Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.326 views

Inilah 24 Fakta Palestina dan Israel yang Jarang Terungkap

 
 
(voa-islam.com)- Di bawah ini tulisan Rahmadiyanti Rusdi yang diambil dari akun facebooknya. Bagus untuk menjadi penambah wawasan tentang apa yang terjadi di Palestina dari rangkuman yang dia tuliskan berdasarkan link video yang tercantum di bawah ini. Selamat membaca.
 
Sebagai traveler saya suka menonton video-video perjalanan para traveler lain. Favorit saya adalah Rick Steves dan Joanna Lumley. Mereka memberi insight menarik dan memotret sebuah destinasi dari sudut pandang berbeda.
 
Khusus Rick Steves, rasanya hampir semua video-video perjalanannya sudah saya tonton di YouTube. Rick Steves juga pernah ke Palestina. Dia melakukan perjalanan di Palestina (dan Israel) selama dua minggu, antara lain ke Yerusalem, Betlehem, Ramallah, dan Hebron. Setelah kembali ke AS dari perjalanan tersebut, Rick melakukan presentasi tentang Palestina di beberapa kota di AS. Tujuannya selain memberi gambaran lebih utuh dari video-video perjalanannya, juga penggalangan dana untuk Bright Stars Bethlehem, sebuah organisasi non profit yang mempromosikan perdamaian dan keadilan di Palestina. Video presentasi ini direkam di Grace Lutheran Church, Palo Alto.
 
Berikut yang dapat saya rangkum dari presentasi Rick Steves di video ini, yang menurut saya banyak hal menarik yang Rick sampaikan. Lumayan panjang padahal cuma rangkuman. Sebagai catatan, Rick adalah warga AS, mendukung two-states solution, dan berusaha tidak mendukung salah satu (Israel atau Palestina). Dia ingin perdamaian. Meski begitu dari pemaparannya, terlihat sebenarnya dia frustrasi dengan Israel.
 
Mestinya video ini ditonton oleh traveler influencer yang diundang oleh Israel 1,5 tahun lalu dan sebagian menyebar mis & disinformasi tentang Palestina termasuk bujan (lebih parah). Kalau dari penerawangan saya, si bujan diundang oleh institusi yang sama.
Oke, untuk lebih jelas tonton videonya langsung di sini --> https://youtu.be/4JAQJ16W6wg.
 
Mohon maaf kalau ada terjemahannya kurang tepat atau salah.
1. Pemerintah AS menyumbang/investasi dana untuk warga Israel per orang, lebih besar dibanding untuk warga Amerika Serikat sendiri.
 
2. Rick tidak bisa menayangkan acaranya di TV (salah satunya di New York) karena menyebut kata "Palestine".
 
3. Ketika holocaust berakhir dan negara Isr43l berdiri pada 1947, jumlah orang Yahudi yang tewas pada holocaust sama dengan jumlah warga Yahudi di Palestina sekarang.
 
4. Slogan mereka kala itu: A land without a people for a people without a land. Tapi mereka lupa... faktanya saat itu, tanah yang mereka masuki itu ada orangnya. Banyak. Mereka (orang Palestina) sudah ada di sana sejak ribuan tahun. Lalu tiba-tiba saja mereka (orang Palestina) terusir. Mereka terusir dari kampung halaman mereka.
 
5. Penyebutan "teroris" atau "pejuang kemerdekaan/kebebasan" untuk orang Palestina, tergantung pada sisi mana kita berdiri.
 
6. Tidak memasukkan Gaza dalam presentasi ini karena lebih complicated, lebih bikin marah.
 
7. Rick menayangkan metamorfosis peta Palestina yang sejak 1946 makin menyusut (foto 1)
 
8. Sebelum tahun 1967, seluruh dataran tinggi Palestina dikuasai oleh Muslim Arab. Setelah 1967 (saat Isr43l memenangi perang), mereka mulai menguasai, hingga kini. Semua dataran tinggi mereka kontrol.
 
