Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
28.551 views

Merasa Berkuasa karena Wakaf

 

Oleh: Ameena N

Dari banjarmasin.tribunnews.com, beredar video yang memperlihatkan aksi dua orang pria yang sedang berkelahi di dalam masjid hingga jamaah yang hendak melakukan sholat terpaksa menunda ibadah mereka. Diduga keduanya ribut akibat memperebutkan jabatan sebagai pengurus takmir masjid.

Kejadian tersebut terjadi ketika ada pihak yang tidak terima terkait penggantian imam sholat lantas keluarga ahli waris tanah wakaf masjid bersama kelompoknya memaksakan diri menjadi imam padahal jadwal imam shalat sudah disepakati sebelumnya. Sebelumnya telah diupayakan untuk melakukan perdamaian dari kepengurusan ketakmiran masjid, namun hasilnya tetap nihil.

Wakaf berasal dari bahasa arab dengan asal kata waqafa-yaqifu-waqfun yang berarti berhenti atau berdiri. Sedangkan wakaf dalam Islam adalah menahan harta yang mungkin diambil manfaatnya tanpa menghabiskan atau merusakkan bendanya dan digunakan untuk kebaikan. Pertengkaran bisa terjadi salah satunya karena tidak paham akan definisi dari wakaf. Wakaf bukanlah jembatan untuk meraih hal-hal duniawi semacam pujian, kehormatan, atau kedudukan di masyarakat.

Jadi bagaimana bisa, hanya karena tanah wakaf, apa lagi yang mewakafkan itu adalah pendahulu kita, kita jadi merasa memiliki hak untuk diprioritaskan? Kalau sudah diwakafkan berarti siapa pun, entah yang mewakafkan, istrinya, anaknya, cucunya, atau cicitnya, sudah tidak memiliki hak untuk mengakui tanah tersebut sebagai tanah miliknya. Apalagi sampai mengharapkan pengakuan kedudukan dari masyarakat. Kalau mewakafkan tapi menuntut status dan penghormatan di mata manusia, maka tujuannya tidak ikhlas karena Allah.

Masjid menjadi arena tarik ulur kekuasaan. Walau skalanya terkesan temeh, sebatas rebutan pemimpin sholat, namun egonya sama besarnya seperti skala perebutan pemimpin penguasa dunia. Padahal sholat adalah salah satu sarana untuk menyadarkan kita akan posisi kita di mata Allah, dan tujuan hidup kita. Jadi bagaimana bisa sholat dipolitisasi seperti ini?

Karena berebut perihal siapa yang berhak mengimami sholat sampai harus menyakiti saudara muslim lainnya itu aneh sekaligus salah. Esensi ibadah kepada Allah disamakan dengan esensi duniawi. Apa kita tidak malu karena berantem di rumah Allah begitu? Apa tidak malu karena merasa paling berkuasa di hadapan Yang Maha Kuasa?

Allah berfirman, “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman: 18).

Nabi kita sudah memberikan kriteria tentang siapakah yang paling pantas untuk menjadi imam. Yang jelas bukan karena wakaf atau hal-hal yang berbau duniawi.

Dari Abu Mas’ud Al-Anshari (diriwayatkan) ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Telah berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Hendaklah menjadi imam bagi suatu kaum mereka yang lebih pandai dalam bacaan Al-Qur’an, apabila dalam hal ini kemampuan mereka sama, maka didahulukan yang lebih pandai dalam hal Sunnah, apabila dalam hal ini kemampuan mereka sama, maka dalam hal hijrah juga sama, maka didahulukan yang lebih dahulu Islamnya. Janganlah seseorang mengimami orang lain di atas kemuliaannya (tempat yang tertentu untuk tuan rumah), terkecuali dengan izinnya (tuan rumah).” (HR. Muslim dan Ahmad).

Semoga hal ini menjadi pengingat juga untuk kita semua yang walau pun sudah sholat, namun masih memiliki rasa sombong dan kebanggaan yang membutakan. Hal yang patut selalu kita ingat bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah dan dari kasihNya, termasuk dengan kebaikan-kebaikan yang kita curahkan atas nama Allah. Itu semua bisa ada dan terjadi karena kasih sayangNya.

Jadi tidak ada yang bisa kita banggakan dan kita sombongkan. Semoga kebaikan-kebaikan yang sudah kita lakukan tidak membuat kita sombong namun malah membuat kita semakin sadar kekuasaan Allah dan dekat dengan rahmatNya. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X