Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.181 views

Analis: Kematian Pemimpin Wagner Untungkan Barat, Timbulkan Ancaman Bagi Rusia

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Yevgeny Prigozhin, ketua Grup Wagner, diperkirakan tewas dalam kecelakaan pesawat tepat dua bulan setelah dia memimpin pemberontakan yang gagal melawan Kremlin.

Salah satu pendiri Wagner selain Progozhin, Dmitry Utkin, termasuk di antara 10 penumpang jet pribadi yang jatuh di utara Moskow pada hari Rabu, dan tidak ada satupun yang diyakini selamat.

Menggambarkan Prigozhin sebagai “musuh sempurna bagi semua orang”, pakar International Crisis Group Oleg Ignatov mengatakan kepada Anadolu bahwa kematiannya akan menguntungkan Barat.

Dia menunjukkan bahwa Prigozhin adalah “musuh Barat yang sangat sukses di Afrika.”

“Banyak rezim otoriter di Afrika bertanya kepadanya tentang jasanya, dan jasanya di beberapa negara Afrika sangat diminati. Tentu saja, jika Prigozhin lenyap atau organisasi Wagner lenyap, maka Barat akan mendapat manfaatnya,” ujarnya.

“Pertama-tama, Prancis, tentu saja, karena Prigozhin sebagian besar berperang melawan kehadiran Prancis di negara-negara Afrika dan operasinya yang paling sukses adalah di bekas jajahan Afrika.”

Dia mengatakan pemimpin Wagner bukanlah seseorang yang “ingin dilihat oleh Barat selain (Presiden Rusia) Vladimir Putin.”

Prigozhin juga merupakan “musuh” Putin, jelas Ignatov, analis senior Crisis Group untuk Rusia.

“Dia tidak menyalahkan Prigozhin secara langsung atas pemberontakan tersebut. Tapi tentu saja dia menyalahkan kelompok Wagner,” ujarnya.

Sejak kecelakaan pesawat tersebut, banyak orang di dunia yang berspekulasi tentang peran Putin.

Hal ini semakin dipicu oleh diamnya pemerintah Rusia, menurut Ignatov, merujuk pada tidak adanya pernyataan apa pun dari Kremlin atau tokoh senior lainnya.

“Kami berada dalam situasi di mana semua orang memahami siapa yang berada di balik ini,” katanya.

Di AS, Presiden Joe Biden menanggapi pertanyaan tentang kecelakaan itu dengan mengatakan bahwa “tidak banyak hal yang terjadi di Rusia yang tidak diikuti oleh Putin.”

“Jadi, dia (Biden) mengatakan bahwa Putin terlibat dalam banyak hal di Rusia sehingga sulit untuk mengatakan bahwa dia tidak terlibat dalam situasi ini,” kata Ignatov.

Menurut analis tersebut, hal tersebut merupakan respons yang “sangat cerdas” karena AS memahami bahwa Rusia “benar-benar berbeda” dibandingkan negara lain.

Ketika Putin akhirnya membuat pernyataan pada Kamis malam, ia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban, namun tidak mengkonfirmasi secara spesifik bahwa Prigozhin telah meninggal.

Ignatov juga menekankan bahwa media pemerintah Rusia juga tidak memberikan banyak liputan mengenai kecelakaan tersebut, dan hal ini “tidak terlihat seperti situasi yang normal.”

Implikasinya bagi Afrika

Situasi di Afrika sehubungan dengan kehadiran Wagner bisa berubah, tapi hal itu akan lebih bergantung pada “bagaimana negara-negara Afrika akan membaca cerita ini,” menurut Ignatov.

“Akan sangat menarik untuk memahami bagaimana model kehadiran Rusia ini akan berubah, atau apakah akan berubah sama sekali,” katanya.

“Wagner adalah organisasi yang unik. Itu dimainkan di dalam zona abu-abu. Di satu sisi, mereka adalah aktor non-negara, namun di sisi lain, mereka terhubung dan dibayar oleh negara.”

Model ini menguntungkan Rusia dan Prigozhin, tambahnya.

Ke depan, Ignatov mengatakan skenario yang paling masuk akal adalah personel Wagner di Afrika dan Timur Tengah akan bergabung dengan perusahaan militer swasta baru, atau bahkan Kementerian Pertahanan Rusia.

“Ada banyak informasi bahwa Kementerian Pertahanan Rusia mendirikan perusahaan militer yang berbeda dan perusahaan militer ini hanya bisa mempekerjakan orang-orang yang berada di Afrika atau Timur Tengah,” katanya.

Masalah yang Ignatov perkirakan adalah akan sulit bagi perusahaan militer swasta baru Rusia untuk memisahkan diri dari negara.

“Setiap orang akan memperlakukan diri mereka sendiri sebagai front … atau sebagai perwakilan negara Rusia, dan hal ini dapat mengubah banyak hal bagi Rusia di Afrika,” kata pakar Crisis Group tersebut.

“Akan sulit bagi Rusia untuk menjelaskan bahwa mereka sedang berperang melawan penjajahan, atau sedang mencoba mendekolonisasi Afrika… karena Rusia juga berperilaku seperti kekuatan penjajah.”

Masa depan Wagner dan ancamannya terhadap Rusia

Ignatov menjelaskan bahwa Wagner terpecah menjadi tiga kelompok berbeda setelah pemberontakan bulan Juni melawan Kremlin: kelompok pertama tetap di Rusia dan menandatangani kontrak dengan pemerintah, kelompok kedua pindah ke Belarus, dan kelompok ketiga tetap di Afrika dan Timur Tengah.

Dia mengatakan Wagner sebagai sebuah organisasi banyak berubah selama perang Ukraina.

Orang-orang yang berperang dengan Prigozhin di Ukraina “memiliki mitologi mereka sendiri” dan pemimpin Wagner menjadi tokoh pemujaan bagi mereka, kata Ignatov.

“Orang-orang ini adalah pejuang (Wagner) yang paling setia dan paling terindoktrinasi… dan orang-orang ini dapat menimbulkan risiko bagi pihak berwenang Rusia,” dia memperingatkan.

Mereka mungkin ingin membalas dendam atas apa yang terjadi pada Prigozhin, yang dapat menimbulkan “konsekuensi bagi banyak orang,” tambahnya.

Mengenai kecelakaan itu sendiri, Ignatov mengatakan teori utama saat ini adalah ada bom di dalam pesawat.

“Seseorang memasang bom di pesawat. Bukan di bagasi, dipasang di suatu tempat di dalam pesawat,” ujarnya.

“Jadi itu bukan kebetulan karena mereka menggunakan Rusia dan pesawat ini berada di Rusia, bukan di suatu tempat di luar negeri.”

Dia juga menunjukkan bahwa Prigozhin “datang ke Moskow menggunakan pesawat lain dan kemudian menggunakan pesawat tersebut untuk terbang ke Saint Petersburg.” (AA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X