Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.426 views

Untuk Kamu yang Mengatakan Hapalan Quran Pemicu Penurunan IQ

 
Oleh: Anggrek Wulan dan Nony Cihan Kiykac
 
Hidayah itu hak prerogatif Allah. Dia yang akan memilih siapa saja yang akan terjaga dan siapa saja yang akan tergelincir baik melalui perbuatan, lisan, maupun hatinya. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam setiap perbuatan dan tentu saja dalam berucap. Bahkan ucapan di dalam hati yang tidak dapat didengar manusia, karena Allah Maha Mendengar.
 
Kebenaran harus diterima siapa pun yang bicara demikian pula sebaliknya, kesalahan harus ditolak siapa pun yang bicara. Bukan mentang-mentang orang terkenal, salah pun tetap dibenarkan.
 
Kalau ada pernyataan bahwa hafalan adalah pemicu penurunan IQ, maka ada yang salah dengan pengetahuan manusia yang berpendapat demikian. Apalagi bila yang memberi statement adalah dari kalangan muslimin. Sungguh, berhati-hatilah!
 
FYI, Manteman! Anak-anak pesantren diwajibkan menghafal untuk beberapa kategori pelajaran (walaupun belum paham artinya) dan ini selalu dibiasakan selepas Magrib dan Subuh. Saya pun termasuk yang menjalani hal ini sehari-hari. Bahkan, salah satu guru saya mengatakan, "Hafalkan saja dulu, walau kalian belum mengerti artinya. Saat telah hafal, kalian akan mengerti mengapa diharuskan menghafal."
 
Benar saja, belakangan saya memahami. Kalau menghafal, secara otomatis otak akan bekerja seiring sejalan pun kita belajar mengetahui artinya secara perlahan. Ketika hal ini terjadi, justru menambah ketelitian kita dan makin meresapi makna yang terkandung di dalamnya. Terutama Al Qur'an.
 
Mau bukti lain lagi? Anak-anak yang di dalam kandungan jika diperdengarkan murattal oleh ibunya, cenderung menstimulasi otaknya. Manteman tinggal berselancar di gugel dari hape cerdasnya masing-masing.
 
Contoh lainnya, saya pernah punya tetangga di sebelah rumah di Cirendeu, Jakarta Selatan. Selain atlet dia juga pelatih olah raga berkewarganegaraan Filipina. Ia selalu mengatakan, bangun tidur lepas Subuh ia akan menghafal beberapa kalimat untuk menambah kosa kata bahasa Indonesia.
 
Menurutnya, waktu Subuh adalah waktu yang paling baik untuk menambah hafalan meskipun ia tidak paham dan ... beliau bukan Muslim.
Permisalan yang paling kongkrit adalah wahyu yang diturunkan pada Rasulullah merupakan dalam bentuk hafalan. Beliau dituntun oleh Malaikat Jibril untuk menghafalnya, sedangkan pada saat itu Sang Khataman Nabi adalah seseorang yang tidak dapat membaca dan menulis. Bahkan pengakuan beliau termaktub dalam Al Quran surah Al Alaq.
 
So, jangan karena terpukau dengan gaya hidup dan 'kecerdasan' semu publik figur macam selebgram, artis, vlogger, dan lainnya mampu memengaruhi dan menggerus aqidah kita. Agama tidak sekadar logika, tetapi juga ada faktor gaib (Allah Subhanahu wa Ta'aala) dalam tiap aturan-Nya.
 
Boleh suka sama orang kaya, koruptor, artis, atau siapa pun tokoh yang kita kagumi. Namun, jangan lupa mereka hanya perlu followers dan bagi mereka dunia beserta isinya adalah hal paling penting buat mereka. Gimana pikiran untuk mematuhi ajaran dan aturan agama? 
 
Manusia yang cerdas, akan berpikir bagaimana cara taat pada Rabb-Nya dan mengaplikasikannya dalam tiap lini kehidupan sesuai kapasitasnya. Bukan berhenti pada pencapaian masuk sekolah elit favorit dalam dan luar negeri, tetapi tidak mengerti dengan ajaran agamanya.
 
Ojo lali, yang punya otak itu kita sendiri dan kita juga yang harusnya memanfaatkannya dengan baik dan maksimal. Optimalkan pada hal-hal benar dan diridai-Nya, jangan ngandelin artis dan sejenisnya. Berpikir kritis boleh, tetapi tetap berada dalam koridor-Nya. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)
 
Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X