Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.457 views

Semua Interaksi Dengan Al-Qur'an Pasti Menjadikan Orangnya Mulia Berkah dan Bahagia

BANDA ACEH (voa-islam.com) - Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Provinsi Aceh Ustaz Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA mengingatkan umat Islam mengenai pentingnya membaca Al-Qur'an.dan berinteraksi dengannya baik dengan membacanya, memahaminya (mentadabburinya), mendengarnya, menghafalnya, mempelajarinya, mengajarkannya, dan mengamalkannya.

"Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang menjadi petunjuk dan pedoman hidup bagi umat Islam untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Al-Qur'an menjelaskan cara untuk memperoleh kebahagiaan dan keselamatan ini."

"Al-Qur'an mengatur kehidupan manusia dalam semua aspek kehidupan, baik agama, sosial, politik, ekonomi, hukum, pendidikan, pemerintahan, negara, dan lainnya. Semua persoalan manusia itu diatur dalam Al-Qur'an dari mulai persoalan yang kecil sampai persoalan yang besar. Tujuannya untuk mendapat Ridha Allah ta'ala sehingga bahagia dan selamat di dunia dan akhirat."

"Kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat sangat ditentukan dengan sejauh mana interaksi dan kedekatan kita dengan Al-Qur'an. Semakin dekat dan sering interaksi kita dengan Al-Qur'an, maka hidup kita akan bahagia di dunia dan akhirat. Semakin jauh dan jarang interaksi kita dengan Al-Qur'an, maka hidup kita akan menderita di dunia dan akhirat.

"Semua interaksi dengan Al-Qur'an, pasti menjadikan orangnya mulia, berkah dan bahagia. Oleh karena itu, mari kita berinteraksi dengan Al-Qur'an dan mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari, agar kita mendapat ridha Allah ta'ala. Dengan ridha Allah ta"ala inilah kita akan memperoleh kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat."

Nasehat ini disampaikan oleh Ustaz Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA dalam ceramahnya pada acara Arisan Gampong Blang Mangki, kecamatan Simpang Tiga, Pidie di rumah Muhammad Ikhsan, SE, M.Si di Perumnas Jeulingke Banda Aceh pada hari Sabtu (23/7/22). Turut hadir pada acara ini mantan Sekda Pidie Jaya Ir. H. Iskandar Ali, M.Si dan tokoh masyarakat gampong Blang Mangki lainnya.

Ustaz Yusran yang juga Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Syah Kuala Banda Aceh sangat menyayangkan kondisi umat Islam yang melalaikan dan meninggalkan Al-Qur'an.

"Sangat disayangkan, masih banyak umat Islam yang meninggalkan Al-Qur'an dengan berbagai alasan kesibukan seperti sekolah, kampus, kantor, jualan, bisnis, dan sebagainya. Selain itu, ada juga yang disibukkan dengan tontonan televisi dan berbagai macam hiburan lainnya. Bahkan setiap harinya disibukan dengan gaget/handphone dengan membaca WA maupun nonton youtube dari pagi sampai malam."

"Mereka telah disibukkan dengan berbagai aktivitas dan kesibukan dunia yang melalaikan diri mereka dari membaca, memahami, mendengar, menghafal, mempelajari. dan mengajarkan Al-Qur'an. Inilah penyakit umat Islam saat ini yang membahayakan individu dan masyarakat muslim, dan umat Islam secara umum," ujarnya.

Selanjutnya, ustaz Yusran yang juga Wakil Ketua Majelis Pakar Parmusi Provinsi Aceh menjelaskan bahaya meninggalkan Al-Qur'an terhadap individu, masyarakat, dan umat Islam.

"Banyak umat Islam yang meninggalkan Al-Qur'an sehingga meteka jauh dari petunjuk Allah ta'ala. Mereka melupakan Allah ta'ala, maka Allah ta'ala pun melupakan mereka. Mereka tidak menjaga kewajiban kepada Allah ta'ala, maka Allah ta'ala pun tidak menjaga mereka dari maksiat dan kesesetan. Akibatnya, hidup mereka susah, sulit, sempit dan bahkan menyimpang dari agama dengan berbuat maksiat dan kesesatan. Na'uzubillah."

