Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.642 views

Saat Ramadhan Dimulai, Muslim di Cina Hadapi Larangan Puasa, Pemantauan dan Penangkapan

BEIJING, CINA (voa-islam.com) – Saat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, Muslim Cina menghadapi larangan puasa dan tradisi budaya dan agama mereka semakin diserang.

Organisasi Kongres Uighur Dunia melaporkan sejumlah umat Muslim di Cina tidak boleh berpuasa, karena Pemerintah Cina mengancam akan menangkap mereka jika ketahuan menjalankan ibadah puasa.

"Selama Ramadhan, pihak wajib mewajibkan 1.811 desa (di Xinjiang) untuk menerapkan sistem pemantauan sepanjang waktu, termasuk inspeksi rumah terhadap keluarga muslim Uighur, untuk memastikan agar kami tidak melakukan puasa Ramadhan", kata juru bicara Kongres Uighur Dunia Dilshat Rishit.

Seorang pejabat di biro pendidikan daerah Xinyuan juga ikut membenarkan tindakan ekstrimisme yang dilakukan otoritas Cina. Ia menjelaskan orang-orang di bidang pendidikan dan setiap orang dewasa yang bekerja di pemerintah dilarang berpuasa selama Ramadhan.

"Siswa tidak diizinkan berpuasa dan anggota keluarga yang merupakan pegawai negeri juga tidak diizinkan," ujar pejabat di biro pendidikan Xinyuan.

Larangan sebelumnya telah diserukan oleh Pemerintah Cina di bawah Presiden Xi Jinping lewat kampanye "penyatuan etnis" agar para komunitas Muslim, termasuk etnis Uighur patuh terhadap tradisi non-Islam, salah satunya meninggalkan syariat islam seperti minum alkohol dan makan daging babi.

Apabila muslim Uighur tak tunduk akan kebijakan tersebut dan ketahuan menjalankan puasa Ramadhan, otoritas pemerintahan Xi Jinping akan langsung menangkap mereka untuk dimasukan ke kamp – kamp pengasingan.

Pemerintah Cina memandang berbagai kegiatan yang dilakukan umat Muslim sebagai ancaman yang harus diselesaikan melalui asimilasi paksa. Alasan tersebut yang membuat mereka memperketat pergerakan umat muslim sehingga mereka kesulitan melakukan perlawan.

Tak hanya kelompok muslim Uighur, kebijakan ini juga diberlakukan untuk 11,4 juta komunitas Muslim Hui China. Serta umat-umat beragama lainnya mulai dari Kristen hingga Budha.

Radio Free Asia mencatat setidaknya saat ini sudah ada sekitar 1,8 juta warga minoritas Muslim yang ditahan imbas kampanye penyatuan, sebagian dari mereka yang ditangkap ditempatkan di kamp "pendidikan ulang" sementara sisanya terpaksa melakukan pekerjaan kasar.

Tak hanya itu tindakan ekstrimisme ini juga menyasar para minoritas perempuan, kelompok HAM Cina melaporkan para otoriter tak segan-segan melakukan perkosaan, melecehkan seksual, dan sterilisasi paksa di kamp-kamp tersebut.

“Beberapa orang secara sukarela tak menjalankan puasa karena takut, sementara yang lain berpuasa secara diam-diam agar tak ditahan, kata Kamina, seorang Muslim Kazakh Cina.

"Beberapa tempat mengizinkan puasa tetapi kemudian mereka memantau orang-orang itu dan menyebut mereka sebagai fanatik agama, dan mereka ditahan," katanya. (TRB/RFE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 26/02/2024 20:38

HNW: Menag Yaqut Ahistoris!