Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.194 views

Protes Pro-Palestina Landa Kampus-kampus AS Pasca Penangkapan Massal Demonstran

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Universitas Columbia membatalkan kelas tatap muka, puluhan pengunjuk rasa ditangkap di Universitas New York dan Yale, sementara gerbang Harvard Yard ditutup pada Senin (22/4/2024) ketika beberapa universitas di AS berupaya meredam ketegangan terkait perang Israel-Hamas.

Berbagai aksi itu dilakukan menyusul penangkapan pada pekan lalu terhadap lebih dari 100 demonstran pro-Palestina yang melakukan aksi mendirikan tenda di lapangan Universitas Columbia ketika sejumlah kampus kesulitan menentukan batasan antara mengizinkan kebebasan berekspresi sembari mempertahankan kampus tetap aman dan inklusif.

Selain demonstrasi di kampus-kampus Ivy League, aksi mendirikan tenda untuk mendukung Palestina juga bermunculan di kampus-kampus lain, termasuk di Universitas Michigan, Universitas New York, dan Institut Teknologi Massachusetts.

Dalam pernyataan di Instagram pada Senin, pejabat Universitas New York memperingatkan para pengunjuk rasa untuk membersihkan pelataran pada pukul 4 sore (waktu setempat) atau menerima konsekuensi atas aksi tersebut.

Penangkapan massal kemudian dimulai pada sekitar pukul 8.30 malam (waktu setempat), demikian menurut laporan AP.

Sementara itu, BBC juga melaporkan penangkapan di Universitas Yale pada Senin dan pembatalan kelas tatap muka di Universitas Columbia karena kekhawatiran munculnya antisemitisme di kampus.

Protes "mendirikan tenda" serupa juga terjadi di kampus-kampus lain, termasuk Universitas California di Berkeley.

Para pejabat kampus semakin tertekan untuk berupaya meredakan ketegangan di kampus.

Demonstrasi dan debat sengit tentang perang Israel-Gaza, serta kebebasan berbicara telah menjadi isu yang mengguncang kampus-kampus universitas besar di AS sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Para mahasiswa dari kedua belah pihak yang berbeda pendapat mengatakan telah terjadi peningkatan insiden antisemit dan Islamofobia.

Gerakan protes kampus baru-baru ini menjadi sorotan global pekan lalu, setelah polisi Kota New York dipanggil ke kampus Universitas Columbia di New York untuk menangkap puluhan pengunjuk rasa.

Sejak saat itu, ketegangan di kampus kian meningkat di sejumlah institusi AS.

Pada Senin, hampir 50 pengunjuk rasa ditangkap di Universitas Yale di New Haven, Connecticut, di mana demonstrasi telah membengkak menjadi ratusan orang pada akhir pekan.

Universitas tersebut mengatakan mereka yang ditahan telah mengabaikan "berbagai permintaan" untuk bubar.

Banyak dari peserta protes meminta Universitas Yale untuk memangkas investasinya pada produsen senjata militer.

Protes yang dilakukan melalui aksi mendirikan tenda juga dilakukan di sejumlah universitas lain di seluruh negara itu, termasuk Universitas California di Berkeley, Universitas Michigan, Institut Teknologi Massachusetts, Emerson College dan Tufts.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X