Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.082 views

Pelajari Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh, MUI Sumatera Utara Kunjungi DSI

BANDA ACEH (voa-islam.com) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara mengunjungi Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh pada hari Kamis (21/10). Kunjungan ini difasilitasi oleh ketua Majelis Intelektual dan Ulama Indonesia (MIUMI) Aceh Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA.

Pertemuan resmi silaturrahmi MUI Sumut dengan DSI Aceh dan MIUMI Aceh berlangsung di kantor DSI Aceh di Banda Aceh dari pukul 14.15 WIB sampai pukul 15.45 WIB. Pertemuan ini penuh dengan suasana santai, hangat dan ukhuwwah.

Rombongan MUI Sumatera Utara bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI ini terdiri dari Ketua bidang KH. Akhyar Nasution Lc., MA, Sekretaris Bidang Ahmad Azlisyah S. HI, S. Pd, Ketua Komisi DR. Abdi Syahrial Harahap, Lc., MA, Sekretaris Komisi DR. Muhammad Irsan Nasution, SE, Ak. CA, M. Ak. Cert. IPSAS dan Wakil Sekretaris Komisi DR. Endi Marsal Dalimunthe Lc., MA.

Sementara pihak tuan rumah Dinas Syariat Islam Aceh diwakili oleh Kabid Penyuluhan Agama Islam (PAI) Dr. Fikri Sulaiman, Lc., MA, Kasi Peribadatan Muchtar, S.Ag, Kasi Kerjasama Lembaga Keagamaan Abdul Rani, S. Sos. dan Kasubbag Umum Malek Ridhwan, S. Sos.

Hadir pula dalam pertemuan ini ketua MIUMI Aceh Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA sebagai fasilitator pertemuan ini.

Ketua rombongan MUI sekaligus ketua bidang hubungan dan kerjasama luar negeri MUI Sumatera Utara Ustaz Akhyar Nasution, Lc., MA menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan mereka ke Aceh adalah untuk menjalin silaturrahmi dengan MPU Aceh, MPU Banda Aceh, Dinas Islam Islam, dan MIUMI Aceh. Selain itu, untuk menyaksikan dan mempelajari pelaksanaan syariat Islam di Aceh.

"Kami rombongan MUI Sumatera Utara sengaja berkunjung secara resmi ke Dinas Syariat Islam Aceh dalam rangka menjalin silaturrahmi dengan Dinas Syariat Islam Aceh dan mempelajari pelaksanaan syariat Islam di Aceh. Barangkali kami bisa mencontoh Aceh dalam pelaksanaan syariat Islam di Sumatera Utara. Kami juga bersilaturrahmi dengan MPU Aceh, MPU Banda Aceh dan MIUMI Aceh," katanya.

"Selama ini kami sering mendengar saja tentang pelaksanaan syariat di Aceh melalui berita di media. Hari ini kami datang ke Aceh untuk melihat langsung pelaksanaan syariat Islam di Aceh dan berdiskusi langsung dengan pihak pemerintah Aceh yang menangani persoalan syariat Islam dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan syariat Islam di Aceh dalam hal ini pihak Dinas Syariat Islam Aceh. Kami juga berdiskusi dengan pihak MPU Aceh dan MPU Banda Aceh sebagai sesama MUI", ujar Akhyar.

Dalam pertemuan tersebut, Kabid PAI DSI Aceh, mewakili Kadis DSI Aceh menjelaskan tugas Dinas Syari'at Islam Aceh.

"Komitmen pelaksanaan syariat Islam di Aceh sudah final dan tidak dapat ditawar lagi. DSI Aceh mempunyai tugas untuk memastikan bahwa formalisasi nilai-nilai Islam secara komprehensif ke dalam hukum positif terus berlanjut, sesuai kewenangan Aceh sebagai daerah istimewa. Ini bertujuan untuk menciptakan implementasi nilai Islam yang kaffah di bumi Aceh sebagaimana yang dicita-citakan warga Aceh dari sejak zaman dahulu," ungkapnya.

Kabid PAI DSI Aceh juga mengungkapkan rasa optimisnya bahwa hal serupa dapat juga dilakukan oleh provinsi-provinsi lain di Indonesia.

