Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.283 views

MUI Puji Ketegasan Menlu RI Kutuk Kekejaman Israel ke Palestina di Hadapan ICJ

JAKARTA (voa-islam.com) - Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI), Prof Sudarnoto Abdul Hakim, mengapresiasi ketegasan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI mengutuk kejahatan kemanusiaan Israel.

“MUI mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menlu RI, ini menggambarkan sikap asli pemerintah, rakyat dan bangsa Indonesia terhadap kejahatan Israel, ini gambaran ketegasan pembelaan Indonesia terhadap Palestina,” ungkap Prof Noto, Selasa (27/02/2023) di Jakarta.

Beberapa waktu lalu, perdana mentri Israel, Benjamin Netanyahu melontarkan kalimat “no body will stop us, not the hague, not the axis of evil and not anybody else”. Kalimat tersebut kemudian digarisbawahi Menteri Luar Negeri (Menlu) RI dan dijadikan salah satu acuan untuk menentukan sikap.

Di Hadapan Mahkamah International/ International Court of Justice (ICJ) pada Jumat, 23 Februari lalu, Mentri Luar Negeri (Menlu) RI menegaskan bahwa melalui kalimat tersebut, Israel tidak sedikitpun berniat untuk menghentikan aksi kejinya terhadap masyarakat Palestina, bahkan tidak menghormati Putusan Mahkamah Internasional.

“Kalimat yang dilontarkan Netanyahu menjadi isyarat yang sangat kuat bahwa Israel sesungguhnya telah menjadi “musuh bersama” (common enemy) secara apapun bagi masyarakat internasional, karena telah menginjak-injak hukum internasional yang seharusnya dijunjung tinggi karena itu, harus dilawan,” ujar Prof Sudarnoto kepada tim MUIDigital.

“Bagi saya, narasi Israel adalah musuh bersama ini perlu terus digaungkan secara masif dan ekstensif oleh semua kalangan,” imbuhnya.

Menurutnya, posisi, peran dan sikap ini telah mendapatkan apresiasi yang tinggi secara internasional. Perjuangan diplomasi Indonesia khususnya yang terkait dengan Palestina seperti ini harus tetap dijaga dan bahkan diperkuat di masa-masa mendatang.

Prof Sudarto mengatakan, seiring dengan posisi Amerika dan beberapa negara lain yang masih memperlihatkan dukungannya kepada Israel, maka sikap Indonesia yang disampaikan oleh Menlu RI menjadi momentum yang sangat penting guna mengajak negara-negara lain untuk semakin membuka kesadaran bahwa Israel dan negara-negara mitranya sebetulnya sudah mulai kehilangan dukungan dan legitimasi moral secara internasional.

“Peran-peran kekuatan masyarakat sipil, tokoh lintas agama, akademisi, pers sangat penting untuk memperkokoh tekanan masyarakat internasional dan memperlemah Israel,” tuturnya.

“Ini adalah kesempatan yang baik untuk secara bersama-sama memberikan takanan kepada Israel melalui berbagai cara, antara lain boikot secara menyeluruh, pemutusan hubungan diplomatik dengan Israel dan pengucilan global terhadap Israel,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa sebagaimana yang ditegaskan oleh Menlu RI, bahwa ICJ adalah “ a big hope”, yang mana dalam hal ini telah melakukan langkah yang sangat penting yakni mendengarkan tuntutan Afrika Selatan dan melahirkan rekomendasi yang juga penting, meskipun dianggap tidak memuaskan oleh berbagai kalangan.

Dalam hal ini, ICJ memiliki otoritas yang sangat kuat untuk dapat memberikan keputusan-keputusan yang sangat efektif dalam menangani aksi kekejaman israel yang sudah menahun di Palestina.

“Pernyataan Menlu bahwa ICJ mempunyai otoritas untuk menyampaikan Fatwa Hukum terkait dengan okupasi Israel dengan berbagai akibatnya itu harus didukung secara luas dan dikawal agar nanti ada keputusan penting dan efektif di Sidang Umum PBB untuk menghentikan secara permanen aksi brutal Israel, sehingga tak ada genosida dan mengembalikan semua hak-hak warga dan bangsa Palestina sebagai negara yang merdeka dan berdaulat,” ucap Prof Sudarnoto dengan tegas. (MUID)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X