Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.139 views

Musim Hujan di Indonesia Lebih Panjang, BRIN: Badai dan El Nino Berperan

JAKARTA (voa-islam.com) - Meskipun sebelumnya diprediksi akan memasuki musim pancaroba dan kemarau, Indonesia diperkirakan akan mengalami perpanjangan musim hujan akibat terbentuknya badai dan dampak El Nino.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa kemarau yang lebih kering akan lebih cepat datang ke Indonesia akibat El Nino. Akan tetapi, peneliti cuaca dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin, memiliki pandangan yang berbeda.

Erma menjelaskan bahwa konvergensi angin di atas Jawa dan monsun Asia kembali menguat, sehingga ia tidak pernah menyebut saat ini sebagai musim kemarau atau pancaroba. Menurutnya, musim hujan bisa jadi akan mengalami perpanjangan.

“Konvergensi angin di atas Jawa dan monsun Asia kembali menguat. Itu mengapa saya tak pernah sebut sekarang ini musim kemarau atau pancaroba. Karena bisa jadi, musim hujan mengalami perpanjangan,” cuitnya dalam akun Twitter-nya, Minggu (26/03).

Ia menguraikan beberapa gejala fenomena perpanjangan musim hujan, termasuk pertumbuhan dan pergerakan vorteks di selatan Samudra Hindia, hujan yang persisten di berbagai wilayah di Jawa, El Nino yang tak merata, serta gelombang atmosfer Kelvin dan Equatorial Rossby yang menjadi penentu musim dalam lima tahun terakhir.

“Dinamika vorteks di selatan Samudra Hindia telah berperan menciptakan konvergensi meluas di Jawa,” ucapnya seperti dilansir inilah.com.

“Klaster awan meraksasa yang terbentuk dalam pusaran badai vorteks di Samudra Hindia ini kira-kira akan bergerak menuju kemana? Mungkinkah ia akan diam saja di sana? Coba perhatikan arah anginnya. Inilah fenomena ekstrem yang sudah saya ingatkan beberapa hari lalu,” tuturnya dalam kicauan terpisah.

Menurut Erma, dampak El Nino hanya akan mempercepat awal kemarau di Nusa Tenggara Timur (NTT), sedangkan wilayah lain di Indonesia belum akan mengalami kemarau. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia belum memasuki musim kemarau dan hujan akan terus berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Perpanjangan musim hujan ini membawa konsekuensi bagi Indonesia, terutama dalam hal mitigasi bencana. Wilayah yang biasanya mulai kering pada saat ini, seperti Jawa, diperkirakan akan mengalami hujan yang lebih intens dan lama. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya banjir dan tanah longsor, terutama di daerah rawan bencana.

Pemerintah dan masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi. Upaya yang dapat dilakukan meliputi pemantauan cuaca secara intensif, pengecekan saluran air, pengendalian pembangunan di daerah rawan bencana, serta pelaksanaan simulasi dan sosialisasi langkah-langkah evakuasi.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Science lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 21/02/2024 16:17

Istimewanya Anak Muda dalam Islam