Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.468 views

Hikmah Bagi yang Gagal Berhaji Tahun Ini

Oleh: Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA.*

Dalam beberapa hari ini para jama'ah haji Indonesia mulai tiba di tanah air. Kepulangan para jama'ah haji dari Arab Saudi ini dimulai tanggal 15 Juli sampai 30 Juli 2022 dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah untuk jama'ah gelombang pertama dan dari Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Azis (AAMA) Madinah untuk jama'ah gelombang kedua dimulai tanggal 30 Juli sampai 13 Agustus 2022 setelah melaksanakan ibadah haji di Mekkah beberapa waktu yang lalu.

Kita doakan semoga para jama'ah haji mendapat haji mabrur yang ditandai dengan semakin baiknya ibadah dan perilaku (akhlak) mereka setelah pulang dari haji.

Penyelenggaraan Ibadah haji tahun ini merupakan pertama kali dibuka oleh pemerintah Arab Saudi bagi umat Islam Internasional selama pandemi covid-19, setelah sebelumnya ditutup selama dua tahun sejak tahun 2020 karena pandemi covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia termasuk Arab Saudi. Meskipun demikian, penyelenggaraan haji tetap dilaksanakan pada waktu itu khusus bagi umat Islam yang berdomisili di Arab Saudi dengan jumlah yang sangat sedikit dan pemberlakuan aturan covid-19 yang ketat. Namun mulai tahun ini jama'ah haji kembali bertambah ramai dan aturan protokol kesehatan covid-19 dicabut.

Pemerintah Arab Saudi mulai memberlakukan aturan baru yaitu pembatasan umur para jama'ah haji maksimum berumur 65 tahun karena pandemi covid-19. Akibatnya, banyak calon jama'ah haji berumur lebih dari 65 tahun gagal berangkat ke tanah suci. Padahal mereka sudah menunggu keberangkatan selama bertahun-tahun dan mendapat jatah berangkat tahun ini namun dibatalkan karena aturan ini.

Tidak ada kepastian dari pemerintah Arab Saudi mengenai aturan ini, apakah berlaku sementara untuk tahun ini atau untuk seterusnya. Yang jelas, aturan ini berlaku tahun ini, karena pandemi covid-19.

 

Kewajiban Bersyukur Kepada Allah ta'ala

Sudah sepatutnya para jam'aah haji yang berangkat ke tanah suci tahun ini memperbanyak syukur kepada Allah ta'ala, karena mereka telah dipilih oleh Allah ta'ala untuk melaksanakan ibadah haji memenuhi panggilan-Nya dan menjadi tamu-Nya pada tahun ini. Ini suatu kebahagiaan dan kenikmatan yang besar yang wajib disyukuri oleh para jama'ah haji.

Allah ta'ala berfirman, "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (Ibrahim: 7).

Allah ta'ala juga berfirman, "Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." (Al-Baqarah: 152).

Allah ta'ala juga berfirman ketika menceritakan perkataan Nabi Sulaiman, "Dia (Sulaiman) pun berkata, "ini termasuk karunia Tuhanku untuk mengujiku, apakah aku bersyukur atau mengingkari (nikmat-Nya)." (An-Naml: 40).

Tidak semua orang diberikan kesempatan oleh Allah ta'ala untuk berhaji tahun ini. Meskipun mereka punya harta banyak, namun mereka harus menunggu keberangkatan ke tanah suci sampai sepuluh tahun bahkan lebih. Mereka harus rela mengantri selama bertahun-tahun karena begitu ramai peminatnya sedangkan kuotanya terbatas.

Bahkan, calon jama'ah haji yang seharusnya jatah berangkat tahun ini tidak bisa berangkat karena adanya aturan baru dari Pemerintah Arab Saudi pada tahun ini berupa pembatasan umur calon jama'ah haji maksimal 65 tahun. Begitu pula ada calon jama'ah yang meninggal atau sakit sebelum hari keberangkatan tahun ini.