"Saya optimis, provinsi-provinsi lain dapat melaksanakan syariat Islam secara formil, tentunya dengan perjuangan yang gigih. Provinsi Aceh dan Sumatra Utara dalam hal ini dapat bekerjasama untuk saling membentengi dan juga saling mendukung agar cahaya Islam di kedua wilayah tersebut tetap bersinar dan panji Islam tetap tegak," tuturnya.

"Meskipun tantangan yang dihadapi muslim Sumatera Utara lebih besar karena kemajemukan masyarakatnya, tetapi Islam selalu dapat membuktikan bahwa ketinggian ajaran-ajarannya, yang dalam hal ini dapat ditunjukkan melalui regulasi-regulasi daerah yang Islami dan mapan, akan dapat mengalahkan berbagai tantangan tersebut dan bahkan akan terus menjadi sumber ketertarikan umat agama lain terhadap Islam," tambahnya.

Ketua MIUMI Aceh Ustaz Dr. Muhammad Yusran, Lc., MA yang juga sebagai dosen UIN Ar-Raniry yang ikut hadir juga memberi sambutan setelah sesi perkenalan pihak yang hadir. Dia menyambut gembira kedatangan rombongan MUI ke Aceh.

"Alhamdulillah, saya senang bisa bertemu dengan bapak-bapak dari MUI Sumatera Utara dan bisa membantu mengfasiltasi pertemuan silatturrahmi antara MUI Sumatera Utara dengan Dinas Syariat Aceh," ujarnya

"Terlebih lagi, memang ada agenda MUI juga untuk bertemu dengan saya sebagai ketua MIUMI Aceh. Maka sekalian saja ketemu di kantor Dinas Syariat Islam Aceh. Karena kami MIUMI Aceh belum punya kantor," lanjutnya.

Selanjutnya Ustaz Yusran Hadi yang juga alumni Madinah Arab Saudi dan ketua Jaringan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) Aceh ini mengatakan bahwa pertemuan ini juga sekaligus pertemuan silaturrahmi sesama anggota JATTI Sumatera Utara dan Aceh.

"Sebagai sesama anggota JATTI, saya juga senang bisa bertemu dengan ustaz Akhyar Nasution dan ustaz sebagai alumni Syiria dan ustaz Endi Marsal sebagai alumni Beirut Lebanon. Begitu pula tuan rumah ustaz Fikri sebagai alumni Mesir. Ini bisa juga sekaligus silaturrahmi sesama anggota Jaringan Alumni Timur Tengah Indonesia. Semoga silarurrahmi kita terus terjalin, baik secara pribadi maupun secara institusi dan organisasi", ujar Yusran.

Di akhir pertemuan, ustaz akhyar mengucapkan ucapan terima kasih kepada Kepada Kabid PAI DSI ustaz Dr. Fikri Sulaiman, Lc., MA dan Ketua MIUMI Aceh Ustaz Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA

"Saya atas nama robongan MUI Sumatera Utara mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak Kabid PAI ustaz Dr. Fikri Sulaiman, Lc., MA dan bapak-bapak dari dinas syariat yang telah menyambut dan menerima kunjungan kami hari ini dengan sambutan hangat dan penuh nuansa ukhuwwah. Kami senang atas pertemuan ini. Banyak informasi tentang pelaksanaan syariat ini yang kami dapatkan. syukran wa jazakumullah khairan," ungkapnya.

"Kami juga berterima kasih banyak kepada Ketua MIUMI Aceh Ustaz Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA, atas kebaikannya yang telah menghubungkan dan mengfasilitasi pertemuan kami MUI Sumatera Utara dengan pihak DSI Aceh. Kami ucapkan kepada ustaz Yusran Hadi, jazakumullahu khairan. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala membalas kebaikan ustaz yusran", pungkas Ustaz Azhar. [ril/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
Berhenti Merokok Cegah PPOK dan Kanker Paru

