Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.201 views

JATTI Bershalawat, KH Bachtiar Nasir Ungkap Perbedaan Politisi dan Negarawan

JAKARTA (voa-islam.com) - Ketua Umum DPP Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) KH Bachtiar Nasir mengungkapkan perbedaan politisi dan negarawan. Hal ini disampaikan UBN, sapaan karib KH Bachtiar Nasir, pada 'JATTI Bershalawat' di AQL Islamic Center Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2029) malam.

Menurut UBN, saat ini kondisi politik Indonesia sedang tidak baik. Alumni Universitas Islam Madinah ini menyebut istilah “animal politics”.

Animal politics, kata UBN, ditandai dengan sikap menang-kalah, tindakan penguasaan wilayah, mencakar, mencabik, memangsa dan mengusir walaupun kepada saudara sendiri. Kehidupan yang seperti ini mirip yang terjadi dalam kehidupan harimau liar.

“Kepuasannya sebagai pemimpin ingin berkuasa, kalau perlu turun temurun, hanya spesiesnya yang boleh, ini animal politics, beda dengan negarawan,” ungkap UBN.

UBN mengatakan, seorang negawaran tidak hanya mengerti soal ilmu tata negara, hukum bernegara atau tata kelola negara. Seorang negawaran memikirkan generasi yang akan datang dan membangun peradaban.

Negawaran tidak hanya mengerti ilmu tata negara, hukum bernegara, atau tata kelola negara. Politisi memikirkan pemilu yang akan datang.

Sedangkan negarawan memikirkan generasi yang akan datang dan membangun peradaban. Bukan soal menang atau kalah.

“Kalau politisi memikirkan pemilu yang akan datang, menang atau kalah. Tapi kalau negarawan tidak berpikir soal menang kalah,” kata UBN yang juga Pimpinan Perkumpulan AQL.

Selanjutnya, UBN menyebut beda antara politisi dengan negarawan adalah seorang politisi menjalanakan politik transaksional. Sedangkan negawaran menjalankan politik transformasional.

“Politik transaksional itu hubungan industrialnya antara dia dengan konstituennya adalah uang dan materi. Bukan bagaimana kasih sayang diberikan, bagaimana keberpihakan dan pembelaan, melulu tentang apa dan berapa,” kata dia.

Untuk diketahui, JATTI Bershalawat dihadiri oleh pengurus JATTI dan alumni Timur Tengah serta jemaah AQL.

JATTI Bershalawat bertema “Sikap Negawaran Nabi Muhammad Saw” digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1445 H.

Sejumlah tokoh diminta untuk menyampaikan secara singkat teladan Nabi Muhammad Saw sebagai negawaran dalam berbargai bidang. Di antaranya KH Mardani Zuhri, KH Deden M. Makhyaruddin, Ustaz Fadzlan Garamatan, Ustaz Fahmi Salim, Ustaz M. Yusuf Siddiq, dan Ustaz Muhammad Ridwan Yahya, Lc.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Palestina Masih Berduka, Ayo Ulurkan Tangan Bantu Mereka

Palestina Masih Berduka, Ayo Ulurkan Tangan Bantu Mereka

Sahabat, Ulurtangan mari kirimkan dukungan terbaikmu untuk warga Palestina di Gaza demi menguatkan mereka menghadapi situasi mencekam ini. Mari dukung mereka dengan berdonasi dengan cara:...

Open Donasi Wakaf Pembangunan Rumah Qur'an & TK Islam Terpadu An Najjah di Jonggol

Open Donasi Wakaf Pembangunan Rumah Qur'an & TK Islam Terpadu An Najjah di Jonggol

Saat ini, Ulurtangan bersama Yayasan An Najjahtul Islam Jonggol sedang merintis pembangunan Rumah Qur’an dan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) An Najjah dan Gedung Majelis Taklim di Jonggol,...

Ulurtangan Bersama PDUI Kota Bekasi Safari Wakaf Qur'an dan Tebar Sembako ke Pelosok Negeri

Ulurtangan Bersama PDUI Kota Bekasi Safari Wakaf Qur'an dan Tebar Sembako ke Pelosok Negeri

Mari bergabung dalam memperkuat jaringan kebaikan di pelosok negeri dengan Wakaf Al-Qur'an. Jangan ragu untuk menjadi bagian dari kebaikan ini. Abadikan harta dengan wakaf Al-Qur'an dan saksikan...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X