Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.895 views

Mau Masuk Surga? Bersihkan Hati Terhadap Kaum Muslimin

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Memperbaiki hati adalah urusan paling penting bagi orang yang berjalan menuju Allah. Hati menentukan baik dan buruknya ucapan serta perbuatan. Peran hati terhadap anggota tubuh laksanan raja terhadap prajuritnya. Seluruh anggota tubuh bekerja atas perintah hati. Semua tunduk kepadanya. Karena perintah hatilah, adanya istiqomah dan penyimpangan. Begitu pula semangat untuk beribadah dan bekerja. Sehingga keselamatan dan kebahagiaan seseorang ditentukan kondisi hatinya.

Dari Al-Nu’man bin Basyir Radhiyallahu 'Anhu, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di akhirat kelak, tidak ada orang yang akan selamat dari siksa neraka dan beruntung dengan surga kecuali yang datang kepada Allah membawa Qalbun Salim. Yaitu hati yang bersih dengan iman, tauhid, dan ketaatan. Bersih pula dari kesyirikan, kekufuran, dan penyimpangan.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

وَلَا تُخْزِنِي يَوْمَ يُبْعَثُونَ يَوْمَ لَا يَنفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

Dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan. (Yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna. Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.” (QS. Al-Syu’ara: 87-89)

Kebersihan hati untuk Allah adalah pokok utama. Kemudian bersih hati terhadap hamba-hamba Allah yang mengabdi kepada-Nya dari kalangan muslimin ikut kepadanya. Artinya, hatinya selamat terhadap kaum muslimin. Senantiasa menginginkan kebaikan untuk mereka dan senang dengan anugerah yang mereka peroleh. Bersedih dengan penderitaan kaum muslimin dan berusaha mengindarkan mereka darinya.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

"Tidak sempurna keimanan seseorang dari kalian, sebelum ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Karenanya, siapa yang menghendaki kebahagiaan hidup yang sesungguhnya, di dunia dan nanti sempurna di akhirat, hendaknya ia tidak menggunjing kaum muslimin dan tidak merusak kehormatan mereka, tidak iri dan dengki dengan nikmat yang mereka dapatkan, dan tidak menginginkan keburukan menimpa mereka. Ia selalu berusaha memberikan kebaikan kepada mereka, menghindarkan diri dari menyakiti mereka, dan menghindarkan mereka dari semua keburukan. Lisannya tidak pelit meminta ampunan dan mendoakan kebaikan bagi mereka kepada Allah Subahanahu wa Ta'ala.

[Baca: Doakan Kebaikan untuk Suadaramu Tanpa Sepengetahuannya]

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: kami pernah duduk bermajelis bersama Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, tiba-tiba beliau bersabda, “Akan datang seorang laki-laki ‘calon’ penghuni surga.”

Kemudian datang seoang laki-laki dari kalangan Anshar yang basah jenggotnya dengan air wudhu’nya dan kedua sandalnya tertenteng di tangan kirinya.

Keesokan harinya, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda yang serupa. Lalu datang lagi laki-laki itu. Di hari ketiga, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda serupa. Kembali, laki-laki tadi muncul seperti kedatangannya yang pertama.

Ketika Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam selesai dari majelisnya dan berdiri meninggalkan tempat, Abdullah bin ‘Amru bin al-‘Ash mengikutinya sampai ke rumahnya. Ia menyampaikan keinginannya untuk menginap di rumah laki-laki tadi selama tiga hari. Alasannya, ia sedang cekcok dengan bapaknya dan bersumpah tidak kembali ke rumah selama tiga hari.

Laki-laki tadi mempersilahkan Abdullah bin Amru bin al-‘Ash untuk menginap di rumahnya.

Selama menginap tiga malam di rumah laki-laki tadi, Abdullah bin ‘Amru tidak melihat ia bangun shalat malam, selain saat ia terbangun dan merubah posisinya ia berdzikir dan bertakbir sehingga ia bangun untuk shalat Shubuh.

Abdullah menambahkan, “Hanya saja aku tidak pernah mendengar ia berucap kecuali kebaikan.”

Setelah berlalu tiga malam, hampir-hampir Abdullah meremehkan amalannya. “Aku berkata –tuturnya-, “Wahai Hamba Allah, sesungguhnya aku tidak punya masalah dengan bapakku, aku tidak sedang marah dan kabur darinya, akan tetapi aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda tiga kali, ‘sekarang hadir kepada kalian seorang laki-laki penghuni surga’, lalu kamu muncul di tiga kali itu, aku ingin menginap di rumahmu untuk melihat amalmu sehingga aku bisa meneladaninya. Aku tidak melihat engkau punya amal yang banyak. Lantas amal apa yang membuat dirimu bisa meraih apa yang disabdakan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam itu?”

