Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.521 views

Mengapa Iran Kerahkan Pasukan Di Dekat Perbatasannya Dengan Azerbaijan?

TEHERAN, IRAN (voa-islam.com) - Ketika negara-negara melakukan latihan militer di dekat perbatasan negara lain seperti yang dilakukan Iran sekarang di dekat perbatasan Azerbaijan, itu sering dianggap sebagai tanda yang mengkhawatirkan, tembakan peringatan kepada tetangga bahwa hal-hal tidak berjalan baik di antara mereka.

Jadi apa pesan Teheran kepada Baku dengan latihan militer tanpa henti? Situasi perbatasan yang tegang telah menyebabkan penghasutan perang antara penduduk Iran, ketika mereka sesekali mengambil video dan gambar truk dan tank militer mereka bergerak menuju perbatasan negara dengan Azerbaijan.

Pemerintah Iran memberikan penjelasan yang tidak jelas, dengan mengatakan latihan itu bertujuan untuk memastikan 'kedaulatan' Teheran. Juru bicara kementerian luar negerinya mengatakan bahwa "Iran tidak akan mentolerir kehadiran rezim Zionis di dekat perbatasan kita", merujuk pada Israel. Tetapi Israel tidak memiliki perbatasan dengan Iran dan Azerbaijan. Sementara Baku berbagi hubungan kerja dengan Tel Aviv, ia tidak memiliki kebijakan resmi untuk mendukung Israel melawan Iran.

Akibatnya, tampaknya ada alasan tidak resmi lainnya untuk melanjutkan latihan militer Iran di dekat perbatasan Azerbaijan.

Para ahli melihat tiga elemen utama mengapa Iran mengerahkan pasukan di sepanjang perbatasan dengan Azerbaijan, mulai dari konflik Azerbaijan-Armenia hingga tanggapan yang berkembang terhadap latihan bersama Turki-Azerbaijan-Pakistan baru-baru ini di wilayah tersebut hingga mengirim pesan ke populasi besar Azerbaijan di dalam Iran.

Rute pasokan

Pertama, Iran tidak senang dengan cara Perang Empat Puluh Empat Hari antara Baku dan Yerevan dalam konflik Nagorno Karabakh berakhir tahun lalu dengan kemenangan Baku, yang mendapatkan banyak wilayah yang disengketakan dari penjajah Armenia. Sejak awal sampai sekarang, Teheran diam-diam mendukung orang-orang Armenia melawan Azerbaijan sementara Azerbaijan memiliki mayoritas Syi'ah seperti Iran.

Ada sejumlah alasan dukungan Teheran kepada Yerevan, tetapi salah satunya terkait dengan jalur perdagangan Iran di Asia Barat. Melalui Karabakh yang sebelumnya diduduki Armenia, Iran dapat mencapai Rusia dan Asia Barat sebagian besar tanpa membayar bea cukai untuk truk dan sarana transportasi lainnya, menurut Fatima Karimkhan, seorang jurnalis yang berbasis di Teheran.

Setelah perang, Azerbaijan, yang memperoleh sebagian besar wilayah Karabakh, telah memberikan “tekanan pada akses Iran ke Asia Barat” dengan membatasi dan membebankan biaya transportasi Iran melintasi Karabakh untuk mencapai Armenia, Karimkhan mengatakan kepada TRT World.

Tetapi bagi Baku, kebijakan itu cukup normal karena Karabakh adalah bagian dari kedaulatan Azerbaijan dan setiap transportasi yang terkait dengan kegiatan perdagangan di wilayah itu harus tunduk pada bea cukai. Juga, otoritas Azerbaijan khawatir bahwa truk Iran mungkin juga membawa peralatan militer, yang bisa berakhir di tangan orang-orang Armenia, musuh lama mereka.

Selama wawancara dengan Anadolu Agency Turki, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menjelaskan tentang masalah ini. “Kami telah mengetahui bahwa truk-truk Iran secara ilegal memasuki wilayah Karabakh berkali-kali selama dan sebelum perang,” kata Aliyev.

Setelah menguasai sebagian besar Karabakh, Baku mulai menunjukkan kegelisahannya terhadap truk-truk Iran. “Selangkah demi selangkah, kami mulai mengendalikan jalan melintasi wilayah Azerbaijan kami [pergi ke Karabakh] dan jumlah truk [Iran] akhirnya berkurang menjadi nol,” kata presiden.

Dia juga memprotes latihan Iran di dekat perbatasan Azerbaijan. “Mengapa sekarang, dan mengapa di perbatasan kita? Mengapa ini dilakukan setelah kami membebaskan tanah ini setelah 30 tahun pendudukan [Armenia]?" tanya Aliyev. Dia juga mengatakan bahwa dia "sangat terkejut" dengan latihan militer Iran.

Rupanya, pernyataan Aliyev baru-baru ini membuat Teheran marah. “Apa yang baru-baru ini dikatakan Aliyev sangat ofensif dari sudut pandang opini publik Iran,” kata Karimkhan. Menghentikan truk Iran oleh Azerbaijan adalah sesuatu yang dianggap Iran tidak dapat diterima, mengancam keamanan perdagangan Teheran di seluruh Asia Barat, menurut Karimkhan.