Terlebih lagi, selama dua tahun lalu penyelenggaraan ibadah haji tidak dibuka untuk umat Islam dari luar Arab Saudi. Penyelengaraan ibadah haji hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang tinggal di Arab Saudi dengan aturan protokol covid-19 yang sangat ketat seperti jumlah jama'ah yang batasi sangat sedikit, menjaga jarak shaf shalat sejauh 2 meter, memakai masker, dan sebagainya. Namun mulai tahun ini, pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali penyelenggaraan ibadah haji bagi umat Islam dari luar Arab Saudi dan melonggarkan aturan protokol covid-19.

Maka, orang-orang yang dapat berangkat haji tahun ini adalah orang-orang pilihan Allah ta'ala yang telah diberi kenikmatan oleh Allah ta'ala untuk melaksanakan ibadah haji pada tahun ini. Oleh karena itu, mereka wajib bersyukur kepada Allah ta'ala atas nikmat-Nya ini.

Bersyukur bermakna senantiasa memuji Allah ta'ala dan berzikir kepada-Nya di setiap waktu baik di waktu senang maupun sedih dan waktu lapang maupun sulit, menjalankan segala perintah-Nya baik yang wajib maupun yang sunnat, meninggalkan segala larangan-Nya baik yang haram maupun yang makruh, dan ridha terhadap qadar (ketentuan) Allah ta'ala yang baik dan yang buruk. Inilah hakikat syukur yang sebenarnya yang wajib diamalkan oleh setiap muslim.

 

Hikmah Bagi Yang Gagal Berhaji Tahun Ini

Adapun bagi calon jama'ah haji yang gagal berangkat haji tahun ini karena adanya aturan pembatasan umur maksimal 65 tahun dari penerintah Kerajaan Arab Saudi hendaklah mengambil hikmahnya dan bersikap husnu zhan (berbaik sangka). Janganlah bersedih hati, apalagi marah atau bersu'u zhan (berburuk sangka) kepada pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Karena pasti ada kebaikan bagi mereka, baik yang diketahui maupun tidak.

Allah ta'ala berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang." (Al-Hujurat: 12).

Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin. Sesungguhnya semua perkaranya itu baik baginya, dan hal itu tidak dimiliki oleh siapapun kecuali seorang mukmin. Apabila ia mendapatkan sesuatu yang mengembirakan ia bersyukur, maka hal itu baik itu baginya. Dan apabila ia ditimpa suatu kesulitan, ia bersikap sabar, maka hal itu pun baik baginya." (HR. Muslim).

Aturan pembatasan umur bagi jama'ah ini dibuat untuk kebaikan para jama'ah haji sendiri dan keluarganya demi keselamatan para jama'ah selama berada di tanah suci. Karena, orang yang lanjut usia itu sangat rentan dengan penyakit. Maka keselamatan mereka harus diutamakan. Terlebih lagi selama ini pandemi covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia termasuk Arab Saudi. Maka mereka sangat rentan terkena covid-19 dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, aturan ini sudah sesuai dengan prinsip maqashid syari'ah yaitu menjaga jiwa.

Meskipun pemerintah Arab Saudi saat ini sudah melonggarkan aturan protokol covid-19, namun upaya preventif tetap dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi demi keselamatan para jama'ah dengan membatasi umur jama'ah maksimum 65 tahun. Hal ini bisa dimaklumi, mengingat ketahanan tubuh orang-orang lanjut usia terhadap suatu penyakit tidak sekuat orang-orang yang lebih muda. Terlebih lagi pelaksanaan ibadah haji memerlukan tenaga yang besar dan kesehatan yang baik. Oleh karena itu, mereka tidak diizinkan untuk berhaji tahun ini.

Namun demikian, tidak berarti aturan pembatasan umur ini berlaku untuk selamanya. Karena itu aturan manusia yang bersifat tehnis dan prosedur. Bisa berubah setiap saat. Kita doakan agar tahun depan ibadah haji kembali normal seperti dulu sebelum pandemi sehingga siapapun bisa berangkat dan melaksanakan ibadah haji baik anak kecil, orang muda, orang tua maupun orang lanjut usia. Yang penting memenuhi syarat kesehatanmya.

