Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.061 views

Pihak Berwenang Filipina Klaim Tangkap Anggota Abu Sayyaf Yang Terlibat Penculikan 2 Warga Kanada

JOLO, FILIPINA (voa-islam.com) - Pihak berwenang di Filipina selatan telah menangkap seorang tersangka pejuang Abu Sayyaf, yang bertindak sebagai negosiator tebusan dan terlibat dalam penculikan dua warga Kanada yang dieksekusi oleh kelompok jihadis itu pada 2016, kata polisi Senin.

Kelompok Anti-Penculikan Polisi Filipina (AKG) yang didukung oleh pasukan komando polisi, marinir, dan agen intelijen, menangkap Adzrimar Sali Ammat pada hari Jum'at setelah menggerebek rumah persembunyiannya di Kota Zamboanga, kata para pejabat. Rumah itu terletak dalam jarak dua kilometer dari pangkalan militer.

Ammat, 30, yang juga dikenal sebagai Abu Omar atau Guru Adin, terlibat dalam penculikan tahun 2015 terhadap warga Kanada John Ridsdel dan Robert Hall, serta Kjartan Sekkingstad dari Norwegia dan Marites Flor dari Filipina, kata polisi. Dua yang terakhir dibebaskan setelah satu tahun di penahanan.

“Ammat alias Abu Omar dicap sebagai negosiator kelompok Abu Sayyaf yang menangkap empat tawanan, termasuk tiga orang asing dan seorang Filipina pada 2015,” kata kepala AKG Brigjen. Jenderal Rudolph Dimas mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Dia tidak mengatakan mengapa polisi membutuhkan waktu tiga hari untuk mempublikasikan penangkapan tersangka.

Pada hari Senin, pejabat di Kedutaan Besar Kanada di Manila tidak segera menanggapi permintaan komentar BenarNews.

Abu Sayyaf sebuah kelompok jihadis yang berbasis di Filipina selatan, disalahkan atas serangan terburuk di negara itu, termasuk pengeboman kamp militer. Didirikan oleh seorang jihadis terlatih Afghanistan pada 1990-an, kelompok itu kemudian bercabang untuk mengumpulkan dana melalui penculikan ketika pemimpinnya terbunuh.

Polisi mengatakan, dua korban penculikan lainnya, yang tidak disebutkan namanya, positif mengidentifikasi Ammat sebagai negosiator. Tidak jelas apakah mereka ditahan bersama dengan dua orang Kanada itu.

Kantor polisi daerah di Zamboanga mengatakan Ammat memiliki dua surat perintah penangkapan, satu dikeluarkan oleh Pengadilan Davao untuk dua tuduhan penculikan dengan pembunuhan pada 29 September 2016, dan penculikan dengan uang tebusan yang dikeluarkan oleh pengadilan lain pada 2 September 2019.

Kedua warga Kanada, Norwegia dan Filipina diculik pada September 2015 dari Holiday Oceanview Resort di pulau Samal di Davao del Norte, dan kemudian dibawa ke hutan Pulau Jolo – benteng Abu Sayyaf di ujung selatan – kata polisi.

Ridsdel dipenggal pada April 2016 dan Hall dipenggal dua bulan kemudian. Pada Juni 2016, Flor, pacar Hall, juga dibebaskan dan menceritakan kekejaman Abu Sayyaf.

“Kami diperlakukan seperti anjing. Jika kami melakukan kesalahan, kami dipukuli,” klaim Flor kepada wartawan saat itu, tak lama setelah Abu Sayyaf membebaskannya. Presiden Rodrigo Duterte telah memerintahkan para negosiator untuk mendapatkan Flor dan sandera yang tersisa hidup-hidup.

Flor dibebaskan tiga bulan lebih awal dari Sekkingstad, orang Norwegia. Polisi nasional kemudian mengatakan bahwa uang tebusan sebesar 30 juta peso (sekitar $600.000) telah dibayarkan untuk pembebasannya, meskipun mereka tidak pernah mengungkapkan siapa sumber uang itu.

Dalam situasi penyanderaan, pemerintah Filipina secara resmi memiliki kebijakan untuk tidak merundingkan uang tebusan. (BN)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa