaihi wa’ala Alihi Wasallam-.” (HR. Al-Baihaqi)

Boleh jadi disyariatkannya memperbanyak shalawat di hari Jum’at agar doa-doanya lebih dikabulkan di waktu mustajab ini.

Ketiga, berkumpul di hari Jum’at shalat fardhu paling utama; yaitu shalat Shubuh dan shalat Jum’at.

إن أفضل الصلوات عند الله صلاة الصبح يوم الجمعة في جماعة

"Seutama-utamanya shalat di sisi Allah adalah shalat Shubuh pada hari Jum'at secara berjamaah." (HR. Al-Baihaqi dalam Syu'ab al-Iman dan dishahikan Al-Albani dalam Shahih al-Jami', no. 1119)

Sedangkan keutamaan shalat Jum’at tidak diragukan lagi, karena Allah telah sebutkan secara khusus di Kitabnya, QS. Al-Jumu’ah: 9.

Berkumpulnya shalat-shalat paling utama di hari Jum’at sebagai pujian bagi Allah, sepantasnya juga dilantunkan juga pujian paling utama atas manusia paling mulia pilihan Allah Ta’ala.

Keempat, pada hari Jum’at kaum muslimin berkumpul untuk mengerjakan ibadah utama dan syiar yang agung, yaitu shalat Jum’at. Berkumpulnya mereka di hari itu tidak didapati di hari-hari selainnya. Selayaknya, saat mereka bersatu dan berkumpul untuk ibadah di hari Jum’at mereka juga bershalawat atas orang yang menjadi sebab berkumpulnya mereka dan bersatunya hari mereka.

Kelima, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam adalah penutup para nabi dan rasul. Sedangkan hari Jum’at adalah penutup hari-hari dalam sepekan –sebagaimana pendapat sekumpulan ulama, tidak dipungkiri masih terjadi khilaf dalam hal ini-. Selayaknya di penutup hari dalam sepekan diperbanyak shalawat atas khatamil mursalin (penutup para rasul). Sehingga kita tutup akhir pekan dengan ibadah-ibadah agung ini.

Keenam, kita juga tahu bahwa hari kiamat terjadi di hari Jum’at sebagaimana disebutkan dallam hadits shahih,  “tidak terjadi kiamat kecuali di hari Jum’at” (HR. Muslim)

Jika di hari kiamat kelak, kita berharap menjadi orang yang mendapat syafaat beliau dengan syafaat udzma yang tidak dimiliki kecuali oleh beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Dari sini, memperbanyak shalawat atas beliau akan mengingatkan kita kepada syafaat beliau di hari kiamat.

Ketujuh, Allah telah sediakan keutamaan besar di hari Jum’at untuk umat ini seperti pahala besar ibadah, ampunan dosa, dan waktu ijabah doa. Semua keutamaan ini diketahui dan diraih melalui Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Sebagai bentuk syukur dan menunaikan haknya maka kita memperbanyak shalawat dan salam atas beliau di hari ini.

Ini beberapa hikmah yang telah disebutkan oleh dalam artikel berbahasa Arab “Maa al-Hikmah min Istihbab al-Shalati ‘Ala al-Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Yaumal Jum’ah?”. Yang benar datangnya dari Allah, dan apabila ada kesalahan berasal dari kurangnya ilmu. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-isla.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Latest News
PCR Jadi Syarat Wajib Penerbangan, Legislator: Jangan Membebani Masyarakat

PCR Jadi Syarat Wajib Penerbangan, Legislator: Jangan Membebani Masyarakat

Sabtu, 23 Oct 2021 21:32

DKI Jakarta Juara Umum STQN XXVI

DKI Jakarta Juara Umum STQN XXVI

Sabtu, 23 Oct 2021 21:11

Pakistan Bantah Laporan AS Gunakan Wilayah Udaranya Untuk Lakukan Serangan Militer Di Afghanistan

Pakistan Bantah Laporan AS Gunakan Wilayah Udaranya Untuk Lakukan Serangan Militer Di Afghanistan

Sabtu, 23 Oct 2021 21:05

Bantu Pengelolaan Masjid, Yayasan Amaliah Astra Kembangkan Aplikasi Keuangan Masjid Online Gratis

Bantu Pengelolaan Masjid, Yayasan Amaliah Astra Kembangkan Aplikasi Keuangan Masjid Online Gratis