Meskipun tidak bisa melakukan ibadah haji tahun ini, namun Allah ta'ala telah mencatat pahala haji kepada yang orang-orang gagal berangkat hajii tahun ini jika seandainya yang bersangkutan meninggal dunia. Allah ta'ala tetap mencatat pahala niat seorang hamba-nya untuk melakukan amal shalih meskipun belum dilakukannya.

Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda, "Sesungguhnya amalan-amalan itu bergantung dengan niat-niat. Dan bagi setiap orang (diberi balasan sesuai dengan) apa yang dia niatkan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda, "Sesungguhnya Allah telah menetapkan kebaikan-kebaikan dan keburukan-keburukan. Kemudian Dia menjelaskan hal tersebut, "Barangsiapa yang berniat melakukan suatu kebaikan lalu dia tidak melakukannya, maka Allah tabaka wa ta'ala mencatatnya di sisi-Nya sebagai satu kebaikan sempurna. Dan apabila dia berniat melakukannya kemudian dia melaksanakanya, maka Allah mencatatnya sebagai sepuluh kali lipat sampai tujuh kali lipat sampai kelipatan yang banyak." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Sudah sepatutnya para calon jama'ah yang gagal berangkat haji tahun in berhusnu zhan (berbaik sangka) kepada Kerajaan Arab Saudi sebagai tuan rumah dan penanggung jawab serta pelayan ibadah haji. Dari pengalaman haji, banyak kasus para jama'ah yang sakit dan meninggal di tanah suci selama musim haji. Kebanyakannya orang-orang berusia 65 tahun keatas atau lanjut usia.

Oleh karena itu, mari kita berhusnu zhan kepada saudara kita muslim dari Arab Saudi, karena itu perintah agama kita yang mulia ini. Sebaliknya, janganlah kita bersu'u zhan itu, karena su'u zhan itu dilarang dalam agama. Semua aturan haji yang dibuat oleh pemerintah Arab Saudi untuk kemaslahatan umat Islam khususnya para calon jama'ah haji.

Sebagai penutup, mari kita senantiasa bersyukur kepada Allah ta'ala atas nikmat-Nya yang diberikan kepada kita dengan senantiasa memuji Allah ta'ala dan melaksanakan semua perintah-Nya serta meninggalkan semua larangan-Nya. Semoga kita termasuk orang-orang yang bersyukur sehingga mendapat ridha Allah ta'ala dan berbagai keutamaan syukur lainnya. Dan semoga para jama'ah haji mendapat haji mabrur. Amin !

*) Penulis adalah Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Aceh, Ketua PC Muhammadiyah Syah Kuala Banda Aceh, anggota Ikatan Ulama dan Da’i Asia Tenggara, Dosen Fiqh dan Ushul Fiqh Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Doktor Fiqh dan Ushul Fiqh pada International Islamic University Malaysia (IIUM)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Anies Berpeluang Diusung Capres 2024 Oleh Partai-partai Ini

Anies Berpeluang Diusung Capres 2024 Oleh Partai-partai Ini

Sabtu, 13 Aug 2022 21:01

Qatar Setuju Biayai Renovasi Rumah-rumah Di Gaza Yang Hancur Selama Konflik Israel-Jihad Islam

Qatar Setuju Biayai Renovasi Rumah-rumah Di Gaza Yang Hancur Selama Konflik Israel-Jihad Islam

