Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.364 views

Gelar Remaja Bertanya Ulama Menjawab di Garut, LSBPI MUI Edukasikan Seni Budaya Islam

GARUT (voa-islam.com) – Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI) Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali menyelenggarakan kegiatan Remaja Bertanya Ulama Menjawab tentang Seni Budaya Islam.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kota Garut, Jawa Barat selama dua hari, 27-28 September 2022.

Kegiatan hari pertama dilaksanakan di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persis, Garut, pada Selasa, 27 September 2022. Sekitar 300 mahasiswa STAI Persis menghadiri kegiatan dengan narasumber Ketua LSBPI MUI dan sastrawan, Habiburrahman El-Shirazy, Lc, MA dan Sekretaris LSBPI MUI yang juga dosen STAIPI, Dr Tiar Anwar Bachtiar, M Hum.

Sementara itu, pada hari kedua kegiatan dilaksanakan di Pesantren Persis 19, Garut, dengan narasumber Habiburrahman El-Shirazy, Lc, MA, Dr Tiar Anwar Bachtiar, M Hum, dan Erick Yusuf, SSy, MPd. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, disiarkan juga melalui Zoom online.

Kang Abik, panggilan akrab Habiburrahman El-Shirazy, mengupas seni budaya Islam mulai dari sisi bahasa dan etimologi, karakteristik seni budaya Islam, hingga budaya yang diharapkan Allah SWT dan Rasul dari manusia.

Sastrawan yang telah melahirkan puluhan karya bestseller ini juga mengajak para mahasiswa yang hadir untuk berinisiatif mengambil peran dalam seni dan budaya. Sebab, saat ini adalah zaman perang inovasi dan kreativitas. Maka, anak-anak muda harus berinisiatif menyampaikan ide sebelum dipaksa untuk mengonsumsi ide orang lain.

Penulis yang belum lama ini meluncurkan karya terbaru Suluh Rindu yang merupakan sekuel Kembara Rindu, juga mengingatkan para peserta untuk selalu melakukan amal shaleh dan merujuk pada Islam. Agar semboyan Al-Islamu ya’lu wala yu’la alaihi selalu bermakna.

Sementara itu, Dr Tiar Anwar Bachtiar M Hum yang akrab disapa Kang Tiar, mengupas dengan gamblang makna budaya dan perbedaan dengan agama.

Menurut Kang Tiar, agama datang dari Allah SWT melalui wahyu ke para nabi. Sedangkan budaya datang dari manusia. Hal-hal yang datang dari Allah, sifatnya tetap. Misalnya, menutup aurat hukumnya wajib. Tetapi jenis dan gaya busana adalah budaya. Misalnya Rasulullah Saw suka mengenakan gamis berwarna putih, hal itu adalah budaya, bukan syariat. Jadi, bisa diikuti bisa tidak. Yang harus diikuti adalah menutup aurat.

Peserta dengan antusias mengikuti kegiatan dan bertanya beragam hal terkait seni budaya Islam.

Pada kesempatan tersebut, diluncurkan Lomba Menulis Skenario Film Pendek Islami yang terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan umum. Menurut Kang Abik, tujuan diselenggarakannya lomba tersebut adalah sebagai penguatan literasi menulis.

“Kita tahu, literasi menulis masih perlu terus digaungkan di kalangan anak muda. Oleh karena itu, LSBPI MUI mengadakan lomba menulis skenario. Mengapa dipilih skenario? Sebab, film yang baik dimulai dari skenario yang baik. Lalu, mengapa skenario film pendek? Agar anak-anak muda berlatih. Mulai dengan menulis film pendek dulu, untuk kemudian menulis skenario film. Lomba ini diharapkan juga sebagai salah satu kanal bagi anak muda untuk melatih dan meningkatkan kreativitasnya dalam bidang seni budaya,” jelas Kang Abik. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X