Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.372 views

CIA Evakuasi Ribuan Pasukan Komando Afghanistan Yang Dituduh Melakukan Kejahatan Perang

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Sebelum pengambilalihan Taliban pada bulan Agustus, CIA dilaporkan mengevakuasi ribuan pasukan komando Afghanistan anggota unit Zero bayangannya. Pasukan ini melakukan serangan malam yang mematikan dan telah dituduh melakukan "kejahatan perang."

Badan mata-mata AS tersebut menerbangkan lebih dari 20.000 "mitra Afghanistan" dan keluarga mereka, menurut dua mantan perwira yang tidak disebutkan namanya yang dikutip dalam editorial Washington Post baru-baru ini. AS diperkirakan telah membawa antara 60.000 hingga 120.000 warga Afghanistan keluar dari negara itu.

Pengangkutan udara sebanyak 7.000 anggota unit Zero dan kerabat mereka merupakan prioritas CIA, The Intercept melaporkan. Seorang mantan pejabat senior intelijen AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada outlet berita investigasi bahwa sebagian besar pasukan komando diterbangkan ke Qatar, di mana petugas CIA membantu mengirim mereka ke AS.

“AS seharusnya tidak menawarkan tempat yang aman bagi mereka yang melakukan kejahatan perang atau pelanggaran hak asasi manusia yang serius,” Patricia Gossman, direktur asosiasi untuk divisi Asia Human Rights Watch, mengatakan kepada The Intercept. Pada tahun 2019, kelompok hak asasi manusia mendokumentasikan 14 contoh di mana mereka mengatakan pasukan penyerang yang didukung CIA itu melakukan “pelanggaran serius” sebagai bagian dari pola pelanggaran yang lebih besar, termasuk “kejahatan perang.”

Di Afghanistan, pasukan ini tidak pernah dimintai pertanggungjawaban atas tindakan mereka, termasuk eksekusi mati dan pelanggaran lainnya. AS dan negara-negara lain yang memukimkan kembali anggota unit-unit ini harus menyaring kedatangan dan menyelidiki kemungkinan keterlibatan mereka dalam pelanggaran hak asasi manusia.

Namun, dalam sebuah wawancara bulan lalu, mantan direktur CIA George Tenet diduga berbicara tentang "kewajiban suci" kepada "mitra Afghanistan kami" kepada siapa AS berhutang "hutang besar" untuk membantu "menghentikan Al-Qaidah." Tenet menambahkan bahwa "agensi menghormati komitmennya."

Unit Zero, pertama kali disebut Mohawk oleh pemerintah AS, rupanya dilatih oleh CIA untuk melawan gaya gerilya dari pos-pos Amerika di Afghanistan utara dan timur. Menurut The Intercept, tujuan awal program ini adalah untuk memungkinkan CIA melakukan operasi lintas batas ke Pakistan sambil membiarkan AS menghindari pertanggungjawaban.

Unit komando itu menjadi terkenal karena serangan malam mematikan yang diperkirakan telah membunuh sejumlah non-combatan yang tidak diketahui di seluruh negeri selama bertahun-tahun. Outlet tersebut mendokumentasikan 10 serangan oleh satu unit tersebut, yang dikenal sebagai 01, dilakukan di provinsi Wardak yang menewaskan sedikitnya 51 warga sipil, termasuk anak-anak – banyak yang diduga dibunuh dengan gaya eksekusi dari jarak dekat.

Dua mantan pejabat senior Afghanistan mengatakan kepada outlet tersebut bahwa perjanjian 2010 antara badan tersebut dan pemerintah Afghanistan telah mengarah pada penciptaan program bersama yang membawa unit Zero dan milisi lainnya – secara kolektif disebut Unit Serangan Nasional (NSU) – di bawah payung mantan dinas intelijen negara itu, Direktorat Keamanan Nasional (NDS).

Hal ini memungkinkan CIA untuk mengklaim penyangkalan yang masuk akal terhadap tuduhan pelanggaran hak asasi, The Intercept melaporkan. Namun, para pejabat mengatakan unit tersebut masih secara eksklusif didanai oleh pemerintah AS. Pada 2019, penasihat keamanan nasional Afghanistan saat itu Hamdullah Mohib mengatakan kepada outlet itu bahwa 01 berada di bawah kendali CIA dan mengatakan dia tidak "sepenuhnya sadar ... tentang cara kerjanya."

Sebagian besar misi 01 juga dilaporkan dipimpin oleh sejumlah kecil "penasihat" CIA. Unit ini berbasis di kompleks CIA yang disebut 'Pangkalan Elang' di timur laut Kabul yang juga diduga menampung bekas situs hitam badan mata-mata AS itu yang disebut 'Lubang Garam', di mana diperkirakan para tahanan diinterogasi dan disiksa di tahun-tahun awal perang.

Sebelum pangkalan dihancurkan selama penarikan Amerika, itu telah menjadi "titik transit" dalam upaya evakuasi, menurut editorial Post, yang juga mencatat bahwa kunjungan rahasia ke Kabul oleh Direktur CIA William Burns telah meletakkan dasar untuk penarikan dari unit-unit rahasia tersebut.

Menjelang tenggat waktu 31 Agustus untuk penarikan personel koalisi, rencana keberangkatan yang tertib hancur menjadi perebutan putus asa untuk pergi ketika kerumunan orang Afghanistan bergegas ke bandara Kabul.

Meskipun Presiden Joe Biden menyebutnya sebagai "sukses", kritik mengecam penarikan kacau yang melihat pasukan AS meninggalkan warga Afghanistan yang membantu mereka selama 20 tahun terakhir. Selama evakuasi, serangan jibaku yang diklaim oleh afiliasi Afghanistan dari kelompok ISIS menewaskan lebih dari 170 orang, termasuk 13 prajurit AS. (RT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X