Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.271 views

Orang Bersenjata Tembak Mati Pemimpin Muslim Rohingya Terkemuka Di Kamp Pengungsi Di Bangladesh

COX'S BAZAR, BANGLADESH (voa-islam.com) - Seorang pemimpin Muslim Rohingya terkemuka telah ditembak mati di sebuah kamp pengungsi di Bangladesh selatan setelah berbulan-bulan memburuknya kekerasan di pemukiman pengungsi terbesar di dunia.

Mohib Ullah, yang berusia akhir 40-an dan memimpin Masyarakat Rohingya Arakan untuk Perdamaian dan Hak Asasi Manusia (ARPSH), meninggal pada Rabu (29/9/2021) malam setelah ditembak setidaknya tiga kali.

Dia sedang berbicara dengan pemimpin pengungsi lainnya di luar kantornya ketika penembakan itu terjadi, menurut Mohammad Nowkhim, juru bicara ARPSH.

“Dia berada di genangan darah. Dia dibawa dalam keadaan meninggal ke rumah sakit MSF [Doctors Without Borders] terdekat, ”katanya.

Rafiqul Islam, seorang wakil inspektur polisi di kota terdekat Cox's Bazar, juga membenarkan berita tersebut.

“Empat hingga lima penyerang tak dikenal menembaknya dari jarak dekat. Dia dinyatakan meninggal di rumah sakit MSF di kamp tersebut,” katanya.

Polisi dan Batalyon Polisi Bersenjata, yang bertugas memastikan keamanan untuk 34 kamp Rohingya di Bangladesh, telah meningkatkan keamanan, mengerahkan ratusan petugas bersenjata, tambahnya.

Cox's Bazar berada di dekat kamp pengungsi Kutupalong, yang merupakan kamp pengungsi terbesar di dunia dan rumah bagi lebih dari 800.000 pengungsi Muslim Rohingya.

Mohib Ullah adalah seorang guru yang muncul sebagai perwakilan internasional utama pengungsi Rohingya dan salah satu pendukung paling terkenal untuk kelompok etnis, minoritas Muslim yang telah menghadapi penganiayaan selama beberapa generasi.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu, tetapi seorang pemimpin Rohingya yang tidak disebutkan namanya menuduh bahwa Ullah ditembak mati oleh kelompok ekstremis Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA), yang diduga berada di balik sejumlah serangan terhadap pos keamanan Myanmar dalam beberapa tahun terakhir.

“Ini adalah karya ARSA,” klaimnya kepada AFP

Secara terpisah, Amnesty International mengutuk pembunuhan itu, menekankan bahwa pembunuhan itu akan mengirimkan “efek mengerikan di seluruh komunitas.”

“Tanggung jawab sekarang ada pada pihak berwenang Bangladesh untuk mempercepat penyelidikan atas pembunuhannya dan membawa semua orang yang diduga bertanggung jawab pidana ke pengadilan dalam pengadilan yang adil,” tambah Saad Hammadi, Juru Kampanye Asia Selatan Amnesty International, memperingatkan bahwa kekerasan di kamp-kamp pengungsi di Cox's Bazaar telah menjadi masalah yang berkembang.

Di kamp pengungsi Kutupalong, Mohib Ullah biasa pergi dari gubuk ke gubuk untuk menghitung pembunuhan, pemerkosaan, dan pembakaran yang dibagikan kepada penyelidik internasional. ARPSH-nya juga bekerja untuk memberikan lebih banyak suara kepada para pengungsi di dalam kamp dan di dunia internasional.

“Jika saya mati, saya baik-baik saja. Saya akan memberikan hidup saya,” katanya saat wawancara dengan Reuters pada 2019.

Muslim Rohingya yang berbasis di Negara Bagian Rakhine Myanmar telah menjadi sasaran kampanye pembunuhan, pemerkosaan, dan serangan pembakaran oleh militer yang didukung oleh mayoritas ekstremis Budha di negara itu dalam apa yang digambarkan oleh PBB sebagai “contoh buku teks tentang pembersihan etnis.”

Kampanye brutal telah memaksa lebih dari 730.000 Muslim Rohingya meninggalkan tanah air mereka sejak Agustus 2017 dan mencari perlindungan di Bangladesh.

Tindakan keras 2017 adalah subjek investigasi genosida oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Rohingya, yang telah tinggal di Myanmar selama beberapa generasi, ditolak kewarganegaraannya dan dicap sebagai imigran ilegal dari Bangladesh, yang juga menyangkal kewarganegaraan mereka. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X