Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.504 views

Korban Tewas Meningkat Ketika Protes Anti-Kudeta Berlanjut Di Sudan

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Korban tewas di Sudan dari protes anti-kudeta sejak pengambilalihan militer bulan lalu telah meningkat menjadi sedikitnya 40.

"Satu martir meninggal ... setelah dia meninggal karena luka parah setelah terkena peluru tajam di kepala dan kaki pada 17 November," kata Komite Sentral Dokter Sudan yang independen, Sabtu (20/11/2021).

Dia berusia 16 tahun, tambahnya.

Protes pada hari Rabu memprovokasi hari paling mematikan sejauh ini, dengan jumlah korban tewas sekarang mencapai 16, menurut petugas medis.

Sebagian besar dari mereka yang tewas pada Rabu berada di Khartoum Utara, yang terletak di seberang sungai Nil dari ibu kota, kata petugas medis.

Pejabat polisi menyangkal menggunakan peluru tajam dan bersikeras mereka telah menggunakan "kekuatan minimum" untuk membubarkan protes. Mereka hanya mencatat satu kematian, di antara para demonstran di Khartoum Utara.

Pada hari Jum'at, sekelompok kecil pengunjuk rasa berunjuk rasa setelah shalat Jum'at menentang kudeta militer di beberapa lingkungan, terutama di Khartoum Utara, di mana orang-orang terlihat membangun barikade di seberang jalan. Pasukan keamanan secara sporadis menembakkan gas air mata untuk membubarkan mereka.

Asosiasi Profesional Sudan (SPA) telah mendesak pengunjuk rasa untuk melanjutkan kampanye mereka, melaporkan pada hari Jum'at bahwa pasukan keamanan telah "menyerbu rumah dan masjid" di Khartoum Utara.

SPA adalah payung serikat pekerja yang berperan penting dalam demonstrasi selama berbulan-bulan yang menggulingkan presiden Omar al-Bashir pada April 2019.

Pelanggaran HAM

Amerika Serikat pada hari Jum'at mengutuk tindakan keras yang mematikan itu.

"Kami menyerukan mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran dan pelanggaran hak asasi manusia, termasuk penggunaan kekuatan yang berlebihan terhadap pengunjuk rasa damai, untuk dimintai pertanggungjawaban," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah pernyataan.

Washington mengatakan orang Sudan harus "bebas menyuarakan pendapat mereka tanpa takut akan kekerasan", dan menyerukan agar mereka yang ditangkap sejak pengambilalihan itu dibebaskan.

"Sebelum protes yang akan datang, kami meminta pihak berwenang Sudan untuk menahan diri dan mengizinkan demonstrasi damai," tambah AS.

Pengambilalihan militer

Jenderal tertinggi Sudan Abdel Fattah al-Burhan pada 25 Oktober mengumumkan keadaan darurat, menggulingkan pemerintah dan menahan para pemimpin sipil.

Pengambilalihan militer itu menjungkirbalikkan transisi dua tahun ke pemerintahan sipil, menarik kecaman internasional dan tindakan hukuman, serta memprovokasi orang untuk turun ke jalan.

Sudan memiliki sejarah panjang kudeta militer, hanya menikmati selingan pemerintahan demokratis yang jarang terjadi sejak kemerdekaan pada tahun 1956. (TRT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X