Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.166 views

Penulis Novel Ayat-ayat Setan Salman Rushdie Ditikam Dalam Acara Di New York

AMERIKA SETIKAT (voa-islam.com) - Penulis kontroversial Salman Rushdie, yang telah menghadapi ancaman pembunuhan karena novelnya The Satanic Verses atau Ayat-ayat setan, telah ditikam setidaknya sekali di leher dan sekali di perut saat di atas panggung di sebuah acara di negara bagian New York.

Penulis Inggris kelahiran India itu telah diterbangkan ke rumah sakit tetapi kondisinya belum diketahui. Dia masih menjalani operasi.

Pria berusia 75 tahun itu hendak memberikan ceramah ketika seorang pria menyerbu panggung di Chautauqua Institution dan mulai menyerang Salman saat diperkenalkan kepada penonton, menurut saksi mata.

Novelis itu jatuh ke lantai setelah diserang oleh tersangka, yang kemudian dijatuhkan oleh penonton dan anggota staf yang berlari di atas panggung. Tersangka ditangkap oleh polisi negara segera setelah itu dan dia sekarang ditahan.

Dia telah diidentifikasi sebagai Hadi Matar, 24 tahun dari Fairview, New Jersey, yang membeli tiket untuk acara tersebut.

Polisi mengatakan mereka belum mengetahui motif penyerangan itu tetapi mereka yakin dia bertindak sendiri.

Saksi Pilar Pintagro mengatakan kepada Sky News: "Kami sangat ketakutan karena tempat pertama (dia ditikam) ada di leher dan di situlah darah mulai memercik ke mana-mana, lalu dia menikamnya di bahu dan terus menusuk beberapa kali karena itu begitu cepat.

"Orang-orang dari penonton benar-benar melompat ke atas panggung untuk mencoba menjatuhkannya dan Salman berusaha menjauh dari orang ini tetapi dia terus menusuk beberapa kali, dan dia akhirnya ditembaki."

Penulis dibantu oleh seorang dokter yang hadir sebelum layanan darurat tiba.

Polisi mengatakan moderator acara, Henry Reese, mengalami cedera kepala ringan setelah juga diserang.

Saksi lain Julia Mineeva Braun mengatakan kepada Sky News bahwa ketika Salman Rushdie diperkenalkan "tiba-tiba dari sisi kiri panggung seorang pria pendek, (berpakaian) serba hitam, berlari keluar dan dia mendekati Tuan Rushdie".

"Itu sangat cepat ... kami pikir dia sedang memperbaiki mikrofonnya dan kemudian kami melihat pisaunya. Dia mulai menikam lehernya terlebih dahulu ... dan Tuan Rushdie bangkit dan mulai berlari. Kami masih shock. P

ilar Pintagro mengatakan dia mengharapkan keamanan lebih di acara tersebut.

"Tidak terlalu banyak polisi di sekitar," katanya. "Itu sebabnya orang-orang dari penonton melompat ke atas panggung karena kami mengharapkan lebih banyak polisi.

Akhirnya polisi datang dan menembaknya. Tapi polisi butuh waktu lima menit untuk tiba."

Sebuah gambar yang beredar di media sosial muncul menunjukkan Salman Rushdie dengan kaki sedikit terangkat dan seseorang menekan perutnya.

Puluhan penonton hadir dalam acara tersebut.

Dalam sebuah video di Twitter, diambil beberapa baris dari panggung, seorang wanita terdengar berkata: "Mudah-mudahan mereka bisa menyelamatkannya karena pisau pertama tepat di dekat arterinya.

Jeremy Genovese, 68, dari Beachwood, Ohio, mengatakan: "Orang-orang terkejut, banyak orang menangis." Salman Rushdie, yang tinggal di New York City dan menjadi warga negara Amerika pada 2016, akan berbicara dengan Henry Reese, dari organisasi City of Asylum, sebuah program residensi bagi para penulis yang tinggal di pengasingan di bawah ancaman penganiayaan.

Mereka diperkirakan mendiskusikan peran Amerika sebagai suaka bagi penulis dan seniman lain di pengasingan dan sebagai rumah bagi kebebasan berekspresi.

Polisi negara bagian mengatakan: "Sekitar pukul 11 pagi, seorang tersangka pria berlari ke atas panggung dan menyerang Rushdie dan seorang pewawancara. Rushdie diangkut dengan helikoptermemilih ke rumah sakit daerah."

Mereka menambahkan: "Pewawancara mengalami cedera kepala ringan. Seorang polisi negara bagian yang ditugaskan untuk acara tersebut segera menahan tersangka."

Buku keempat Rushdie, The Satanic Verses, dilarang pada tahun 1988 di sejumlah negara Muslim, karena mengandung bagian-bagian yang menghujat Islam.

Negara Timur Tengah menawarkan hadiah lebih dari $3 juta untuk siapa saja yang membunuh penulisnya.

Penerjemah Jepang buku itu ditikam sampai mati pada tahun 1991 dan orang lain yang terlibat dalam penerbitannya diserang. (SN) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X