“Iran dengan latihan militer ini menunjukkan keseriusannya tentang koneksi jalan ke Armenia dan Asia Barat,” tambahnya.

Ketegangan internal

Kedua, Iran juga mengkhawatirkan populasi Turki yang besar di wilayah mereka, yang sebagian besar adalah orang Azerbaijan. Beberapa percaya bahwa populasi asal Turki di Iran, yang meliputi Turkmenistan, Qashgai dan kelompok berbahasa Turki lainnya, mungkin berjumlah hampir 40 persen.

Banyak warga Azerbaijan menyebut Iran utara selatan sebagai Azerbaijan, di mana hampir 20 juta orang Azerbaijan tinggal menurut perkiraan yang berbeda. Beberapa nasionalis dan intelektual Azeri telah lama mendefinisikan bagian utara dan selatan sebagai identik secara budaya dan sosial, dengan alasan bahwa mereka harus bergabung di bawah persatuan politik.

Semua ini juga membuat Teheran gugup. Kegugupan negara mayoritas Syi'ah itu meningkat dengan latihan trilateral Turki-Pakistan-Azerbaijan baru-baru ini, yang dapat mendorong penduduk etnis Azerbaijan untuk menunjukkan lebih banyak penentangan terhadap Teheran terhadap pemikiran Iran, kata Matthew Bryza, mantan duta besar AS untuk Azerbaijan dan seorang rekan senior di Dewan Atlantik.

“Iran mengerahkan militernya di sepanjang perbatasannya dengan Azerbaijan sebagai tanggapan atas latihan militer trilateral yang dilakukan oleh Azerbaijan, Turki dan Pakistan,” kata Bryza kepada TRT World. Latihan bersama dimulai di Baku pada 12 September. Sementara Iran tidak berusaha untuk menjadi "bermusuhan", itu masih menunjukkan kepada tiga negara kegelisahannya atas latihan bersama mereka, menurut mantan diplomat AS.

“Ini juga memberi sinyal kepada komunitas etnis Azerbaijan, yang mendominasi Iran utara bahwa mereka tidak boleh melihat latihan militer sebagai semacam peluang untuk memicu kerusuhan. Ada minat besar oleh penduduk etnis Azerbaijan di Iran utara dalam operasi Azerbaijan dalam Perang Empat Puluh Empat Hari baru-baru ini melawan Armenia,” pandangan Bryza.

Bryza menarik perhatian pada fakta bahwa selama Perang Azerbaijan-Armenia, ada demonstrasi besar-besaran pro-Azerbaijan di Iran utara, menggarisbawahi bagaimana komunitas Azeri di Iran dan Azerbaijan telah bersatu melawan pendudukan Armenia di wilayah Karabakh.

Kepemimpinan di Teheran mungkin semakin khawatir tentang prospek separatisme etnis Azerbaijan setelah kemenangan Baku atas Yerevan, menurut Bryza. “Sebagian besar, penempatan militer Iran di sepanjang perbatasan Azerbaijan adalah sinyal internal [untuk warga Azerbaijan Iran],” kata Bryza.

Karimkhan, jurnalis Iran, juga berpikir bahwa ada dimensi internal terkait latihan militer Teheran baru-baru ini. Banyak orang Iran, yang membagikan video dan gambar kendaraan militer Iran yang bergerak ke perbatasan barat laut negara itu, “sangat senang” bahwa latihan militer menunjukkan tekad negara itu untuk mempertahankan “integritas teritorialnya”, katanya.

Sementara dia berpikir ide penyatuan dua bagian Azerbaijan yang berbeda adalah "hanya propaganda", kebanyakan orang di Iran "tidak melihat ini dengan cara ini", katanya. “Mereka pikir suara penyatuan ini bisa melangkah lebih jauh, jadi mereka sangat mendukung latihan militer di sepanjang perbatasan Iran dengan Azerbaijan saat ini,” tambahnya.

“Di Iran, karena populasi Turki yang sangat besar, secara historis ada ketakutan politik bahwa dua Azerbaijan, Baku [ibukota Azerbaijan utara] dan Tabriz [ibu kota Azerbaijan selatan] mungkin bergabung di beberapa titik,” kata Esref Yalinkilicli, seorang analis politik Eurasia yang berbasis di Moskow, dalam wawancara TRT World sebelumnya.

“Di sisi lain, dalam ingatan politik dan kebijakan luar negeri Azerbaijan, gagasan Azerbaijan Raya selalu menjadi faktor penting,” tambah Yalinkilicli.

Bagi Iran, argumen politik Azerbaijan Raya merupakan ancaman bagi kemapanan Iran, yang telah menggunakan dukungannya terhadap Armenia sebagai tindakan balasan untuk meminimalkan aspirasi Azerbaijan di Iran dan di seluruh kawasan, menurut Yalinkilicli. (TRT)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X