Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.317 views

Pejuang Oposisi Suriah Di Daraa Rebut Pos Pemeriksaan Serta Tank Pasukan Rezim Teroris Assad

DARAA, SURIAH (voa-islam.com) - Pejuang oposisi di provinsi selatan Suriah Daraa telah meluncurkan serangan baru terhadap pasukan rezim dan milisi loyalis, merebut pos pemeriksaan, sebuah tank dan diduga melintasi perbatasan Yordania saat rezim terus melakukan pengepungan di daerah tersebut.

Selama sebulan terakhir, Divisi Keempat rezim Suriah telah mengepung distrik Daraa Al-Balad dan memberlakukan blokade, berusaha menguasainya dan mengembalikan sepenuhnya aparat keamanannya di provinsi selatan yang direbutnya kembali pada 2018.

Pekan lalu, sebuah kesepakatan dicapai antara Komite Sentral Daraa dan pejabat rezim, dalam sebuah kesepakatan yang akan memberi Damaskus kendali terbatas atas wilayah itu dengan pemerintahan lokal semi-otonom, dan akan mencabut pengepungan sebagai imbalan atas penyerahan kekuasaan senjata yang dipegang oleh beberapa warga.

Namun, kesepakatan itu dan negosiasi lainnya gagal, menghasilkan serangan yang diluncurkan oleh pasukan rezim pada hari Rabu. Pemboman berikutnya di daerah itu menewaskan puluhan warga sipil dan memaksa keluarga untuk melarikan diri dari lingkungan mereka, sebelum rezim semakin memperketat pos pemeriksaannya dan mencegah orang lain pergi.

Banyak pemuda di Daraa Al-Balad akibatnya mengangkat senjata, dengan milisi bersenjata ringan yang dibentuk, mengumumkan siap untuk menghadapi pasukan rezim.

Mengikuti perkembangan tersebut, telah dilaporkan bahwa orang-orang bersenjata dari daerah tersebut merebut sekitar sepuluh pos pemeriksaan dari pasukan rezim, menewaskan lebih dari tujuh tentara dan milisi Syi'ah pro-Assad dan menangkap sekitar 70 lainnya. Mereka juga menyita senjata berat, tank, dan diduga melintasi perbatasan Nasib di perbatasan Yordania.

Langkah-langkah semacam itu, terutama kemungkinan penangkapan penyeberangan, menandakan perkembangan militer terbesar di provinsi selatan Daraa sejak 2018.

Provinsi ini telah lama menjadi duri di sepatu rezim, muncul sebagai tempat kelahiran revolusi Suriah pada tahun 2011.

Sejak kekalahan dan penyerahan pasukan oposisi tiga tahun lalu, rezim terus melanggar kesepakatan yang dibuat oleh Al-Assad dan sekutunya Rusia dengan oposisi, yang menawarkan amnesti kepada mantan pejuang dan menerapkan proses rekonsiliasi.

Setidaknya 98 mantan pejuang oposisi di provinsi itu telah disiksa sampai mati oleh rezim sejak saat itu dan banyak lagi yang telah hilang.

Bahkan setelah jatuh ke rezim, Daraa tetap menjadi benteng perlawanan terhadap Al-Assad dan penduduknya telah menolak untuk sepenuhnya bekerja sama dengan upaya Damaskus untuk membangun kembali kehadiran militernya di daerah tersebut.

Pada 2019, misalnya, warga secara terbuka memprotes pendirian patung baru ayah dan pendahulu Bashar al-Assad Hafez Al-Assad di kota Daraa. Pada Mei tahun ini, mereka juga menolak untuk memilih dalam pemilihan presiden yang dicap "curang", memprotes di berbagai daerah di seluruh provinsi. (MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X