Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.850 views

Khutbah Jumat: Semangat Beramal Shalih Sampai Tuntas

 

Oleh: Ustaz Bactiar Nasir


TUJUAN utama seorang hamba di bulan Ramadan ketika melaksanakan shiyam dan qiyam, serta mengisinya dengan Quran saat shiyam dan qiyam adalah sebagai upaya agar kedekatan dengan Allah Ta'ala, kedekatan taqarub dengan Allah Azza wa Jalla terjadi sedekat-dekatnya dan bukan hanya semusim saja. Karenanya, ciri-ciri hamba yang dekat dengan Allah adalah tidak pernah menyombongkan diri dalam beribadah dan tidak pernah merasa bosan, merasa jenuh dalam beribadah. Bahkan mereka senantiasa bertasbih waktu malam dan siang. Dan tidak pernah kendur semangatnya.

Sebagaimana tertuang di dalam surat al-Anbiya ayat 19 dan 20.

وَلَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَمَنْ عِنْدَهٗ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَلَا يَسْتَحْسِرُوْنَ ۚ

Dan milik siapa saja semua yang ada di seluruh lapisan langit dan bumi dan hamba-hamba yang dekat dengan Allah tidak pernah menyombongkan diri ketika beribadah kepadanya dan mereka tidak pernah merasa lemah, merasa bosan, merasa jenuh dalam beribadah. Mereka bertasbih di waktu malam dan siang dan tidak pernah kendur semangatnya tidak, pernah futur dalam Istikamah beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Karenanya di bulan Ramadan, terutama di penghujung bulan Ramadan yang sebentar lagi kita akan ditinggalkan olehnya, saya mengajak muslimin dan muslimat untuk menjadi hamba Allah yang dekat di sisi Allah dengan kriteria-kriteria yang digambarkan dalam surat al-Anbiya 19 dan 20.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sangat mewanti-wanti agar kita senantiasa menjadi orang yang istikamah dalam beramal shalih sampai tuntas.

عن عائشة أم المؤمنين: أن النبي -عليه أفضل الصلاة وأتم التسليم- قال : إن الله يحب إذا عمل أحدكم عملا أن يتقنه أخرجه أبو يعلى في مسنده.

Dari Aisyah ummul mukminin sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya Allah mencintai jika salah seorang dari kalian beramal shalih, maka dia menekuninya dengan setekun-tekunnya."

Hadits ini bermakna bahwa kita bukan hanya menguasai pekerjaan yang sedang kita kerjakan, tetapi juga hendaknya menuntaskan setuntas-tuntasnya sehingga tujuan dari beramal shalih kemudian terjadi. Goals dari sebuah amal shalih dapat dirasakan manfaatnya baik oleh diri sendiri maupun oleh orang lain.

Sebagaimana juga dikatakan oleh Muawiyah Abi Sufyan.

٥- [عن معاوية بن أبي سفيان:] إنَّما الأعمالُ بخواتيمِها كالوعاءِ إذا طاب أعلاه طاب أسفَلُه وإذا خبُث أعلاه خبُث أسفلُه
شعيب الأرنؤوط (ت ١٤٣٨)، تخريج صحيح ابن حبان ٣٣٩ • إسناده حسن

Dalam riwayat lain, menegaskan bahwa hadits ini shahih Ibnu Hibban dijelaskan bahwa dari Muawiyah bin Abi Sufyan, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya sebaik-baik amal adalah sampai ke akhirnya, sebagaimana bejana jika bagian atasnya baik maka baik pula di bagian dasarnya. Tetapi juga sebaliknya, jika rusak atau kotor bagian permukaan, maka rusak, busuk pula bagian bawahnya."

Orang-orang yang beriman dalam bulan Ramadan tidak ingin menjadi kaum ramadhaniyyun, yakni yang ibadahnya hanya semusim saja. Sebaliknya bagi dia, kedekatan dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala harus dibangun di dalam Ramadhan dan diluar Ramadhan. Walaupun momen yang paling hebat untuk melakukan perubahan besar dan mendapatkan balasan yang besar dari Allah adalah di bulan Ramadan. Namun bukan berarti ketika kita di penghujung, merasa sudah melewati malam 27, kemudian kendur atas nama mudik, atas nama menanti THR, atas nama apapun. Sehingga salat mulai tidak tertib, qiyamul lail ditinggalkan, tilawatil Quran menjadi lemah, berzikir juga sudah tidak ada lagi.

Hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam,

- [عن سهل بن سعد الساعدي:] إنَّ العبدَ لَيعمَلُ فيما يَرى الناسُ عملَ أهلِ الجنةِ وإنه لمن أهلِ النارِ ويعمَلُ فيما يَرى الناسُ عملَ أهلِ النارِ وهو من أهلِ الجنةِ وإنما الأعمالُ بخَواتِيمِها

Dari Sahal bin Sa'd As Sa'idi, bahwa ada seorang hamba seakan-akan dihadapan manusia dia sudah beramal seperti calon penghuni surga, padahal sesungguhnya dia adalah calon penghuni neraka. Dan juga ada seseorang yang jika dilihat dia adalah calon penghuni neraka, padahal dia adalah seorang calon penghuni surga. Itulah karena sesungguhnya kriteria amal yang membuat orang masuk surga adalah karena tuntas amal shalihnya, senantiasa bersemangat dan tidak hanya satu musim saja.

Muslimin dan muslimat di manapun berada, mari kita jadikan Ramadan tahun ini sebagai momentum untuk beramal shalih secara tuntas. Sebagaimana hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.

الدارقطني (ت ٣٨٥)، الإلزامات والتتبع ٢٠١ • رواه ابن أبي حازم ويعقوب بن عبد الرحمن وسعيد الجمحي لم يقولوا هذا [ إنما الأعمال بخواتيمها ]

Sebagaimana yang digambarkan oleh Abdurrahman Said, bahwa sebaik-baik amal adalah jika amal shalih dikerjakan sampai tuntas sampai akhirnya.

Semoga Allah Ta'ala menjadikan kita hamba yang istikamah sebagaimana hamba-hamba yang ada di sisi Allah. Mereka tidak pernah menyombongkan diri saat beribadah kepada Allah dan tidak pernah merasa lelah, terus bangkit dan semangat untuk beribadah. Bagaimanapun kondisi kita, kita harus menjaga semangat dalam menjaga romantisme hubungan kita dengan Allah, sehingga apa yang menjadi tujuan puasa tetap bisa kita dapatkan di luar Ramadan.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

*Khutbah Jumat ini kerjasama Tabung Infaq dan UBN Podcast

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X