Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.539 views

MUI Daerah Didorong Optimalkan Lembaga Seni Budaya

JAKARTA (voa-islam.com)--Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI) MUI yang terselenggara pada 3 Agustus 2022 di Hotel Sari Pacific, Jakarta, menghasilkan lima rekomendasi untuk MUI Provinsi dan MUI Kabupaten/Kota.

Ketua MUI Bidang Seni Budaya dan Peradaban Islam, KH Jeje Zainuddin, menyampaikan bahwa selain rekomendasi, LSBPI juga merumuskan program penting dan prioritas selama satu tahun ke depan.

“Selain program prioritas, dihasilkan juga beberapa rekomendasi, yang pertama, mendorong MUI di semua provinsi dan kabupaten/kota membentuk Lembaga atau Komisi Seni Budaya dan Peradaban Islam, sehingga dapat mengorganisasi, mengkoordinasi, serta mengembangkan kekayaan dan potensi seni dan budaya Islam di daerah masing masing, ” ungkap Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Islam (PP Persis) tersebut dilansir MUIDigital, Jum’at (05/08).

LSBPI merupakan organisasi semi otonomi yang masih tergolong muda di dalam struktur MUI. Pada masa khidmat MUI periode sebelumnya, LSBPI bernama Komisi Seni dan Budaya yang langsung berada di bawah MUI. Banyak tantangan yang dihadapi LSBPI terkait tugas dan perannya mendorong seniman dan budayawan muslim untuk menghasilkan karya-karya islami yang berkualitas.

Rekomendasi kedua, lanjut Kiai Jeje, LSBPI mendorong MUI Provinsi dan MUI Kabupaten/Kota menyosialisasikan buku Prinsip dan Panduan Umum Seni Islami. Buku ini, ujar dia, menjadi salah satu acuan untuk mengembangkan seni dan budaya islami di daerah masing-masing.

“Setiap MUI daerah bisa memberikan catatan atau tambahan pelengkap atas aspek-aspek yang masih kurang atau belum terakomodir pada buku tersebut, ” ungkapnya.

Bertepatan dengan rencana Kongres Kebudayaan Islam 2023, LSBPI MUI juga mendorong MUI Provinsi mulai bergerak dan bersinergi untuk menyukseskan kegiatan itu.

“Rakornas LSBPI juga mendorong MUI Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk meningkatkan sinergi dan kolabirasi antara proram-program seni budaya di daerah dengan LSBPI Pusat, untuk menyongsong pelaksanaan agenda Kongres Kebudayaan Islam 2023, ” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua LSBPI MUI, Habiburrahman El Shirazy, menambahkan, Rakornas LSBPI juga mendorong LSBPI Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk meningkatkan program dan kegiatannya.

“Sehingga seni budaya Islami dapat populer dan menjadi pilihan generasi muda sekaligus untuk mengeliminasi berkembangnya seni budaya asing yang merusak akidah dan akhlak masyarakat, ” ungkap dia. 

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X