Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.798 views

SmartTeen: Kiprah Remaja Dalam Politik

Remaja dalam Politik

Tanggal 9 April lalu diadakan Pemilu Legislatif 2014 di negeri kita ini untuk memilih para wakil rakyat yang akan menjadi angggota legislatif. Kampanye kesana kemari, temple-tempel poster di pohon-pohon bahkan keliling-keliling menjelajahi sudut-sudut kota untuk mengenalkan dirinya pada masyarakat agar memilihnya untuk menjadi anggota legislatif dan gak lupa dong ditambah dengan janji-janji manisnya agar masayarakat lebih semangat untuk mencoblos namanya saat pemilu. Sasaran kampanyenya jelas bukan hanya bapak-bapak atau ibu-ibu saja, para caleg juga mengajak para remaja agar menyumbang suara untuk caleg tersebut. Tapi apa remaja zaman sekarang ini bisa dengan mudahnya diajak untuk berpikir dalam hal perpolitikan?

Remaja dan Politik

Sobat-sobat sekalian, terkadang anak-anak muda itu paling gak mau banget deh buat mikirin masalah politik. Rumit lah, pusing lah atau mungkin ribet kali ya yang jadi alasannya. Bukan hal aneh lagi kok kalau anak-anak muda sekarang gak mau diajak ribet sedikit sekalipu itu menyangkut urusan umat.

“Duh, ngurusin diri sendiri aja masih kepusingan gini, gimana mau ngurusin masyarakat? Ih, ogah dah, ngapain juga ikut-ikutan masalah politik? Itu kan udah ada bagiannya yang ngatur, kita sebagai remaja udah deh gak usah terlalu ikut campur daripada tambah pusing coba, pelajaran di sekolah aja udah pusing masa mau ditambah pusing lagi sama urusan politik?”.

Mungkin itu adalah salah satu alasan remaja kekinian yang masih cenderung hanya memikirkan dirinya sendiri aja. Padahal nih ya, aktivitas politik itu aktivitas yang mulia lho, Kawan. Kenapa coba? Karena dalam politik itu terdapat aktivitas yang mengurusi dan melayani umat agar dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi umat. Gimana? Mulia banget kan? Masih ragu kah untuk ikut memikirkan masalah politik?

“Duh, gengsi dong. Masa kecil-kecil udah ngurusin negara?”. Eh, kenapa harus gengsi sih? Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa di pagi hari tidak memperhatikan kepentingan kaum muslimin, maka ia tidak termasuk golongan mereka (kaum muslimin).

Nah, dari sabda Rasulullah SAW di atas sudah jelas kan kalau ternyata memikirkan permasalahan umat itu adalah kewajiban, termasuk wajib juga bagi kita, remaja-remaja muslim. Gimana? Masih ragu nih untuk mulai melaksanakan amal baik?

Pesta dalam Politik Saat Ini

Tapi tapi tapi, banyak orang juga yang bilang kalau politik sekarang itu kan gak jauh dari korupsi. Kenapa sih bisa gitu? Ya jelas hal itu bisa terjadi karena sekarang kita ada di era demokrasi. Pemilu pun salah satu bentuk pesta demokrasi kan? Waduh, serem nih demokrasi ada pestanya segala. Coba deh kita tengok-tengok lagi ke belakang, sudah berapa kali pemilu dilaksanakan? Apa ada perubahan yang baik di setiap periodenya? Apa sudah ada pemimpin yang ‘pas’ bagi rakyatnya? Jawab sendiri yaaa….

Teman-teman, sebenarnya dalam pandangan islam, hukum untuk memilih wakil rakyat adalah mubah atau boleh. Dan tentunya akan sah kalau memenuhi rukun-rukunnya juga jangan lupa nih syarat yang gak boleh kelewat sama sekali, harus sesuai dengan syariah islam. Nah, maka untuk menggunakan hak pilih pun kita harus liat dulu nih aktivitas-aktivitas para wakil rakyat nantinya itu seperti apa, sesuaikah dengan syariah islam atau malah bertentangan?

“Eh, tapi kalau orang yang baik pada gak memilih nanti malah orang yang gak baik yang kepilihnya, nanti malah semakin buruk aja dong politik di negeri ini kalau orang baik gak ikutan milih?”.

Coba deh sekarang kita bayangin, kita punya segelas susu terus tiba-tiba segelas susu itu kena kotoran, lebih milih tetep minum atau ngeganti minumannya? Kalau kita punya solusi yang lebih baik kenapa harus memaksakan mengambil yang terbaik dari yang kurang baik? Mendingan memilih yang paling baik dari yang terbaik kan? Ya gak? Besar juga lho kawan tanggung jawab kita dalam menggunakan hak pilih, apa orang yang kita pilih itu sudah pasti bisa menampung aspirasi dan bisa menyelesaikan permasalahan umat sesuai dengan syariah islam?

Khilafah, The One and Only Solution

Kawan-kawan, dalam kehidupan demokrasi sekarang persoalan umat bukannya selesai tapi malah bertambah satu per satu. Pesta demokrasi juga tidak bisa menjamin bahwa pemimpin yang terpilih nantinya adalah pemimpin yang bisa menjamin hak-hak masyarakatnya. Nampaklah bahwa sistem demokrasi ini adalah sistem yang rusak.

Sudah saatnya kita sebagai remaja semakin peduli pada permasalahan umat. Turun tangan untuk melakukan perubahan. Gimana caranya nih? Emang remaja udah bisa jadi anggota legislatif? Eits eits, bukan begitu. Caranya simple aja kok, dengan kita berdakwah untuk menyebarkan dan membuat umat semakin paham mengenai islam juga aturan-aturan yang ada di dalamnya itu juga sudah termasuk langkah-langkah untuk mengubah pola pikir masyarakat yang asalnya dipenuhi dengan belenggu kapitalis dan demokrasi menjadi berpemikiran islam. Bisa juga dengan ikut serta untuk mengubah sistem yang rusak ini dengan sistem yang sempurna yang sudah spesial Allah buatkan untuk umatNya, apalagi kalau bukan syariah islam dan syariah pun hanya dapat tegak dalam naungan khilafah.

Yuk kawan-kawan kita bangkit jadi remaja yang peduli juga terhadap permasalahan umat, remaja yang gak asal milih pemimpin, jadi remaja muslim merangkap sebagai politisi yang genius dan turut serta berjuang demi tegaknya khilafah. Semangat remaja muslim!

Tias Ravena M.

Pelajar SMA Almasoem

Jatinangor-Sumedang

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X