Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.204 views

Jenin: Pusat Perlawanan Bersenjata Palestina Yang Baru Lahir?

TEPI BARAT, PALESTINA (voa-islam.com) - Bentrokan bersenjata antara warga Palestina dan pasukan Zionis Israel telah berulang dalam beberapa pekan terakhir pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya di Tepi Barat yang diduduki selama bertahun-tahun, sebagian besar di provinsi Jenin utara.

Pada hari Kamis, pasukan Israel bentrok dengan warga Palestina saat menyerbu kota Nablus dan kota Kufr Dan, sebelah barat Jenin. Pada malam hari bentrokan bersenjata meletus di kota Qabatia, selatan Jenin. Pada akhir September, pasukan Israel menyerbu desa Burqin dekat Jenin, sekali lagi bentrok dengan warga Palestina bersenjata.

Serangan itu berakhir dengan kematian seorang warga Palestina dan melukai dua tentara Israel. Secara bersamaan, tiga warga Palestina gugur dalam serangan Israel di tempat persembunyian mereka di barat Ramallah. Tentara Israel mengklaim telah menemukan senjata dan bahan peledak di lokasi tersebut.

Pada pertengahan September, pasukan Israel bentrok dengan pria bersenjata Palestina di kamp pengungsi Jenin saat menangkap dua dari enam warga Palestina yang melarikan diri dari penjara Gilboa. Pada hari-hari sebelum penangkapan para pelarian, orang-orang Palestina bersenjata telah berparade melalui kamp, ​​bersumpah untuk menghadapi tentara Israel jika mereka masuk.

Sejak pembobolan penjara Gilboa, warga Palestina juga telah melepaskan tembakan, dan melemparkan bahan peledak buatan lokal ke pos pemeriksaan Jalamah Israel di utara Jenin.

Meningkatnya ketegangan
 
Faksi-faksi Palestina telah memuji insiden ini, mengatakan bahwa mereka mewakili awal dari fase baru perlawanan Palestina di Tepi Barat.

Media Palestina melaporkan bahwa Sekretaris Jenderal Jihad Islam Palestina menyebut keluarga Palestina yang terbunuh di Jenin dan barat Ramallah, menyatakan bahwa “darah mereka telah menerangi jalan menuju pembebasan”.

Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa insiden terbaru "menunjukkan bahwa rakyat Palestina berbaris menuju Intifada total". Namun, di luar pidato politik, insiden baru-baru ini di Tepi Barat tampaknya merupakan fenomena yang sifat dan konsekuensinya terlalu dini untuk ditentukan, kata para pengamat.

Shatha Hanayesh, seorang jurnalis Palestina yang berbasis di Jenin, mengatakan kepada The New Arab bahwa situasi saat ini “berkembang setelah pelarian Gilboa pada awal September”. Menurut Hanayesh, “Ancaman Israel untuk menyerang kamp setelah pelarian itu disambut dengan tindakan pembangkangan oleh aktivis Palestina, yang menunjukkan kekuatan bersenjata yang tampaknya terorganisir untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, dan ini menyebabkan ketegangan meningkat di wilayah tersebut”.

Hanayesh juga menjelaskan bahwa serangan Israel dan konfrontasi bersenjata yang berulang telah berdampak pada kehidupan sehari-hari warga Palestina di daerah tersebut. “Orang-orang bertanya-tanya setiap hari apakah tentara Israel pada akhirnya akan melancarkan serangan luas ke Jenin. Ada lebih sedikit orang di jalan-jalan dan pasar, perdagangan telah menurun dan beberapa bisnis telah ditutup dalam beberapa minggu terakhir”.

'Jenin, tempat aktivisme bersenjata tidak pernah hilang'
 
Bilal Shalash, seorang peneliti Palestina yang mengkhususkan diri dalam sejarah perlawanan Palestina, mengatakan kepada The New Arab bahwa “Faksi-faksi Palestina membuat deklarasi kadang-kadang dari angan-angan, dan kadang-kadang sebagai bentuk untuk menyatakan kebijakan resmi mereka”.
 
Bagi Shalash, “Masih terlalu dini untuk mengetahui ukuran dan sifat aksi bersenjata Palestina saat ini, yang bagaimanapun juga merupakan tanda kegagalan Israel untuk menahan situasi di Tepi Barat”.

Menurut Shalash, fakta bahwa insiden tersebut terjadi sebagian besar di wilayah Jenin juga memiliki alasan. "Jenin telah jauh dari pusat Otoritas Palestina (PA) di Ramallah, praktis di pinggiran Tepi Barat, di mana sedikit kontrol yang mungkin dilakukan," katanya.

"Terutama di kamp pengungsi Jenin, di mana bentuk-bentuk aktivisme bersenjata tidak pernah hilang sejak Intifada Kedua".

Para pemuda yang muak

Qaher Abed, Sekretaris gerakan Fatah di daerah Jenin barat, mencatat bahwa "ketika saya berbicara dengan orang-orang muda di Jenin, mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka muak dengan kehidupan di bawah serangan militer, penangkapan dan penutupan yang terus-menerus. Beberapa dari mereka telah telah melalui penjara beberapa kali pada usia yang sangat muda, dan mereka telah kehilangan semua rasa takut".

Abed juga menyoroti bahwa "anak-anak muda ini sebagian besar bukan anggota organisasi. Mereka keluar dan bentrok dengan pasukan Israel karena serangan terjadi di kota-kota dan lingkungan mereka, dan kebanyakan dari mereka hanya dipersenjatai dengan batu".

Bilal Shalash setuju dengan Abed. “Apa yang terjadi di Jenin sama dengan yang terjadi di seluruh Tepi Barat, ketika anak-anak muda melempari pasukan Israel dengan batu.

karena di Jenin, ada lebih banyak senjata api yang tersedia, dan budaya perlawanan bersenjata yang berakar kuat". Namun, Shalash menekankan; "Ini hanya satu langkah lagi dari organisasi nyata, dan ada indikator bahwa transformasi ini sudah terjadi".

Dari sisinya, Shatha Hanayesh percaya bahwa “tentara Israel berusaha menahan aktivis Palestina melalui serangan yang ditargetkan, tanpa mengambil risiko konfrontasi luas, terutama di kamp pengungsi Jenin”.

Hanayesh menunjukkan bahwa "reaksi aktivis Palestina mungkin meningkat, tetapi tidak ada yang bisa menebak ke mana arahnya dalam beberapa hari mendatang". Meskipun Bilal Shalash menegaskan bahwa "ada sedikit berlebihan tentang apa yang terjadi di Tepi Barat", ia berpegang pada gagasan bahwa "apa pun bisa terjadi". (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X