9. Tepi Barat sebenarnya milik Palestina, tapi sejak 1967, Israel memindahkan hampir setengah juta populasi orang Yahudi secara bertahap ke Tepi Barat. Mereka dibangunkan perumahan di bukit, rumah-rumah besar & indah dengan sekuriti ketat. Mereka rata-rata bekerja di Tel Aviv.
 
10. Mereka (warga Yahudi) tak perlu melewati border crossings, sebaliknya adalah keharusan bagi tapi warga Palestina. Ini adalah cara Israel membuat frustrasi warga Palestina. Ratusan bahkan ribuan pelintas Palestina tiap hari harus melewati border crossings ke tempat mereka bekerja/mencari nafkah. Seringkali hanya ada 3 tentara Israel yang berjaga. Itupun yang dua santai minum teh dan hanya satu tentara yang mengecek warga Palestina yang akan melintas. Bukan hanya berjam-jam tapi kadang seharian, dan belum tentu mereka dapat melintas.
 
11. Sangat terlihat jelas perbedaan perumahan warga Isr43l dengan warga Palestina di Tepi Barat. Rumah-rumah warga Isr43l besar-besar dengan pengamanan maksimal. Sedang rumah-rumah warga Palestina dapat ditandai dengan tandon air yang berwarna hitam. Supply air dikuasai Isr3el sehingga bila Isr43l sedang ingin mematikan akses air, ya mereka bakal mematikan begitu saja. Hal tsb membuat warga Palestina mengais-ngais air. Air yang sedikit kemudian terkena panas, bikin tandon air menghitam.
 
12. Ada sebuah poster tentang promosi tur di Palestina, yang hingga kini masih ada dan saya (Rick) suka sekali dengan poster ini. Poster ini sudah berusia lebih dari 100 tahun. Jadi kalau ada yang bilang Palestina baru ada belakangan, poster ini membuktikan sebaliknya. (foto 2)
 
13. Ada satu hal menarik di Betlehem, yang memiliki populasi orang Kristen paling banyak. Otoritas Palestina menentukan bahwa walikota harus orang Kristen. Jadi meski (andai) hanya ada satu warga beragama Kristen di Betlehem, maka dialah sang walikota.
 
14. Terkait sumber air, dari peta ini terlihat jelas Palestina sama sekali tidak menguasai sumber air, tidak sungai, tidak Laut Mati, tidak Laut Mediterania (foto 3). Semua dikontrol Isr4el (Isr43l emang sialan, ini saya yang ngomong, bukan Rick)
 
15. Palestina benar-benar negeri terkunci, tak punya bandara, tak punya kontrol terhadap perbatasan. Membuat Palestina tidak bisa membangun perekonomian. Kalaupun mau mencoba, tak akan bisa mendapatkan perdagangan yang adil.
 
16. Israel membagi wilayah jajahannya di Tepi Barat menjadi 3 zona: A, B, & C. Zona A wilayah kecil yang diatur secara otonomi oleh otoritas Palestina. Zona B dan C sepenuhnya dikontrol Isr43l & hampir tak ada manusia yang menghuninya, hanya hewan ternak & jalan raya. Efeknya apa? Bila terjadi "masalah" di zona A, Isr43l dengan mudah dapat mengunci semua negeri, dengan hanya menutup zona B dan C. Tak ada pergerakan karena otomatis jalan tertutup dan tak ada aktivitas.
 
17. Israel melakukan sesuatu yang pintar, ehm lebih tepat semacam "mean-spirited things". Mereka secara grand design ingin membuat orang Palestina frustrasi. Jika saya (Rick) tinggal di sana, saya tentu kesal banget. (Saya: Sama, Rick, mereka bukan pintar tapi licik, busuk, jahat pangkat 1000).
 
