Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.183 views

Bandara Rembele, Benar Meriahkah?

Oleh: Tardjono Abu Muas (Pemerhati Masalah Sosial)

Adalah Rembele, nama Bandar Udara (Bandara) yang terletak di Kabupaten Bener Meriah. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Tengah. Pembentukannya berdasarkan UU No.41 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Kabupaten Bener Meriah di Provinsi Aceh.

Kabupaten ini terdiri atas sepuluh kecamatan dan 233 desa yang beribu kota di Simpang Tiga Redelong, memiliki luas 1.454,09 km2. Penduduk terbesar di wilayah ini adalah suku Gayo, Aceh dan Jawa. Bahasa Gayo, Aceh dan Jawa dipakai oleh sebagian besar penduduk selain bahasa Indonesia. Di kabupaten ini terdapat Bandara Rembele yang melayani dua kabupaten, Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Judul tulisan ini sengaja disertakan tanda tanya (?), karena ada dua alasan di antaranya, pertama, penulis setelah bisa melihat dari dekat kondisi Bandara Rembele pada Rabu (13/7/2022) sekitar pukul 09.00 wib dan mendokumentasikan lalu diupload di medsos dengan judul : "Rembele Airport Bener Meriah Aceh", spontan ada salah seorang nitizen berkomentar, "ahh terlihat tidak benar meriah" karena dalam foto kondisi Rembele sunyi sepi, padahal hari itu konon ada jadual penerbangan. Kondisinya tidak sebagaimana layaknya bandara yang lalu-lalang para penumpang turun dari pesawat.

Sepertinya, si nitizen belum mengetahui bahwa Bener Meriah itu nama kabupaten lalu mengartikan kata "bener" dengan "benar", sehingga ketika melihat foto kondisi Rembele yang sunyi sepi dia berkomentar, ahh tidak terlihat benar meriah.

Kedua, ternyata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno telah menandatangi dan memberikan Piagam Penghargaan yang diberikan kepada Desa Wisata Hakim Bale Bujang Kabupaten Aceh Tengah Prov. Aceh sebagai Peserta Desa Binaan Kemenparekaf RI, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, tertanggal 30 Juli 2021. Dalam piagam tertulis juga: Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional, "keren?" Desa ini pula telah mendapatkan Piagam Penghargaan dari kementerian yang sama sebagai 300 Besar Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 tertanggal, Jakarta 9 Agustus 2021.

Paling tidak, ada sebuah pertanyaan yang mendasar dengan kedua alasan tersebut di atas sehingga muncul judul tulisan: Bandara Rembele, Benar Meriahkah?

Bang Sandi yang kementeriannya telah mencanangkan "Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional", semoga pada sisa masa jabatannya dapat berupaya optimal untuk mendatangkan para wisatawan ke desa wisata yang dibinanya salah satunya dengan meningkatkan frekuensi penerbangan ke dan dari Bandara Rembele Bener Meriah.

Peningkatan frekuensi penerbangan yang selama ini hanya dua kali dalam sepekan (Rabu dan Ahad) semoga bisa ditingkatkan 7 kali dalam sepekan. Dan, tak kalah pentingnya harga tiketnya pun harus benar-benar dapat terjangkau, tidak seperti sekarang ini harga tiket Jkt-Medan nyaris sama dengan tiket Medan-Rembele.

Dua kabupaten ini, Aceh Tengah dan Bener Meriah kiranya layak dikembangkan desa wisatanya karena terbentang luas desa-desa wisatanya. Dengan banyaknya para wisatawan yang mengunjungi desa wisata ini, pada gilirannya ekonomi kreatif akan ikut menggeliat bangkit, Bang Menteri.

Catatannya, pemerintah pusat maupun daerah harus berani memberikan subsidi agar harga tiket pesawat Medan-Rembele harganya seperempat dari harga tiket Jakarta-Medan. Dengan harga tiket yang murah meriah, dalam waktu dekat diharapkan Bandara Rembele bisa Benar-benar Meriah sesuai dengan lokasinya di Kabupaten Bener Meriah.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X