Ia menjawab, “tidak ada amalku kecuali apa yang engkau telah lihat, hanya saja aku tidak memiliki sifat curang dalam diriku terhadap kaum muslimin dan aku tidak dengki kepada seseorang atas apa yang Allah berikan kepadanya.” Kemudian Abdullah berkata, “inilah amal yang mampu kamu kerjakan yang kami tak sanggup mengerjakannya.” (HR. Ahmad dan selainnya)

Penutup

Subhanallah, amal yang bisa menyampaikan seseorang kepada surga bukan semata amal ibadah ritual, tapi juga amal yang berkaitan dengan sesama atau ibadah sosial. Jaga hati terhadap kaum muslimin maka Allah akan merahmati kita dengannya. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tsaqofah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
Pasca Putusan MK, Legislator Minta Proyek Food Estate di Lahan Hutan Dihentikan

Pasca Putusan MK, Legislator Minta Proyek Food Estate di Lahan Hutan Dihentikan

Senin, 29 Nov 2021 08:58

Urgen, Mari Support Dakwah Media Voa Islam

Urgen, Mari Support Dakwah Media Voa Islam

Senin, 29 Nov 2021 04:06

Masjid Dinasti Umayyah Berusia 1.300 Tahun Ditemukan di Irak

Masjid Dinasti Umayyah Berusia 1.300 Tahun Ditemukan di Irak

Ahad, 28 Nov 2021 22:04

Partai Gelora Mulai Gerakan Tanam 10 Juta Pohon

Partai Gelora Mulai Gerakan Tanam 10 Juta Pohon

Ahad, 28 Nov 2021 16:52

MK Putuskan UU Ciptaker Inkonsitusional, PKS: Bukti Pemerintah Gegabah

MK Putuskan UU Ciptaker Inkonsitusional, PKS: Bukti Pemerintah Gegabah

Ahad, 28 Nov 2021 16:28

Family Festival 3 Persembahan Adara Resmi Digelar

Family Festival 3 Persembahan Adara Resmi Digelar

Ahad, 28 Nov 2021 16:06

Ustaz Zaitun Rasmin: Manhaj Wasathiyah Menolak Terorisme

Ustaz Zaitun Rasmin: Manhaj Wasathiyah Menolak Terorisme

Ahad, 28 Nov 2021 15:07

Mengapa Sebutan Teror Inggris Untuk Hamas Kontraproduktif

Mengapa Sebutan Teror Inggris Untuk Hamas Kontraproduktif

Sabtu, 27 Nov 2021 21:33

Inggris Resmi Larang Hamas, Sebut Sebagai 'Kelompok Teroris Islam'

Inggris Resmi Larang Hamas, Sebut Sebagai 'Kelompok Teroris Islam'

Sabtu, 27 Nov 2021 20:22

Muhyidin Junaidi: Moderasi Islam dan Moderasi Beragama itu Tidak Sama

Muhyidin Junaidi: Moderasi Islam dan Moderasi Beragama itu Tidak Sama

Sabtu, 27 Nov 2021 19:54

Terkait Putusan MK soal UU Ciptaker, HNW: Sejak RUU, PKS Mengkritisi dan Menolaknya

Terkait Putusan MK soal UU Ciptaker, HNW: Sejak RUU, PKS Mengkritisi dan Menolaknya

Sabtu, 27 Nov 2021 12:42

Aksi Umat Islam di Solo Minta Pembebasan Tiga Ulama

Aksi Umat Islam di Solo Minta Pembebasan Tiga Ulama

Sabtu, 27 Nov 2021 11:32

MK Minta UU Cipta Kerja Diperbaiki, Fahira Idris: Buka Partisipasi Publik Seluas-luasnya dan Kedepan

MK Minta UU Cipta Kerja Diperbaiki, Fahira Idris: Buka Partisipasi Publik Seluas-luasnya dan Kedepan

Sabtu, 27 Nov 2021 11:27

MK Sebut Pembentukan UU Cipta Kerja Inkonstitusional, Netty: Kenapa Tetap Berlaku?

MK Sebut Pembentukan UU Cipta Kerja Inkonstitusional, Netty: Kenapa Tetap Berlaku?

Sabtu, 27 Nov 2021 10:19

Kader Muda MUI Kalimantan Deklarasi Siap Jadi Mujahid Digital

Kader Muda MUI Kalimantan Deklarasi Siap Jadi Mujahid Digital

Jum'at, 26 Nov 2021 22:28

Weleh, Prabowo Bertemu Itay Tagner

Weleh, Prabowo Bertemu Itay Tagner

Jum'at, 26 Nov 2021 21:25

Soal Permendikbud, Politisi: Tujuan Pendidikan Bukan untuk Merusak Moral

Soal Permendikbud, Politisi: Tujuan Pendidikan Bukan untuk Merusak Moral

Jum'at, 26 Nov 2021 17:20

Polisi Uzbekistan Paksa Pria Muslim Untuk Mencukur Jenggot

Polisi Uzbekistan Paksa Pria Muslim Untuk Mencukur Jenggot

Jum'at, 26 Nov 2021 17:15

Aliansi Cerahkan Negeri Kembali Melakukan Aksi Penolakan RUU TPKS di DPR

Aliansi Cerahkan Negeri Kembali Melakukan Aksi Penolakan RUU TPKS di DPR

Jum'at, 26 Nov 2021 16:54

Guru Wahdah Islamiyah Juara 1 Guru Inspiratif Kategori Non ASN

Guru Wahdah Islamiyah Juara 1 Guru Inspiratif Kategori Non ASN

Jum'at, 26 Nov 2021 16:41


MUI

Must Read!
X