Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.746 views

Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama Raih Penghargaan Zayed Award 2024

MUHAMMADIYAH.OR.ID, ABU DHABI – Dua organisasi Islam terbesar di Indonesia Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) yang diwakili oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf pada Senin (5/2/2024) malam menerima penghargaan Zayed Award 2024 di Abu Dhabi.

Haedar menyampaikan, Zayed Award 2024 yang diberikan kepada Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama menjadi berkah bagi gerakan dua Ormas Islam terbesar di Indonesia ini.

“Dengan adanya penghargaan ini kami semakin semangat untuk terus bekerja maksimal dalam menjalankan peran kemanusiaan di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional,” tutur Haedar.

Haedar menyebutkan penghargaan Zayed ini Muhammadiyah persembahkan khusus kepada dunia kemanusiaan universal yang bekerja tanpa kenal lelah untuk menciptakan persaudaraan, perdamaian, kebaikan, toleransi, kebijaksanaan dan kemajuan bagi semua orang tanpa diskriminasi.

Sementara Gus Yahya menyampaikan bahwa Dokumen Persaudaraan Manusia yang ditandatangani Grand Syekh Al-Azhar Syekh Ahmad al-Thayyeb dan Paus Fransiskus pada 2019 lalu mencerminkan pandangan pendiri Indonesia dan ulama NU.

“Konsep dokumen persaudaraan umat manusia memang mencerminkan aspirasi para pendiri Indonesia dan para pemimpin NU selama satu abad terakhir,” ujar Gus Yahya. Lebih lanjut, Gus Yahya menyampaikan bahwa Dokumen Persaudaraan Manusia itu menyuarakan aspirasi gerakan NU yang diabadikan Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari 1926 dalam Muqaddimah Qanun Asasi pada 1926.

Selain itu, Gus Yahya juga mengungkapkan bahwa kesatuan hati dan pikiran manusia ketika manusia saling membantu mencapai tujuan bersama adalah faktor terkuat dalam mendorong manusia untuk saling mencintai.

“Dokumen tersebut juga termaktub dalam cita-cita luhur bangsa Indonesia sebagai negara yang merdeka, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Cita-cita luhur persaudaraan umat manusia juga tertuang dalam cita-cita nasional Republik Indonesia yakni persatuan dan mengakui keberagaman,” jelas Gus Yahya.

Sekretaris Jendral Zayed Award for Human Fraternity, Hakim Mohamed Abdelsalam, menyampaikan bahwa menjelang Hari Persaudaraan Manusia Internasional, pihaknya memperoleh tiga penerima penghargaan yang benar-benar memberikan teladan untuk mewujudkan nilai-nilai yang tertuang dalam Dokumen Persaudaraan Manusia.

“Zayed Award telah menetapkan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, Profesor Sir Magdi Yacoub, dan Sister Nelly Leon Correa sebagai pemenang prestisius penghargaan tersebut. Pilihan ini mencerminkan pengakuan atas kontribusi mereka yang luar biasa dalam mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan yang dijunjung tinggi oleh Dokumen Persaudaraan Manusia,”tuturnya.

Acara ini menjadi panggung bagi penghargaan kepada tokoh-tokoh yang tidak hanya memberikan inspirasi melalui tindakan nyata mereka, tetapi juga menjadi contoh bagi masyarakat internasional dalam memperjuangkan nilai-nilai persaudaraan dan perdamaian.

Dengan penekanan pada makna Hari Persaudaraan Manusia Internasional, Zayed Award 2024 memberikan penghormatan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pemenang yang telah berperan besar dalam membangun dunia yang lebih bersatu dan damai. (MHDY)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X