18. Bicara soal "tembok pemisah", ada sebuah kontradiksi. Dari sisi Isr43l terlihat baik-baik saja, tapi dari sisi Palestina, tembok itu merupakan art gallery, sesuatu yang pedih (foto 4)
 
19. Infrastruktur Isr43l sangat bagus, sama dengan di sini (Amerika Serikat). Seakan mereka memiliki semua uang di dunia untuk membangun infrastruktur tsb. Oh ya, salah satunya tentu saja karena mereka dapat uang pajak kita warga AS (foto 5)
 
20. Di Hebron jumlah tentara jauh lebih banyak dari warga Isr43l. Mereka tinggal di kondominium yg dibangun pemerintah Isr43l, yang di bawahnya terdapat pasar dan pemukiman warga Palestina. Dan mereka dengan seenaknya buang sampah ke bawah, sehingga warga Palestina membuat jaring (foto 6 & 7).
 
21. Jalan-jalan utama di Hebron ditutup oleh Isr43l, tak ada aktivitas di sana (foto. Masjid Ibrahim--makam Nabi Ibrahim (& istri, Sarah, Nabi Ishak & Ribqah, serta Nabi Yaqub & Liyah), dibagi 2 (foto 9). Sebagian masjid, sebagian sinagog (saya: tepatnya diduduki Isr43l, Om Rick)
 
22. Pada 1994 bulan Ramadhan, seorang warga Isr43l, Baruch Goldstein, melakukan pembantaian. Menembaki warga Hebron yang sedang shalat berjamaah di Masjid Ibrahim. 29 tewas (versi lain: 40 tewas dan puluhan lain luka-luka).
 
23. Ada monumen "kunci" yang dibangun di beberapa kota di Palestina. Pada 1947 warga Palestina yang terusir dari kampung halamannya membawa kunci rumah mereka, berharap dapat kembali & menempati lagi rumah mereka. Tapi hingga kini tidak terjadi. (foto 10 & 11)
 
24. Mereka (para orangtua) tak dapat kembali ke rumah mereka. Lalu mewariskan kunci-kunci tsb pada anak mereka. Monumen Kunci adalah simbol. Warga Palestina mungkin sadar rumah mereka telah dibuldoser oleh Israel, untuk memberikan "rumah" bagi warga Yahudi setelah holocaust.
 
Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Dapur Darurat: Berbagi Makanan untuk Isoman Penyintas Covid. Ayo Bantu..!!!

Dapur Darurat: Berbagi Makanan untuk Isoman Penyintas Covid. Ayo Bantu..!!!

Lonjakan Covid meningkat tajam, Indonesia menempati nomor 1 di dunia dalam kasus harian dan kematian. Para penyintas Corona yang jalani isolasi butuh uluran tangan. Mari berbagi makanan siap...

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Latest News
On Cam Sebagian dari Adab

On Cam Sebagian dari Adab

Sabtu, 24 Jul 2021 22:26

Seorang Imam Masjid Di Prancis Dipecat Karena Kutipan Ayat Dan Hadits Selama Khutbah Idul Adha

Seorang Imam Masjid Di Prancis Dipecat Karena Kutipan Ayat Dan Hadits Selama Khutbah Idul Adha

Sabtu, 24 Jul 2021 21:55

Prof Huzaemah Wafat, MUI: Kita Lanjutkan Kaderisasi Ulama Perempuan

Prof Huzaemah Wafat, MUI: Kita Lanjutkan Kaderisasi Ulama Perempuan

Sabtu, 24 Jul 2021 21:26

Taliban Sebut Kendalikan 90 Persen Perbatasan Afghanistan

Taliban Sebut Kendalikan 90 Persen Perbatasan Afghanistan

Sabtu, 24 Jul 2021 21:25

Pejabat Saudi: Jamaah Tidak Perlu Melakukan Tes COVID-19 Dan Isoman Sepulang Haji

Pejabat Saudi: Jamaah Tidak Perlu Melakukan Tes COVID-19 Dan Isoman Sepulang Haji

Sabtu, 24 Jul 2021 21:10

Fraksi PKS Minta Pemerintah Hentikan Impor Vaksin Sinovac Sebelum Ada Evaluasi Menyeluruh

Fraksi PKS Minta Pemerintah Hentikan Impor Vaksin Sinovac Sebelum Ada Evaluasi Menyeluruh

