Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.430 views

Kriminalitas Meningkat, Ada Apa dengan Anak Muda Zaman Now ?

 

Oleh: Dhiniaty Amandha

"Anak muda zaman now" tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun apa sebenarnya karakter yang dibangun dari prespektif istilah tersebut? Banyak sekali cuitan di media sosial meramaikan komentar dengan istilah ini. Zaman now artinya zaman sekarang, sehingga bisa diartikan anak muda zaman sekarang.

Fakta di masa pandemi Covid-19 yang menimpa dunia, kasus kriminalisasi yang dilakukan anak muda justru meningkat. Di Kabupaten Madiun kasus anak muda hamil duluan naik signifikan, lebih dari 100 % dibandingkan kasus serupa pada tahun sebelumnya. Konsumsi disertai pesta menggunakan miras oplosan dan narkoba oleh anak muda juga meningkat. Aksi pembegalan oleh anak muda juga marak. Termasuk meningkatnya anak muda yang terlibat dalam jaringan prostitusi online. Tentu yang terlibat adalah anak muda yang berada pada masa produktifitasnya. Masih banyak fakta lain yang mengungkap bahwa kasus kriminalitas anak muda saat ini sangat memprihatinkan, bahkan terjadi di lingkungan sekitar kita.

Sebenarnya apa yang menjadi pangkal sebab anak muda kian hari terperosok dan jauh dari harapan kebangkitan?  Apakah teknologi yang canggih masih belum memadai untuk menjadi sarana bagi anak bangsa dalam mencapai keemasannya?

Fakta yang terjadi justru kecanggihan teknologi menjadi ‘pembawa’ arus kerusakan anak muda. Anak menjadi lalai akan segala hal baik dan produktif yang harus dilakukannya. Bahkan tidak sedikit orangtua yang menyalahkan teknologi atas kerusakan pada anaknya. Menyalahkan teknologi, tentu tidak akan menyelesaikan masalah. Karena teknologi hanya sarana. Bagaimanapun teknologi mempunyai dampak positif yang banyak bagi kehidupan manusia. Lalu apa yang harus kita benahi ?

Informasi. Secara tidak sadar pola pikir manusia tergantung atas informasi yang ia terima. Pola pikir itu membentuk menjadi sebuah persepsi. Dari persepsi inilah yang nantinya akan menentukan tindakan dan berakhirlah menjadi sebuah kebiasaan jika dilakukan terus menerus. Jika informasi yang disaring adalah informasi yang positif maka akan terbentuklah kebiasaan yang membawa anak pada hal yang positif, dan sebaliknya. Jika informasi yang diterima terus menerus adalah tentang musik, maka anak akan berpikir bahwa musik itu menyenangkan. Sehingga dalam tindakannya ia gemar bermain alat musik dan terbiasa memainkannya.

Jika menginginkan anak yang cerdas, taat kepada Allah, dan hal-hal baik lainnya maka gantilah informasi pada anak tersebut. Tentunya tidak semua anak muda pada zaman ini akan terlena oleh buaian dunia. Masih ada anak muda yang sangat perduli akan peradaban dunia.

Mengapa anak muda harus peduli dengan peradaban? Karena anak mudalah yang nantinya akan meneruskan apa-apa yang ada pada peradaban saat ini. Jika saat ini anak muda tidak mengambil peran, maka di masa yang akan datang merekalah yang akan mengemban kesengsaraannya. Tentu jika informasi yang diterima saat ini hanyalah kesenangan dunia semata, maka apa yang akan menjadi pencapaian? Tidak lain dan tidak bukan hanyalah materi dan kepuasan akan nafsu dunia.

Mari kita sedikit mengulik sejarah anak muda pada masanya. Mungkin cerita ini sudah sangatlah lampau. Ya, jika dibahas dari sisi teknologi tentulah tidak akan sama dengan apa yang ada di depan mata anak muda saat ini. Tapi ada hikmah dan pelajaran yang agung atas sejarah ini.

Muhammad al-Fatih salah satu dari banyaknya pejuang Islam. Beliau dijuluki seorang penakluk. Sejarah mencatat dalam usianya yang masih terbilang sangat muda yaitu 12 tahun, Beliau sudah diangkat menjadi Sultan Turki Ustmani (30 Maret 1432 - 3 Mei 1481). Pada usia ke 21 tahun, Muhammad al-Fatih berhasil menaklukkan konstantinopel, ibukota dari negara super power. Kota ini memiliki benteng legendaris yang tidak pernah tertembus musuh sebelumnya. Tapi apa nyatanya? Kota tersebut jatuh ke tangan Islam.

Muhammad al-Fatih juga mempunyai penguasaan dalam bidang ketentaraan, sains dan matematika. Bahkan beliau mampu menguasai 6 bahasa. Berkat karakter kepemimpinan yang ditanamkan sejak kecil, Muhammad al-Fatih membuat banyak kawan dan lawan kagum atas kepemimpinannya. Belum lagi kecerdasan taktik dan strateginya dalam berperang.  Tentunya semua itu adalah hasil dari motivasi dan didikan dari orangtua dan guru yang sangat luar biasa.

Masih banyak lagi inspirasi yang dapat diambil dari kisah Muhammad al-Fatih. Akan sangat panjang jika harus menguraikannya pada tulisan ini. Namun dengan sepenggal cerita di atas, muncul sebuah pertanyaan, "Apa yang membuat Muhammad al-Fatih begitu bersemangat dalam menggapai keinginannya?"

Tentu bukan harta ataupun tahta, apalagi wanita. Akan tetapi ketakwaanlah yang menjadi jawaban dari bisyarah Rasulullah yang tertera pada hadistnya. “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (HR Ahmad bin Hanval Al Musnad).

Muhammad al-Fatih sangat yakin bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam tidak pernah berbohong. Muhammad al-Fatih ingin memenuhi perkataan Rasulullah tersebut atas cintanya kepada Rasulullah dan agama yang dibawanya.

Kembali kepada point informasi, tentu informasi yang diterima oleh Muhammad al-Fatih dari sejak kecil bukanlah informasi yang membawanya akan kesenangan dunia. Karena beliau tahu bahwasanya ketika kita berjuang untuk akhirat, maka dunia dan seisinya akan di tangan.

Anak muda seharusnya tidak buta akan sejarah kebangkitan. Bagaimanapun Islam pernah berada pada masa keemasannya. Tidakkah kita ingin membangun peradaban ini dengan belajar dari sejarah kebangkitannya? Mari ubah informasi berawal dari diri sendiri! (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X