Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.719 views

Jaksa ICC Minta Surat Perintah Penangkapan Bagi Para Pemimpin Israel Dan Hamas, Termasuk Netanyahu

DEN HAG, BELANDA (voa-islam.com) - Kepala jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengatakan pada hari Senin (20/5/2024) bahwa dia sedang mencari surat perintah penangkapan bagi para pemimpin Israel dan Hamas, termasuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, sehubungan dengan tindakan mereka selama perang tujuh bulan antara Israel dan Hamas.

Karim Khan mengatakan bahwa dia yakin Netanyahu, Menteri Pertahanannya Yoav Gallant dan tiga pemimpin Hamas – Yahya Sinwar, Mohammed Deif dan Ismail Haniyeh – bertanggung jawab atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Jalur Gaza dan Israel.

Jaksa harus meminta surat perintah tersebut dari panel praperadilan yang terdiri dari tiga hakim, yang membutuhkan waktu rata-rata dua bulan untuk mempertimbangkan bukti-bukti dan menentukan apakah proses persidangan dapat dilanjutkan.

Israel bukan anggota pengadilan, dan bahkan jika surat perintah penangkapan dikeluarkan, Netanyahu dan Gallant tidak menghadapi risiko penuntutan.

Salah satu pengacara ahli yang terlibat dalam permohonan Khan terungkap adalah pengacara hak asasi manusia terkemuka Amal Clooney, Yayasan Keadilan Clooney mengumumkan pada hari Senin tak lama setelah pernyataan ICC.

Amal Clooney yang berkewarganegaraan Inggris-Libanon telah meninjau permohonan Khan bersama panel hakim senior dan pengacara untuk surat perintah penangkapan untuk memastikan apakah surat perintah tersebut memenuhi persyaratan pengadilan internasional, kata yayasan tersebut.

Pengacara tersebut, yang menikah dengan bintang film Amerika George Clooney, telah menghadapi kritik karena sikap diamnya atas perang Gaza dan kekejaman yang dihadapi warga Palestina.

Pengumuman keterlibatannya dalam kasus hukum tersebut menjelaskan mengapa dia belum memberikan komentar apa pun.

Pengumuman Khan memperdalam isolasi Israel ketika negara itu terus melancarkan perang, dan ancaman penangkapan dapat mempersulit para pemimpin Israel untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Beberapa tokoh Israel dan Palestina menyesalkan Khan sejak pengumuman tersebut pada hari Senin. Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan tindakan ICC terhadap para pemimpin Israel adalah "aib bersejarah".

Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir mendesak Netanyahu untuk mengabaikan ICC dan Khan, karena menganggap keduanya antisemit, dan mengatakan perang Gaza harus ditingkatkan sampai Hamas kalah.

Pejabat Organisasi Pembebasan Palestina Wasel Abu Youssef mengatakan kantor kejaksaan yang meminta surat perintah penangkapan bagi para pemimpin Hamas adalah "kebingungan antara korban dan algojo".

“ICC wajib mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap pejabat Israel yang terus melakukan kejahatan genosida di Jalur Gaza,” kata Abu Youssef.

Sinwar dan Deif diyakini berada di Gaza ketika Israel berusaha memburu mereka. Namun Haniyeh, pemimpin politik Hamas, bermarkas di Qatar dan sering bepergian ke seluruh wilayah.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Hamas mengatakan mereka mengecam keputusan ICC yang menyerukan penangkapan para pemimpin seniornya, dan mengatakan bahwa mereka menyamakan “korban dengan algojo”.

Hal ini “melanggar konvensi dan resolusi internasional yang memberikan hak kepada rakyat Palestina dan seluruh bangsa di dunia yang berada di bawah pendudukan untuk melawan pendudukan dalam segala bentuk. Termasuk perlawanan bersenjata, khususnya Piagam PBB, sebagaimana diatur dalam Pasal 51 ."

Ia menambahkan bahwa mereka “menuntut pembatalan semua surat perintah penangkapan yang dikeluarkan terhadap para pemimpin perlawanan Palestina, karena melanggar konvensi dan resolusi PBB.”

Berbicara tentang tindakan Israel, Khan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “dampak dari penggunaan kelaparan sebagai metode peperangan, bersama dengan serangan lain dan hukuman kolektif terhadap penduduk sipil Gaza adalah akut, terlihat dan diketahui secara luas. ... Hal ini termasuk kekurangan gizi, dehidrasi, penderitaan mendalam dan peningkatan jumlah kematian di kalangan penduduk Palestina, termasuk bayi, anak-anak lain, dan perempuan”.

PBB dan badan-badan bantuan lainnya telah berulang kali menuduh Israel menghalangi pengiriman bantuan selama perang. Israel membantah hal ini, dengan mengatakan tidak ada pembatasan bantuan yang masuk ke Gaza dan menuduh PBB gagal mendistribusikan bantuan. Israel telah menutup pintu masuk perbatasan ke Gaza dan menyita jalur penyeberangan Palestina-Israel di Gaza, yang merupakan jalur utama bantuan, sehingga menyebabkan Kairo menutup sisi perbatasannya.

PBB mengatakan pekerja bantuan telah berulang kali mendapat kecaman dari Israel, dan juga mengatakan pertempuran yang sedang berlangsung dan kekosongan keamanan telah menghambat pengiriman bantuan.

Dari tindakan Hamas pada 7 Oktober, Khan yang mengunjungi wilayah tersebut December, mengatakan bahwa dia melihat sendiri “adegan yang menghancurkan dari serangan-serangan ini dan dampak mendalam dari kejahatan tidak masuk akal yang didakwakan dalam permohonan yang diajukan hari ini. Berbicara dengan para penyintas, saya mendengar bagaimana cinta dalam sebuah keluarga, ikatan terdalam antara orang tua dan seorang anak, diubah untuk menimbulkan rasa sakit yang tak terduga melalui kekejaman yang diperhitungkan dan sikap tidak berperasaan yang ekstrim. Tindakan ini menuntut pertanggungjawaban".

Setelah dukungan internasional yang singkat terhadap perangnya, Israel menghadapi kritik yang semakin meningkat seiring dengan berlarut-larutnya perang dan jumlah korban jiwa serta penderitaan warga sipil yang meningkat ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Israel juga menghadapi kasus Afrika Selatan di Mahkamah Internasional yang menuduh Israel melakukan genosida. Israel membantah tuduhan tersebut.

Israel melancarkan perangnya di Gaza sebagai tanggapan atas serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 250 lainnya, yang terjadi setelah berbulan-bulan serangan mematikan Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Serangan Israel telah menewaskan lebih dari 35.000 warga Palestina, setidaknya setengah dari mereka adalah wanita dan anak-anak, menurut perkiraan terbaru pejabat kesehatan Gaza.

Serangan Israel juga telah memicu krisis kemanusiaan di Gaza, menyebabkan sekitar 80 persen populasi mengungsi dan menyebabkan ratusan ribu orang di ambang kelaparan, menurut para pejabat PBB. (TNA/Ab)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X