Astronom Amatir Asal UEA Temukan Planet Berusia Satu Miliar Tahun

ABU DHABI (voa-islam.com) - Astronom amatir sekaligus penduduk Abu Dhabi, Nezar Hezam Sallam, bersama timnya telah menemukan dua planet yang terbentuk sekitar satu miliar tahun lalu. Planet ini mengorbit di sekitar satu bintang.

Ini adalah penemuan pertama oleh seorang penduduk Uni Emirat Arab (UEA) yang sekaligus menempatkan emirat Abu Dhabi di jurnal astronomi ilmiah American Astronomical Society (Astronomical Journal). Jurnal ini akreditasi internasional untuk penemuan dan penelitian astronomi di dunia dan diakui oleh Badan Antariksa Amerika, NASA.

Dilansir dari Khaleej Times, Sabtu (26/12), ia telah menghabiskan sekitar dua juta dirham untuk keinginannya dalam membeli teleskop dan membangun observatorium sejak 1998. Pada saat itulah dia pertama kali mendirikan observatorium bergeraknya.

Saat ini, ia memiliki observatorium astronomi terbesar di Timur Tengah yang disebut Emirates Astronomical Observatory. Sallam juga memiliki sekitar tiga observatorium bergerak yang semuanya dilengkapi dengan teleskop berteknologi tinggi, kamera, perangkat lunak terbaru, dan gadget terkait lainnya.

Meskipun berprofesi sebagai insinyur komputer yang bekerja di Kepolisian Abu Dhabi, Sallam mengatakan bahwa dia jatuh cinta pada dunia surgawi ketika dia berusia tujuh tahun.

"Karena saya tidak bisa menjadi astronot, saya berpikir mengapa tidak menjadi astronom, di mana saya melakukan sejumlah kursus untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang teleskop, ruang angkasa, dan alam semesta. Astronomi adalah hidup saya dan saya memiliki lebih dari 100 teleskop.  ditempatkan di observatorium saya yang berbeda, termasuk yang terbaik di UEA," kata Sallam sebagaimana dikutip dari republika.co.id

Setelah menyelesaikan shift kerja tujuh jamnya, Sallam menginvestasikan sekitar lima jam setiap hari di observatoriumnya. Dia juga melakukan sejumlah proyek dengan Emirates Space Agency dan Mohammed Bin Rashid Space Center.

Kecintaan Sallam terhadap astronomi dapat diukur dari fakta bahwa ia menamai putri pertamanya Sama, yang dalam bahasa Arab berarti langit.

Berbicara tentang penemuan itu, Sallam  mengatakan kepada Khaleej  Timesbahwa ia  bersama dengan timnya yang terdiri dari sekitar 20 astronom yang semuanya berbasis di luar UEA, kecuali dirinya. Kelompoknya disebut kelompok pemburu bintang berharga di seluruh dunia (worldwide valuable star hunters group).

Mereka membuat penemuan dua planet - HD 63433 c  dan HD 63433 b - melalui observatoriumnya di kawasan Al Rahba. Temuan ini terjadi dengan bantuan data yang disediakan oleh The Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), sejenis satelit yang mengamati bintang di langit selama 27 hari.

"Kedua planet itu seukuran planet Neptunus dan kehilangan atmosfernya karena mereka sangat dekat dengan bintangnya HD 63433 dan mengorbit dengan sangat cepat," kata Sallam.

"Sementara sebagian besar dari planet tersebut  planet yang ditemukan peneliti sudah tua dan berukuran besar seperti planet Saturnus seukuran Jupiter, kami berhasil menemukan planet muda yang akan membantu kita mendapatkan banyak pengetahuan tentang bagaimana planet kecil berkembang, sempurna dan perubahan yang terjadi pada planet tersebut atmosfer dan orbit di sekitar bintang; Semua ini akan membantu meningkatkan pemahaman kita tentang evolusi sistem planet dalam miliar tahun pertama setelah pembentukan," ujar Sallam.

Dia menambahkan melalui penemuan kualitatif ini, para astronom akan dapat melakukan studi tentang evolusi sistem planet melalui perbandingan statistik antara sistem planet kecil dan tua. Pada gilirannya temuan ini memberikan informasi tentang bagaimana exoplanet (planet bukan di tata surya) berevolusi.

Emirates Astronomical Observatory dan tim ilmiah yang dipimpin oleh Sallam menjadi fasilitas darat pertama yang memantau, menindaklanjuti dan mengkonfirmasi transit planet. Mereka  kemudian memberikan data lebih dari 25 otoritas astronomi seperti NASA dari AS, dan lainnya dari Inggris, Italia,  Spanyol, Swiss, dan Denmark, yang mengkonfirmasi penemuan penting dua raksasa gas kecil dalam satu sistem planet ini. [syahid/voa-islam.com]

Laporan: Normalisasi Saudi Dan Israel 'Hanya Masalah Waktu'

Rabu, 07 Dec 2022 18:31

11 Orang Jadi Korban Akibat Serangan Bom Di Polsek Astana Anyar, Satu Diantaranya Meninggal

Rabu, 07 Dec 2022 17:05

Miras Dibatasi Bikin Fans Wanita Merasa Aman Saksikan Turnamen Piala Dunia Di Qatar

Rabu, 07 Dec 2022 16:15

Pasukan Somalia Dan Milisi Sekutu Rebut Kembali Kota Kunci Adan Yabal Dari Al-Shabaab

Rabu, 07 Dec 2022 13:37

Kalahkan Spanyol, Maroko Jadi Tim Arab Pertama Yang Capai Perempat Final Piala Dunia

Rabu, 07 Dec 2022 12:35

Tiga Polisi Terluka Dalam Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri Di Polsek Astana Anyar Bandung

Rabu, 07 Dec 2022 11:06

Otoritas Denmark Kirim Surat Ancaman Deportasi Paksa Kepada Anak-anak Pengungsi Suriah

Selasa, 06 Dec 2022 21:00

TIP Perbarui Fokus Jihad Anti-Cina, Serukan Pembebasan Tanah Air Dari 'Penjajah Tiongkok'

Selasa, 06 Dec 2022 20:45

Serangan Drone Tanpa Awak Kembali Targetkan Lapangan Udara Militer Rusia

Selasa, 06 Dec 2022 20:25

Konvoi Militer Turki Tabrak Hingga Tewas Seorang Wanita Dan Anak-anak Di Atareb Suriah

Selasa, 06 Dec 2022 20:05

Krisis Air Parah Landa Kamp Pengungsi Palestina Di Pedesaan Damaskus Suriah

Selasa, 06 Dec 2022 19:46

Piala Dunia 2022: Bagaimana Penggemar Arab Mengatakan Kebenaran Kepada Israel Tentang Palestina

Selasa, 06 Dec 2022 07:01

JATTI Gelar Silaturahim Tokoh, Ini yang Dibahas

Senin, 05 Dec 2022 20:09

Piala Dunia di Qatar, Sinyal Kebangkitan Islam?

Senin, 05 Dec 2022 19:30