Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
21.818 views

Apakah Agama Ini Akan Digerogoti Sedangkan Aku Masih Hidup?

Oleh: Ustadz Abu Hamzah al-Bassam

Apakah agama ini akan digerogoti sedangkan aku masih hidup?? Itulah kata-kata yang diucapkan oleh Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallahu ‘anhu dalam kondisi umat Islam yang paling genting, yaitu sebagaimana komentar Urwah bin Zubair radhiyallahu ‘anhu: “Kondisi tersebut adalah seperti domba yang kehujanan ditengah malam yang gelap, karena umat Islam ketika itu sedang kehilangan Nabi mereka Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, karena jumlah mereka sedikit dan justru jumlah musuh begitu banyak”.

Abu Bakar ash-Shidiq mengucapkannya ketika sebagian kabilah menolak untuk membayar zakat sepeninggal Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Ketika itu Abu Bakar sendiri tidak habis pikir, bagaimana mungkin agama ini akan digerogoti sedangkan beliau masih hidup. Beliau mengucapkannya dengan rasa yakin bahwa setiap orang diantara kita bertanggung jawab untuk menolong agama, dan hanya orang yang peduli lagi sibuk dalam menolong agama lah yang mungkin untuk merubah situasi.

Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallahu ‘anhu kemudian berdiri seraya berkata: “Sungguh, wahyu telah terputus dan agama telah sempurna, maka apakah agama ini akan digerogoti padahal saya masih hidup?!”.

Abu Bakar tetap memerangi orang-orang murtad tanpa mengatakan bahwa kondisinya saat itu sedang sulit, para sahabat sedang bersedih dan para tentara dalam kondisi tidak fit. Justru beliau melihat bahwa kesempurnaan agama dan menjaga keutuhan syariat Ar-Rahman sebagaimana ketika diturunkan kepada Rasul adalah hal prinsip. Maka, terjadilah pertempuran melawan orang-orang murtad sehingga agama ini tetap terjaga dan kekuatan kabilah-kabilah pembangkang bisa dihancurkan.

Tetapi, kata-kata ini bukan hanya menjadi batu loncatan dalam memerangi orang-orang murtad saja, namun hal ini adalah prinsip hidup para sahabat dan tabi’in serta generasi yang mengikuti kebaikan mereka hingga hari kiamat.

Kata-kata Abu Bakar ini dikemudian hari juga menjadi slogan Imam Ahmad bin Hambal pada hari ujian dianggapnya Al-Qur’an sebagai makhluk. Beliau seorang diri tetap tegak berdiri sebagaimana Abu Bakar, sehingga Al-Hafidz Ali bin Al-Madiny berkata: “Sungguh Allah telah memuliakan agama ini dengan dua orang lelaki, dan tidak ada yang ketiga. Yaitu Abu Bakar pada waktu hari kemurtadan dan Ahmad bin Hanbal pada hari ujian (Al-Qur’an dianggap sebagai makhluk)”.

Ujian Bahwa Al-Qur’an Dianggap Makhluk

Ujian ini terjadi setelah Al-Makmun menjabat sebagai khalifah, dan terpengaruh oleh pemikiran Mu’tazilah serta mendekatkan mereka kepadanya. Akhirnya Al-Makmun pun mengadopsi aqidah yang rusak ini, yaitu beranggapan bahwa Al-Qur’an adalah makhluk.

Al-Makmun memerintahkan tentaranya untuk menangkap Imam Ahmad dan Muhammad bin Nuh agar dibawa kehadapannya. Maka kedua ulama tersebut dibawa dalam keadaan dirantai pada satu onta. Dan Muhammad bin Nuh meninggal ditengah jalan di Thursus sebelum sampai tempat Al-Makmun.

Namun, ujian bagi Imam Ahmad belum berhenti. Setelah kematian Al-Makmun, diangkat Al-Mu’tashim sebagai khalifah, dan diapun berkeyakinan menyimpang seperti bapaknya. Al-Mu’tashim minta Imam Ahmad dikeluarkan dari penjara dan dibawa kehadapannya, lalu dihadapkan untuk diskusi dengan ulama penguasa. Perdebatan ini berlangsung selama 3 hari. Imam Ahmad tetap teguh dan tegas dengan ucapannya, dan beliau rahimahullah tidak takut dengan kekerasan dari penguasa.

