Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.167 views

Pakistan Bantah Laporan AS Gunakan Wilayah Udaranya Untuk Lakukan Serangan Militer Di Afghanistan

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Pakistan telah membantah laporan tentang perjanjian formal untuk penggunaan wilayah udaranya oleh Amerika Serikat untuk melakukan serangan militer di Afghanistan, dengan mengatakan "tidak ada kesepemahaman seperti itu" antara kedua negara.

Bantahan oleh Kantor Luar Negeri Pakistan pada hari Sabtu (23/11/2021) datang sehari setelah CNN mengatakan AS "mendekati" perjanjian formal dengan Pakistan untuk menggunakan wilayah udaranya untuk melakukan operasi militer dan intelijen terhadap Afghanistan.

"Pakistan telah menyatakan keinginan untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) sebagai imbalan atas bantuan dalam upaya kontraterorismenya sendiri dan membantu dalam mengelola hubungan dengan India," lapor CNN.

"Tapi, negosiasi sedang berlangsung, kata sumber lain, dan ketentuan perjanjian, yang belum diselesaikan, masih bisa berubah," kata penyiar mengutip sumber yang mengetahui rincian briefing rahasia kepada Kongres AS.

"Tidak ada pemahaman seperti itu," harian Dawn pada hari Sabtu mengutip juru bicara Kantor Luar Negeri Pakistan yang tidak disebutkan namanya.

Juru bicara itu, bagaimanapun, menekankan bahwa Pakistan dan AS memiliki "kerja sama lama" dalam masalah keamanan regional dan kontra-terorisme dan "kedua belah pihak tetap terlibat dalam konsultasi reguler".

Permintaan yang diduga datang setelah penarikan AS dari Afghanistan dan permintaannya untuk penempatan pasukan di negara-negara tetangga seperti Uzbekistan ditolak.

CNN mengklaim bahwa dugaan kesepakatan itu dibahas antara kedua belah pihak ketika pejabat AS baru-baru ini mengunjungi Pakistan, tetapi belum jelas apa yang diinginkan Pakistan atau berapa banyak yang akan AS berikan sebagai imbalan.

"Militer AS saat ini menggunakan wilayah udara Pakistan untuk mencapai Afghanistan sebagai bagian dari upaya pengumpulan intelijen yang sedang berlangsung, tetapi tidak ada kesepakatan formal untuk memastikan akses lanjutan ke bagian penting dari wilayah udara yang diperlukan AS untuk mencapai Afghanistan," kata CNN.

“Koridor udara melalui Pakistan ke Afghanistan mungkin menjadi lebih kritis jika dan ketika AS melanjutkan penerbangan ke Kabul untuk menerbangkan warga Amerika dan orang lain yang tetap tinggal di negara itu,” tambahnya.

Perjanjian wilayah udara ditafsirkan sebagai taktik AS untuk memperpanjang invasi ke Afghanistan dengan biaya yang jauh lebih rendah meskipun ada tentangan dari negara-negara tetangga untuk menjadi tuan rumah pasukan Amerika karena takut membuat marah Rusia.

Sumber-sumber itu mengatakan negara-negara Asia Tengah Tajikistan dan Uzbekistan muncul sebagai "opsi teratas" untuk kemungkinan negara-negara di mana militer AS dapat melakukan operasi di atas cakrawala di Afghanistan.

Namun, komplikasi dapat mengakibatkan bentuk penentangan yang kuat oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan politisi lokal, dengan satu sumber menyebut opsi tersebut sebagai "kemungkinan angan-angan karena membutuhkan restu Putin."

AS saat ini memegang operasi melintasi cakrawala dari pangkalannya di negara-negara Timur Tengah seperti UEA dan Qatar. Drone Amerika terbang dari pangkalan yang jauh ke Afghanistan, berkeliling Iran dan melalui wilayah udara Pakistan.

“Penerbangan yang panjang membatasi waktu drone dapat berkeliaran di Afghanistan mengumpulkan intelijen, dan pemerintahan Biden telah mencari opsi yang lebih dekat dan lebih efektif,” kata laporan CNN.

Beberapa minggu sebelum penarikan pasukan AS dari Afghanistan, Biden mengatakan bahwa Washington akan memiliki kemampuan untuk melakukan operasi di luar cakrawala di negara itu meskipun kurangnya kehadiran militer di sana.

"Kami sedang mengembangkan kemampuan kontraterorisme over-the-horizon yang akan memungkinkan kami untuk tetap memperhatikan setiap ancaman langsung ke Amerika Serikat di kawasan itu, dan bertindak cepat dan tegas jika diperlukan," katanya pada 8 Juli.

Namun, penolakan negara-negara kawasan terhadap pangkalan AS di tanah mereka tampaknya memaksa Washington untuk beralih ke Pakistan meskipun pemerintahan Biden mengatakan telah menurunkan hubungan bilateral dengan Islamabad.

Wakil menteri luar negeri, Wendy Sherman, mengatakan awal bulan ini bahwa perjalanannya ke Islamabad adalah untuk "tujuan yang sangat spesifik dan sempit" untuk berbicara tentang Afghanistan dan Taliban.

Sementara itu, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan pada bulan Juni bahwa negaranya "sama sekali tidak" memberikan pangkalan apa pun kepada militer AS, menekankan, "Tidak mungkin kami akan mengizinkan pangkalan atau tindakan apa pun dari wilayah Pakistan ke Afghanistan. ."

Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya menginvasi Afghanistan pada tahun 2001 dengan dalih bahwa pejuang Taliban menyembunyikan Al-Qaidah. Invasi itu menyingkirkan Taliban dari kekuasaan mereka yang sah tetapi memperburuk situasi keamanan di negara itu.

Pemerintah Afghanistan dengan cepat runtuh pada 15 Agustus dan Presiden Ashraf Ghani melarikan diri dari negara itu dalam menghadapi serangan kilat Taliban yang mengikuti keputusan Biden untuk menarik pasukan Amerika dalam penarikan yang membawa bencana.

Taliban mengumumkan pembentukan pemerintahan sementara pada 7 September. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X