Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.319 views

Nasehat ‘Ilmu Padi’, Agar Tidak Sombong

 

Oleh: Aily Natasya

Sedang ramai penyebutan ‘ilmu padi’ di sosial media, istilah ‘ilmu padi’ sendiri adalah suatu istilah yang merunut pada pandangan filosofi hidup yang pengilhamannya berasal dari perkembangan bulir padi sejak berbunga hingga bernas bulirnya. Walau terkesan seperti candaan ringan yang menyenangkan bagi warganet, istilah ini memiliki makna yang sangat dalam.

“Bagaikan padi, semakin masak semakin merunduk”, bermakna manusia tidak pantas bersikap angkuh atau sombong karena usia atau kemampuan yang dimilikinya. Semakin banyak kehebatan yang ia dapatkan, semakin haruslah seorang manusia itu menunduk, merendahkan dirinya di hadapan Tuhan dan manusia lainnya.

Dalam hal ini, manusia seringkali menyombongkan apa-apa yang dimilikinya, khususnya dalam hal harta dan ilmu. Dan memang, dua hal tersebut seringkali membuat manusia menjadi lupa dan akibatnya, merendahkan orang lain demi meyakinkan dirinya bahwa dia benar-benar memiliki ilmu atau harta itu.

“Sesungguhnya pada setiap umat ada fitnah (ujiannya) dan fitnah umatku adalah harta.” (HR. Bukhari)

Wahb bin Munabbih rahimahullah berkata, “Sesungguhnya ilmu memiliki keangkuhan sebagaimana keangkuhan harta.” (An-Nubadz fi Adabi Thalabil Ilmi, hal. 185)

Perkataan yang dinukil oleh Syaikh Bakr Abu Zaid rahimahullah:

“Ilmu itu ada tiga jengkal. Barangsiapa yang masuk jengkal pertama, dia menjadi sombong. Barangsiapa yang masuk jengkal kedua, dia menjadi tawadhu’. Barangsiapa yang masuk jengkal ketiga, baru dia tahu bahwa dirinya tidak tahu (masih sedikit ilmunya).” (Hilyah Thalibi ‘Ilmi, hal. 79)

Orang yang sudah sombong dengan ilmu yang dimilikinya selalunya merasa mudah puas. Padahal seharunya, semakin berilmu orang tersebut, semakin pahamlah ia bahwa ia belum berilmu, sehingga membuat dirinya bersemangat untuk belajar lagi dan lagi. Karena nyatanya, ilmu di dunia ini sangat luas. Semakin kita pelajari, akan ada banyak hal lagi yang perlu kita pelajari.

Contohnya para ulama. Mereka walau sudah mempelajari banyak sekali ilmu, walau sudah berada di usia senjanya, mereka masih terus belajar. Karena bagi mereka, banyak sekali ilmu yang belum mereka pelajari. Sehingga mereka masih haus untuk terus mempelajarinya.

Jika dari kita yang ketika menuntut ilmu, lalu diselubungi oleh rasa kepuasan dan kesombongan, maka ingatlah ayat ini:

Katakanlah (Muhammad), “Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).” (QS. Al-Kahfi: 109)

Betapa banyak manusia saat ini yang menyombongkan keilmuannya sampai hilang ketakutannya kepada Allah, lalu menggunakan ilmu yang mulia itu untuk menyesatkan manusia-manusia lain demi sebuah pengakuan.

“Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS. Luqman: 18

Ilmu Allah luas. Sangat luas. Bahkan jika kita mau mengabdikan setiap detik kehidupan kita demi mempelajari ilmu Allah, tidak akan pernah cukup walau jika hanya mencapai setetesnya saja.

Istilah ‘ilmu padi’ ini dapat dijadikan sebagai peringatan kecil terhadap kita yang masih sedikit ilmunya namun sombongnya minta ampun. Tetap ilmu padi, karena masih banyak ilmu yang belum dipelajari. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

ILustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X