Al-Mu’tashim memerintahkan untuk menyiksanya, dan para tentara berulang kali menyiksa dan bergantian mencambuk Imam Ahmad, lalu mengurungnya kembali, dan ketika Imam Ahmad sadar dari pingsannya, beliau dapati daging dipunggungnya berjatuhan, tulang rusuk dan tangan beliau sudah patah.

Tidaklah aneh jika ujian yang dialami Imam Ahmad kala itu akan menimpa orang-orang sholeh dan penegak syariat hari ini yang tetap komitmen dan istiqomah dalam memegang tauhid dan dengan memegang kebenaran agama Allah, meskipun mereka dijuluki teroris dan julukan lainnya.

Sebagaimana perkataan Waroqoh bin Naufal kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, “Tidak ada seorangpun yang datang membawa seperti yang engkau dakwahkan pasti akan dimusuhi”.

Sebagaimana Imam Ahmad yang teguh dengan kebenaran, maka dilain pihak ada ulama penguasa yang membungkuk ke kursi penguasa untuk menjilatnya, dan tidak pernah sepi satu zamanpun dengan tipe penguasa dan ulama penguasa seperti ini. Mereka datang dan meminta kepada Al-Mu’tashim untuk membunuh Imam Ahmad agar bisa membungkam kebenaran yang membuat mereka tidak bisa tidur karenanya. Namun kehinaan meliputi mereka ketika mereka berkata, “Kami membunuh Imam Ahmad dan darahnya ada di leher-leher kami.”

Pertanyaannya sekarang: “Apakah agama ini akan digerogoti dan engkau masih hidup?”

Sebelum engkau menjawab pertanyaan ini, ulang terus jawaban itu pada hatimu, perhatikanlah kewajibanmu terhadap agamamu, maka engkau akan mengatakan kepadaku, apa yang mungkin bisa aku perbuat??!! Sungguh Allah T’ala telah berfirman dalam kitab-Nya yang mulia,

لا تكلف إلا نفسك و حرض المؤمنين

Tidaklah dibebankan kecuali dirimu dan doronglah kaum Mukminin untuk berperang”.

Adapun dirimu diperintahkan untuk menyampaikan kebenaran dan membela dien ini, maka hendaklah engkau tolak kedzaliman dan kerusakan dengan tanganmu. Jika engkau tidak mampu menolak dengan lisanmu dan penamu, maka jelaskan kebenaran kepada manusia dan jadikanlah mereka semua tentara dibawah panji “LAA ILAAHA ILLALLAH”. Bisa jadi penjelasanmu menjadi sebab terbukanya hidayah Allah bagi orang lain sehingga menjadi dasar prinsip generasi yang akan datang dalam membebaskan umat.

Janganlah engkau meremehkan dalam menyebarkan nasehat. Imam Ahmad disiksa dan Sayyid Quthub dihukum gantung karena sebab tulisan-tulisan dan nasehatnya kepada umat, maka janganlah engkau meremehkan nasehat. [PurWD/AbuAisyah/AkhlakMulia/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Jihad Fie Sabilillah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Warga Yogya Harap Anies Jadi Presiden Penerus Jokowi

Warga Yogya Harap Anies Jadi Presiden Penerus Jokowi

Rabu, 05 Oct 2022 07:47

Sampaikan Duka Cita, Yusril Dorong Komnas HAM Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Sampaikan Duka Cita, Yusril Dorong Komnas HAM Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Rabu, 05 Oct 2022 07:41

Wanita Boleh Membaca Dzikir Pagi dan Sore Hari?

Wanita Boleh Membaca Dzikir Pagi dan Sore Hari?