"Selain itu, dalam konteks keumatan dan negara, umat Islam mengalami kemunduran dan keterpurukan dalam berbagai sisi kehidupan, baik segi politik, negara, ekonomi, moral, agama, sosial, dan sebagainya. Ekonomi umat dan negara terpuruk. Negara tidak makmur dan tidak pula sejahtera. Selain itu, umat Islam menjadi lemah, hina dan dijajah oleh orang kafir."

"Munculnya ajaran-ajaran sesat seperti Syi'ah, Ahmadiyah, Wihdatul Wujud, Liberalisme, Pluralisme, Sekulerisme, Feminisme, Genderisme, dan sebagainya akibat tidak memgamalkan Al-Qur'an dan As-Sunnah sesuai yang diajarkan oleh ulama salaf yaitu para sahabat, tabi'in dan tabiut tabi'in dan para ulama khalaf yang mengikuti mereka. Mereka tidak membaca, tidak memahami, tidak mendengar, tidak mempelajari Al-Qur'an dan tidak mengamalkan Al-Qur'an sehingga jauh dari petunjuk Allah ta'ala dan menjadi tersesat," jelasnya.

Kemudian Ustaz Yusran yang juga Doktor Fiqh dan Ushul Fiqh jebolan International Islamic University Malaysia (IIUM) ini menjelaskan hukum mengamalkan Al-Qur'an dan interaksi dengannya seperti membaca, memahami (mentadaburi), menghafal, mendengar, mempelajari, dan memgajarkan Al-Qur'an.

"Hukum mengamalkan Al-Qur'an adalah wajib a'in. Maknanya, berdosa bagi orang yang tidak mengamalkan Al-Qur'an. karena Allah ta'ala dan Rasul-Nya memerintahkannya. Kewajiban memgamalkan Al-Qur'an sama seperti kewajiban a'in lainnya seperti shalat lima waktu, puasa Ramadhan, haji bagi yang mampu dan lainnya. Bahkan beriman kepada Al-Qur'an sebagai salah satu rukun iman mewajibkan seorang muslim untuk mengamalkannya."

"Kita tidak bisa mengamalkan Al-Qur'an tanpa membacanya, memahaminya, mendengarnya, menghafalnya, dan mempelajarinya. Kita bisa mengamalkan Al-Qur'an jika kita melakukan berbagai interaksi ini. Mustahil mengamalkan Al-Qur'an tanpa interaksi ini. Oleh karena itu, interaksi ini juga wajib 'ain. Di samping itu juga tuntutan iman. Inilah bukti iman seseorang."

"Kita diperintahkan oleh Allah ta'ala dan Rasul-Nya untuk senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur'an atau tadarus Al-Qur'an setiap saat, baik dengan membacanya, memahaminya, mendengarnya, menghafalnya, mempelajarinya, atau mengajarkannya," jelasnya.

Di akhir ceramahnya, ustaz Yusran yang juga dosen Fiqh dan Ushul Fiqh pada Fakultas Syari'ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh menjelaskan keutamaan membaca Al-Qur'an berdasarkan hadits-haditts shahih.

"Banyak keutamaan membaca Al-Qur'an dan berinteraksi di antara yaitu: Pertama; mendapatkan syafaat pada hari Kiamat. Kedua; orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Qur'an adalah orang terbaik di sisi Allah ta'ala. Ketiga; Orang yang pandai membaca Al-Qur'an, disediakan tempat di surga bersama para malaikat. Keempat; Ditinggikan derajat. Kelima; mendapat pahala yang berlipat ganda. Keenam; mendapat sakinah (ketenangan hati), dicurahkan rahmat Allah, didoakan oleh para malaikat dan dibanggakan oleh Allah ta'ala.."

"Sungguh beruntung orang yang membaca Al-Qur'an dan berinteraksi dengannya. Dan sungguh merugi orang yang tidak membaca Al-Qur'an dan tidak berintetaksi denganmya. Semoga kita menjadi orang pecinta Al-Qur'an yang senantiasa membaca dan beinteraksi dengannya, agar kita bahagia dan selamat di dunia dan akhirat serta meraih berbagai keutamaan ini," pungkas ustaz Yusran yang juga anggota Ikatan Ulama dan Da'i Asia Tenggara. [ril/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Sahabat Taat, Only Label atau Benar-Benar Available?

Sahabat Taat, Only Label atau Benar-Benar Available?