Sabtu, 13 Aug 2022 20:05

Saudi Izinkan Pemegang Visa Turis Untuk Melakukan Umrah

Saudi Izinkan Pemegang Visa Turis Untuk Melakukan Umrah

Sabtu, 13 Aug 2022 17:00

FBI Temukan Dokumen 'Sangat Rahasia' Saat Penggerebegan Di Kediaman Donald Trump

FBI Temukan Dokumen 'Sangat Rahasia' Saat Penggerebegan Di Kediaman Donald Trump

Sabtu, 13 Aug 2022 15:45

Penulis Novel Ayat-ayat Setan Salman Rushdie Ditikam Dalam Acara Di New York

Penulis Novel Ayat-ayat Setan Salman Rushdie Ditikam Dalam Acara Di New York

Sabtu, 13 Aug 2022 12:11

Islam Mampu Mewujudkan Anak Terlindungi dan Indonesia Maju

Islam Mampu Mewujudkan Anak Terlindungi dan Indonesia Maju

Sabtu, 13 Aug 2022 10:46

Salimah Dukung Ekosistem Rantai Nilai Halal

Salimah Dukung Ekosistem Rantai Nilai Halal

Jum'at, 12 Aug 2022 22:04

Ketauhidan Lawan Kesyirikan

Ketauhidan Lawan Kesyirikan

Jum'at, 12 Aug 2022 21:58

Taliban Setuju Pasok Iran Dengan Air Dari Sungai Helmand

Taliban Setuju Pasok Iran Dengan Air Dari Sungai Helmand

Jum'at, 12 Aug 2022 21:30

Fraksi PKS Tegas Tolak Wacana Kembalinya Dwifungsi TNI

Fraksi PKS Tegas Tolak Wacana Kembalinya Dwifungsi TNI

Jum'at, 12 Aug 2022 21:01

Demonstrasi Meledak Di Suriah Utara Setelah Seruan Rekonsiliasi Dengan Rezim Assad Oleh Menlu Turki

Demonstrasi Meledak Di Suriah Utara Setelah Seruan Rekonsiliasi Dengan Rezim Assad Oleh Menlu Turki

Jum'at, 12 Aug 2022 21:00

Militer Ukraina Klaim Telah Membunuh 43.000 Lebih Pasukan Rusia Sejak Perang Dimulai

Militer Ukraina Klaim Telah Membunuh 43.000 Lebih Pasukan Rusia Sejak Perang Dimulai

Jum'at, 12 Aug 2022 20:21

Sudah Masuk Indonesia, 92% Masyarakat Tertarik Menggunakan Jaringan 5G di Masa Depan

Sudah Masuk Indonesia, 92% Masyarakat Tertarik Menggunakan Jaringan 5G di Masa Depan

Jum'at, 12 Aug 2022 17:56

Siap Muktamar, Waketum PERSIS: Transformasikan Gagasan untuk Kemaslahatan Umat Islam & Indonesia

Siap Muktamar, Waketum PERSIS: Transformasikan Gagasan untuk Kemaslahatan Umat Islam & Indonesia

Jum'at, 12 Aug 2022 11:09

AQL Islamic Center Gelar Khatam Quran Kemerdekaan

AQL Islamic Center Gelar Khatam Quran Kemerdekaan

Jum'at, 12 Aug 2022 06:09

Dua Pemimpin Komunitas Rohingya Ditembak Mati Di Kamp Pengungsi Bangladesh

Dua Pemimpin Komunitas Rohingya Ditembak Mati Di Kamp Pengungsi Bangladesh

Kamis, 11 Aug 2022 21:35

Puluhan Ekonom Desak AS Kembalikan Aset Afghanistan Senilai $7 Miliar Yang Dibekukan

Puluhan Ekonom Desak AS Kembalikan Aset Afghanistan Senilai $7 Miliar Yang Dibekukan

Kamis, 11 Aug 2022 20:45

42 Tentara Mali Tewas Dalam Serangan Islamic State Di Kota Tessit

42 Tentara Mali Tewas Dalam Serangan Islamic State Di Kota Tessit

Kamis, 11 Aug 2022 19:45

Yuk Mulai usaha Siomay Tenggiri & Dimsum Modal Rp. 250 Ribu

Yuk Mulai usaha Siomay Tenggiri & Dimsum Modal Rp. 250 Ribu

Kamis, 11 Aug 2022 14:35

Dari Duren Tiga Menuju KM 50

Dari Duren Tiga Menuju KM 50

Kamis, 11 Aug 2022 14:19


MUI

Must Read!
X

Kamis, 11/08/2022 13:00

Jangan Lupakan Kejahatan Israel