Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.747 views

Takutkah Orang Dzalim Kepada Pengadilan Akhirat?

Oleh: K.H. Athian Ali M.Da'i, Lc. M.A.**

Bagi orang yang beriman, tentu akan berfikir beribu-ribu kali untuk berbuat dzalim. Jangankan dalam bentuk dzalimun linafsihi wa lighairihi - mendzalimi diri sendiri dan orang Iain - sekedar dzalimun linafsihi mendzalimi hanya diri sendiri - sekalipun telah membuat Adam dan Siti Hawa bersegera bertaubat dalam doa mereka:

Alloh, sungguh kami berdua telah mendzalimi diri kami sendiri. Andaikata Engkau tidak mengampuni kami, maka niscaya kami akan termasuk orang-orang yang merugi (Q.S. A'raaf 23) di dunia dan di akhirat nanti.

Azab bagi orang yang berbuat dzalim itu pasti. Jika tidak di dunia dan di akhirat, maka pasti di akhirat. Karenanya, manusia bisa saja membuat keputusan apapun di dunia (Q.S. Tha-ha 72) namun yang seharusnya disadari oleh setiap manusia, bahwasanya Alloh SWT tidaklah lalai terhadap apa yang diperbuat oleh orang-orang dzalim.

Jika orang-orang dzalim itu tidak segera memperoleh azab di dunia, maka itu artinya Alloh SWT menangguhkan azab-Nya (Q.S. Ibrahim: 42)

Masalahnya, apakah orang-orang dzalim itu takut kepada pengadilan akhirat?
Sama sekali tidak! karena setan yang telah menguasai dirinya, berhasil membuat kedzaliman itu seakan-akan sesuatu yang baik, benar dan adil (Q.S. Faathir: 8, Muhammad: 14)

Orang- orang semacam ini bukan hanya saja telah dirasuki setan sehingga Alloh SWT menyesatkan mereka, tapi sifat-sifat syaitani benar-benar telah menguasai hawa nafsu dan diri mereka.

Alloh SWT sudah mengingatkan, bahwasanya kedzaliman dan kemaksiatan dalam bentuk apapun jika dilakukan maka ia ibarat nuktah "titik" hitam dalam qalbu seseorang.

Ketika kedzaliman itu sudah sangat sering dilakukan maka ia akan Roona (Q.S .AI Muthaffifiin: 14) menjadi gumpalan hitam yang menutupi qalbunya, sehingga sudah sangat sulit sekali bagi cahaya hidayah untuk menembusnya.

Seorang Ulama besar di abad 7 H, Ibnu AI-Qayyim AI Jauziyyah murid utama dari Ibnu At Taimiyyah , menggambarkan hal ini dalam Syifa AI Alil:

"Semua orang dzalim, pelaku dosa dan fasik pasti akan Allah tampakkan kepadanya kedzaliman, maksiat dan kefasikan itu sebagai sesuatu yang buruk. Namun karena (hawa nafsu) yang bersangkutan telah merasa nyaman melakukannya, maka pandangan buruk itu terangkat dari hatinya sehingga dia malah melihatnya sebagai sebuah kebaikan, dan itulah hukuman Alloh SWT baginya.

Keburukan itu hanya akan terbuka dengan cahaya Allah dalam hati yang nanti akan menjadi hujjah (alasan) Allah untuk menghukum dirinya.

Jika yang bersangkutan betah dan nyaman dalam kedzaliman dan kesesatan, maka cahaya itu pun akan sirna, sehingga keburukan itu tak terlihat lagi karena berada dalam kegelapan kejahilan, dosa dan kedzaliman."

**) Ketum Forum Ulama Ummat Indonesia (FUUI) / Ketum Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X