Sabtu, 23 Oct 2021 20:54

Pelajari Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh, MUI Sumatera Utara Kunjungi DSI

Pelajari Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh, MUI Sumatera Utara Kunjungi DSI

Sabtu, 23 Oct 2021 20:50

Militer AS Klaim Bunuh Pemimpin Senior Al-Qaidah Abdul Hamid Al-Matar Di Barat Laut Suriah

Militer AS Klaim Bunuh Pemimpin Senior Al-Qaidah Abdul Hamid Al-Matar Di Barat Laut Suriah

Sabtu, 23 Oct 2021 20:45

Jalan Ataturk Jalan Moderasi Islam

Jalan Ataturk Jalan Moderasi Islam

Sabtu, 23 Oct 2021 20:29

Hamas Terlibat Dalam Negosiasi Untuk Bebaskan Tahanan Palestina Dan Arab Dari Penjara Israel

Hamas Terlibat Dalam Negosiasi Untuk Bebaskan Tahanan Palestina Dan Arab Dari Penjara Israel

Sabtu, 23 Oct 2021 20:05

Pandora Papers, UU HPP, dan Tax Amnesty II: Pajak Disayang atau Dikemplang?

Pandora Papers, UU HPP, dan Tax Amnesty II: Pajak Disayang atau Dikemplang?

Sabtu, 23 Oct 2021 15:47

Rumah Yatim Fajar Hidayah Dieksekusi Paksa, Pengurus Akan Lapor ke DPR dan KPAI

Rumah Yatim Fajar Hidayah Dieksekusi Paksa, Pengurus Akan Lapor ke DPR dan KPAI

Sabtu, 23 Oct 2021 13:37

Emosi Sebabkan Sakit & Kebocoran Energi Matriks Ilahiah (Quantum)

Emosi Sebabkan Sakit & Kebocoran Energi Matriks Ilahiah (Quantum)

Sabtu, 23 Oct 2021 12:58

Produk Halal Indonesia Berpeluang Kuasai Pasar Global

Produk Halal Indonesia Berpeluang Kuasai Pasar Global

Sabtu, 23 Oct 2021 08:42

Ajak Sinergi dan Kolaborasi, Muslimah Wahdah dan Mushida Siap Berkontribusi untuk Indonesia

Ajak Sinergi dan Kolaborasi, Muslimah Wahdah dan Mushida Siap Berkontribusi untuk Indonesia

Jum'at, 22 Oct 2021 22:45

 Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Utama Ekonomi Syariah dan Industri Halal Dunia

Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Utama Ekonomi Syariah dan Industri Halal Dunia

Jum'at, 22 Oct 2021 22:31

ACN Membentangkan Spanduk Protes Kebebasan Seksual di Pancoran

ACN Membentangkan Spanduk Protes Kebebasan Seksual di Pancoran

Jum'at, 22 Oct 2021 21:36

43 Negara PBB Serukan Cina Buka Akses 'Segera' Ke Xinjiang Untuk Para Pengamat

43 Negara PBB Serukan Cina Buka Akses 'Segera' Ke Xinjiang Untuk Para Pengamat

Jum'at, 22 Oct 2021 17:35

Laporan: Hampir Setengah Dari Seluruh Pengungsi Afghanistan Di AS Anak-anak

Laporan: Hampir Setengah Dari Seluruh Pengungsi Afghanistan Di AS Anak-anak

Jum'at, 22 Oct 2021 16:45

Pihak Berwenang Filipina Klaim Tangkap Anggota Abu Sayyaf Yang Terlibat Penculikan 2 Warga Kanada

Pihak Berwenang Filipina Klaim Tangkap Anggota Abu Sayyaf Yang Terlibat Penculikan 2 Warga Kanada

Jum'at, 22 Oct 2021 15:45

DDII: Hari Santri Momentum Kebangkitan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Terbaik

DDII: Hari Santri Momentum Kebangkitan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Terbaik

Jum'at, 22 Oct 2021 15:34

Laporan: Apple Akan Mulai Paksa Karyawan Yang Tidak Divaksin Untuk Tes COVID-19 Setiap Masuk Kantor

Laporan: Apple Akan Mulai Paksa Karyawan Yang Tidak Divaksin Untuk Tes COVID-19 Setiap Masuk Kantor

Jum'at, 22 Oct 2021 14:50


MUI

Must Read!
X