Sabtu, 24 Jul 2021 20:06

Politisi NasDem Minta Pemerintah Tutup Pintu Masuk TKA Tanpa Pandang Bulu

Politisi NasDem Minta Pemerintah Tutup Pintu Masuk TKA Tanpa Pandang Bulu

Sabtu, 24 Jul 2021 19:51

Ketum PP Muhammadiyah Ungkap Lima Virus Pendidikan Nasional Indonesia

Ketum PP Muhammadiyah Ungkap Lima Virus Pendidikan Nasional Indonesia

Sabtu, 24 Jul 2021 19:07

Pejabat Afghanistan: Jam Malam Diberlakukan Di 31 Provinsi Untuk Batasi Gerak Taliban

Pejabat Afghanistan: Jam Malam Diberlakukan Di 31 Provinsi Untuk Batasi Gerak Taliban

Sabtu, 24 Jul 2021 19:03

Anis: Bank Syariah Indonesia Harus Mencapai Target Tanpa Meninggalkan Umat

Anis: Bank Syariah Indonesia Harus Mencapai Target Tanpa Meninggalkan Umat

Sabtu, 24 Jul 2021 18:51

Agar Tercipta Herd Imunity, Pemerintah Didesak Segera Sediakan Vaksin Merata di Seluruh Daerah

Agar Tercipta Herd Imunity, Pemerintah Didesak Segera Sediakan Vaksin Merata di Seluruh Daerah

Sabtu, 24 Jul 2021 09:28

Hebat! Sekolah Muhammadiyah Ini Raih 88 Prestasi pada Awal Tahun Ajaran 2021/2022

Hebat! Sekolah Muhammadiyah Ini Raih 88 Prestasi pada Awal Tahun Ajaran 2021/2022

Sabtu, 24 Jul 2021 08:26

Judoka Alzajair Mundur Dari Olimpiade Tokyo Setelah Menolak Bertarung Dengan Pejudo Israel

Judoka Alzajair Mundur Dari Olimpiade Tokyo Setelah Menolak Bertarung Dengan Pejudo Israel

Jum'at, 23 Jul 2021 22:29

Kelompok HAM: Iran Gunakan Kekuatan Melanggar Hukum Dan Berlebihan Terhadap Protes Krisis Air

Kelompok HAM: Iran Gunakan Kekuatan Melanggar Hukum Dan Berlebihan Terhadap Protes Krisis Air

Jum'at, 23 Jul 2021 22:00

Bimas Islam: Prof Huzaemah Tahido Yanggo Perempuan Intelektual yang Patut Diteladani

Bimas Islam: Prof Huzaemah Tahido Yanggo Perempuan Intelektual yang Patut Diteladani

Jum'at, 23 Jul 2021 21:19

Untuk Pertama Kalinya Tentara Wanita Saudi Dikerahkan Untuk Pengamanan Ibadah Haji

Untuk Pertama Kalinya Tentara Wanita Saudi Dikerahkan Untuk Pengamanan Ibadah Haji

Jum'at, 23 Jul 2021 21:00

Naftali Bennet Bersumpah Bawa Pulang Warga Dan Mayat Tentara Israel Yang Ditahan Hamas

Naftali Bennet Bersumpah Bawa Pulang Warga Dan Mayat Tentara Israel Yang Ditahan Hamas

Jum'at, 23 Jul 2021 20:20

Komisi IX Ingatkan Pemerintah Soal Bom Waktu Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Komisi IX Ingatkan Pemerintah Soal Bom Waktu Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Jum'at, 23 Jul 2021 20:14

Dewan Dakwah Aceh Salurkan Daging Kurban untuk 440 Keluarga Kurang Mampu dan Muallaf

Dewan Dakwah Aceh Salurkan Daging Kurban untuk 440 Keluarga Kurang Mampu dan Muallaf

Jum'at, 23 Jul 2021 19:35

Ketika Nyawa Jadi Tumbal Kebijakan Penguasa di Tengah Wabah

Ketika Nyawa Jadi Tumbal Kebijakan Penguasa di Tengah Wabah

Jum'at, 23 Jul 2021 15:00


MUI

Must Read!
X