Rabu, 05 Oct 2022 10:15

Warga Yogya Harap Anies Jadi Presiden Penerus Jokowi

Warga Yogya Harap Anies Jadi Presiden Penerus Jokowi

Rabu, 05 Oct 2022 07:47

Sampaikan Duka Cita, Yusril Dorong Komnas HAM Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Sampaikan Duka Cita, Yusril Dorong Komnas HAM Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Rabu, 05 Oct 2022 07:41

Wanita Boleh Membaca Dzikir Pagi dan Sore Hari?

Wanita Boleh Membaca Dzikir Pagi dan Sore Hari?

Rabu, 05 Oct 2022 05:38

Tragedi Besar Akibat Suporter Tak Siap Kalah dan Polisi Represif

Tragedi Besar Akibat Suporter Tak Siap Kalah dan Polisi Represif

Selasa, 04 Oct 2022 10:51

Anies Baswedan Resmi Jadi Bakal Capres, Fahira Idris: Kawal dari Upaya Dugaan Penjegalan

Anies Baswedan Resmi Jadi Bakal Capres, Fahira Idris: Kawal dari Upaya Dugaan Penjegalan

Selasa, 04 Oct 2022 09:12

Ribuan Warga Rusia Yang Dimobilisasi Untuk Perang Di Ukraina Dipulangkan Karena Tidak Layak Bertugas

Ribuan Warga Rusia Yang Dimobilisasi Untuk Perang Di Ukraina Dipulangkan Karena Tidak Layak Bertugas

Senin, 03 Oct 2022 23:15

BPOM: Vaksin Covid-19 Dalam Negeri Sudah Tersertifikasi Halal

BPOM: Vaksin Covid-19 Dalam Negeri Sudah Tersertifikasi Halal

Senin, 03 Oct 2022 23:06

MUI Jatim Beri Dukungan Spiritual untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

MUI Jatim Beri Dukungan Spiritual untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Senin, 03 Oct 2022 21:14

Indonesia Masuk 100 Negara Paling Miskin di Dunia, Ini Tanggapan Legislator PKS

Indonesia Masuk 100 Negara Paling Miskin di Dunia, Ini Tanggapan Legislator PKS

Senin, 03 Oct 2022 20:49

Kelompok Hak Asasi: Israel Tahan Hampir 800 Warga Palestina Tanpa Pengadilan

Kelompok Hak Asasi: Israel Tahan Hampir 800 Warga Palestina Tanpa Pengadilan

Senin, 03 Oct 2022 19:15

Hasbulla 'Mini Khabib' Magomedov Tandatangani Kesepakatan 5 Tahun Dengan UFC

Hasbulla 'Mini Khabib' Magomedov Tandatangani Kesepakatan 5 Tahun Dengan UFC

Senin, 03 Oct 2022 18:35

Partai Gelora Dorong Pihak yang Bertanggungjawab atas Tragedi Kanjuruhan Diproses Hukum

Partai Gelora Dorong Pihak yang Bertanggungjawab atas Tragedi Kanjuruhan Diproses Hukum

Senin, 03 Oct 2022 17:11

The Worldview of Islam: Kacamata Jernih Muslim Memandang Dunia

The Worldview of Islam: Kacamata Jernih Muslim Memandang Dunia

Senin, 03 Oct 2022 13:30

Dokter Paru: Rokok Elektrik Bukan Rokok yang Sehat

Dokter Paru: Rokok Elektrik Bukan Rokok yang Sehat

Senin, 03 Oct 2022 12:44

NasDem Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres

NasDem Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres

Senin, 03 Oct 2022 11:17

Tragedi Kanjuruhan, Haedar Nashir: Satu Jiwa Saja Sangat Berharga yang Harus Dijaga

Tragedi Kanjuruhan, Haedar Nashir: Satu Jiwa Saja Sangat Berharga yang Harus Dijaga

Senin, 03 Oct 2022 09:31

Tenaga Ahli DPR RI Ajak Melek Menulis Berita

Tenaga Ahli DPR RI Ajak Melek Menulis Berita

Senin, 03 Oct 2022 07:38

Mari Bantu Operasional Dakwah Media Voa Islam

Mari Bantu Operasional Dakwah Media Voa Islam

Senin, 03 Oct 2022 07:13

Dokter Ungkap Syarat untuk Turunkan Kasus Kanker di Indonesia

Dokter Ungkap Syarat untuk Turunkan Kasus Kanker di Indonesia

Senin, 03 Oct 2022 06:41


MUI

Must Read!
X