Rabu, 05 Oct 2022 05:38

Tragedi Besar Akibat Suporter Tak Siap Kalah dan Polisi Represif

Tragedi Besar Akibat Suporter Tak Siap Kalah dan Polisi Represif

Selasa, 04 Oct 2022 10:51

Anies Baswedan Resmi Jadi Bakal Capres, Fahira Idris: Kawal dari Upaya Dugaan Penjegalan

Anies Baswedan Resmi Jadi Bakal Capres, Fahira Idris: Kawal dari Upaya Dugaan Penjegalan

Selasa, 04 Oct 2022 09:12

Ribuan Warga Rusia Yang Dimobilisasi Untuk Perang Di Ukraina Dipulangkan Karena Tidak Layak Bertugas

Ribuan Warga Rusia Yang Dimobilisasi Untuk Perang Di Ukraina Dipulangkan Karena Tidak Layak Bertugas

Senin, 03 Oct 2022 23:15

BPOM: Vaksin Covid-19 Dalam Negeri Sudah Tersertifikasi Halal

BPOM: Vaksin Covid-19 Dalam Negeri Sudah Tersertifikasi Halal

Senin, 03 Oct 2022 23:06

MUI Jatim Beri Dukungan Spiritual untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

MUI Jatim Beri Dukungan Spiritual untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Senin, 03 Oct 2022 21:14

Indonesia Masuk 100 Negara Paling Miskin di Dunia, Ini Tanggapan Legislator PKS

Indonesia Masuk 100 Negara Paling Miskin di Dunia, Ini Tanggapan Legislator PKS

Senin, 03 Oct 2022 20:49

Kelompok Hak Asasi: Israel Tahan Hampir 800 Warga Palestina Tanpa Pengadilan

Kelompok Hak Asasi: Israel Tahan Hampir 800 Warga Palestina Tanpa Pengadilan

Senin, 03 Oct 2022 19:15

Hasbulla 'Mini Khabib' Magomedov Tandatangani Kesepakatan 5 Tahun Dengan UFC

Hasbulla 'Mini Khabib' Magomedov Tandatangani Kesepakatan 5 Tahun Dengan UFC

Senin, 03 Oct 2022 18:35

Partai Gelora Dorong Pihak yang Bertanggungjawab atas Tragedi Kanjuruhan Diproses Hukum

Partai Gelora Dorong Pihak yang Bertanggungjawab atas Tragedi Kanjuruhan Diproses Hukum

Senin, 03 Oct 2022 17:11

The Worldview of Islam: Kacamata Jernih Muslim Memandang Dunia

The Worldview of Islam: Kacamata Jernih Muslim Memandang Dunia

Senin, 03 Oct 2022 13:30

Dokter Paru: Rokok Elektrik Bukan Rokok yang Sehat

Dokter Paru: Rokok Elektrik Bukan Rokok yang Sehat

Senin, 03 Oct 2022 12:44

NasDem Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres

NasDem Umumkan Anies Baswedan sebagai Capres

Senin, 03 Oct 2022 11:17

Tragedi Kanjuruhan, Haedar Nashir: Satu Jiwa Saja Sangat Berharga yang Harus Dijaga

Tragedi Kanjuruhan, Haedar Nashir: Satu Jiwa Saja Sangat Berharga yang Harus Dijaga

Senin, 03 Oct 2022 09:31

Tenaga Ahli DPR RI Ajak Melek Menulis Berita

Tenaga Ahli DPR RI Ajak Melek Menulis Berita

Senin, 03 Oct 2022 07:38

Mari Bantu Operasional Dakwah Media Voa Islam

Mari Bantu Operasional Dakwah Media Voa Islam

Senin, 03 Oct 2022 07:13

Dokter Ungkap Syarat untuk Turunkan Kasus Kanker di Indonesia

Dokter Ungkap Syarat untuk Turunkan Kasus Kanker di Indonesia

Senin, 03 Oct 2022 06:41

JAS: Sepak Bola Harus Menjadi Hiburan Bukan Tragedi yang Memilukan

JAS: Sepak Bola Harus Menjadi Hiburan Bukan Tragedi yang Memilukan

Ahad, 02 Oct 2022 21:55


MUI

Must Read!
X