Berhenti Merokok Cegah PPOK dan Kanker Paru

Rabu, 01 Dec 2021 10:25

Masyarakat Harus Waspada Saat Bertransaksi Digital

Masyarakat Harus Waspada Saat Bertransaksi Digital

Rabu, 01 Dec 2021 10:13

Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 Abai Terhadap Perzinahan

Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 Abai Terhadap Perzinahan

Rabu, 01 Dec 2021 10:09

Tasyakuran Milad ke-17, LAZ Al Azhar Sampaikan Pencapaian

Tasyakuran Milad ke-17, LAZ Al Azhar Sampaikan Pencapaian

Rabu, 01 Dec 2021 10:04

Ambisi Erick

Ambisi Erick

Rabu, 01 Dec 2021 09:24

Dewan Da’wah Kota Bukittinggi Gelar Pelatihan Rohis Tingkat SLTA

Dewan Da’wah Kota Bukittinggi Gelar Pelatihan Rohis Tingkat SLTA

Rabu, 01 Dec 2021 09:00

Fahri Hamzah: Pemerintah Buka Dong Peluang Bagi Daerah Ajukan Calon Presiden

Fahri Hamzah: Pemerintah Buka Dong Peluang Bagi Daerah Ajukan Calon Presiden

Rabu, 01 Dec 2021 06:34

Bukhori Dukung Keberpihakan Menteri Agama kepada Guru Madrasah Honorer

Bukhori Dukung Keberpihakan Menteri Agama kepada Guru Madrasah Honorer

Rabu, 01 Dec 2021 06:15

Komisi Pendidikan dan Pengkaderan MUI Sulsel Gagas Pengkaderan Ulama Setara Program Pascasarjana

Komisi Pendidikan dan Pengkaderan MUI Sulsel Gagas Pengkaderan Ulama Setara Program Pascasarjana

Rabu, 01 Dec 2021 06:06

Pembuka Hidayah Jilid 2: Novel Uwa Ajengan (Resensi Buku, Bagian 3-Selesai)

Pembuka Hidayah Jilid 2: Novel Uwa Ajengan (Resensi Buku, Bagian 3-Selesai)

Rabu, 01 Dec 2021 04:22

Permendikbudristek PPKS Terlalu Sekuler

Permendikbudristek PPKS Terlalu Sekuler

Rabu, 01 Dec 2021 02:02

Pembuka Hidayah Jilid 2: Novel Uwa Ajengan (Resensi Buku, Bagian-2)

Pembuka Hidayah Jilid 2: Novel Uwa Ajengan (Resensi Buku, Bagian-2)

Selasa, 30 Nov 2021 23:17

BPJPH Dorong Produk Halal UMK Perluas Jaringan Pemasaran Hingga Mall

BPJPH Dorong Produk Halal UMK Perluas Jaringan Pemasaran Hingga Mall

Selasa, 30 Nov 2021 21:37

Algojo Baliho Siap Terapkan Gaya Era Soeharto

Algojo Baliho Siap Terapkan Gaya Era Soeharto

Selasa, 30 Nov 2021 21:25

Diskriminasi Hukum

Diskriminasi Hukum

Selasa, 30 Nov 2021 20:23

Mahasiswa IAIN Kendari Kembangkan Jeruk Etno Tolaki untuk Bahan Hand Sanitizer

Mahasiswa IAIN Kendari Kembangkan Jeruk Etno Tolaki untuk Bahan Hand Sanitizer

Selasa, 30 Nov 2021 20:05

DDII Jawa Barat Minta Permenristek No 30 Tahun 2021 Dicabut

DDII Jawa Barat Minta Permenristek No 30 Tahun 2021 Dicabut

Selasa, 30 Nov 2021 20:00

As’ad Humam, Kiai Legendaris Muhammadiyah Penemu Metode Iqro’

As’ad Humam, Kiai Legendaris Muhammadiyah Penemu Metode Iqro’

Selasa, 30 Nov 2021 19:48

Pembuka Hidayah Jilid 2: Novel Uwa Ajengan (Resensi Buku, Bagian-1)

Pembuka Hidayah Jilid 2: Novel Uwa Ajengan (Resensi Buku, Bagian-1)

Selasa, 30 Nov 2021 19:30

Ngapain Si Romo Ikut Campur?

Ngapain Si Romo Ikut Campur?

Selasa, 30 Nov 2021 19:20


MUI

Must Read!
X