Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.840 views

Laporan CNN: Rusia Seludupkan Emas Dari Sudan Untuk Biayai Perang

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Sebuah jaringan pemimpin militer Rusia dan Sudan berkolusi untuk menjarah cadangan dan produksi emas negara Afrika tersebut, memungkinkan Moskow untuk mendanai perang yang sedang berlangsung di Ukraina di tengah sanksi Barat yang semakin parah, sebuah laporan CNN yang diterbitkan baru-baru ini mengklaim.

Menurut sumber CNN, Rusia diduga mengoperasikan 16 penerbangan dari Sudan, produsen logam mulia terbesar ketiga di Afrika, selama 18 bulan terakhir.

CNN mengklaim pelapor dari dalam Bank Sentral Sudan menunjukkan kepada wartawan foto spreadsheet yang mengungkapkan bahwa 32,7 ton tidak terhitung pada tahun 2021. Dengan menggunakan harga saat ini, ini berarti emas yang hilang senilai $1,9 miliar, pada $60 juta per ton.

Tetapi laporan tersebut menyatakan bahwa ini bisa jadi terlalu rendah, dan bahwa $13,4 miliar, atau 90 persen dari produksi negara itu, hilang melalui cara-cara ilegal setiap tahun. CNN tidak dapat memverifikasi angka-angka ini dalam laporan.

Laporan CNN mengklaim bahwa skema tersebut adalah hasil kesepakatan dengan kepemimpinan militer Sudan yang semakin tidak populer sebagai imbalan atas dukungan militer Rusia untuk menekan gerakan pro-demokrasi negara itu.

Mantan dan pejabat AS saat ini yang dikutip oleh CNN mengklaim bahwa Rusia secara aktif mendukung kudeta militer Sudan 2021, yang menggulingkan pemerintahan sipil transisi.

Ini merupakan pukulan telak bagi gerakan pro-demokrasi Sudan, yang telah menggulingkan Presiden Omar Al-Bashir dua tahun sebelumnya.

Laporan CNN mengklaim bahwa Yevgeny Prigozhin, seorang oligarki Rusia dan sekutu utama Presiden Vladimir Putin, adalah inti dari pakta antara Moskow dan junta militer Khartoum ini.

Kantor penyiaran itu mengklaim memiliki faktur yang menunjukkan bahwa kendaraan utama Prigozhin di Sudan adalah perusahaan yang disetujui AS bernama Meroe Gold, yang mengekstraksi emas sambil juga memberikan senjata dan pelatihan kepada tentara dan kelompok paramiliter negara itu.

Laporan tersebut, yang disusun CNN bekerja sama dengan Dossier Center yang berbasis di London, mengklaim bahwa setidaknya satu operator Wagner Group tingkat tinggi, Alexander Sergeyevich Kuznetsov, telah mengawasi operasi di industri pertambangan emas utama Sudan dalam beberapa tahun terakhir.

Pusat Berkas dimulai oleh Mikhail Khodorkovsky, yang pernah menjadi orang terkaya di Rusia, sekarang tinggal di pengasingan di London. Wagner adalah kelompok paramiliter yang terkait dengan dugaan penyiksaan, pembunuhan massal dan penjarahan di beberapa negara yang dilanda perang termasuk Suriah dan Republik Afrika Tengah. Prigozhin tidak mau mengakui keterkaitan ke Wagner.

Pada tahun 2021, Uni Eropa memberikan sanksi kepada Kuznetsov untuk kegiatan Grup Wagner yang dikatakan membahayakan perdamaian, stabilitas, dan keamanan Libya.

CNN telah meminta komentar tentang cerita dari kementerian luar negeri dan pertahanan Rusia, dan organisasi induk dari kelompok perusahaan Prigozhin, tetapi belum ada tanggapan.

"Kami memantau masalah ini dengan cermat, termasuk aktivitas Meroe Gold yang dilaporkan, Grup Wagner yang didukung Kremlin, dan aktor lain yang terkena sanksi di Sudan, kawasan, dan di seluruh perdagangan emas," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS seperti dikutip dalam menanggapi penyelidikan CNN.

“Kami mendukung rakyat Sudan dalam mengejar Sudan yang demokratis dan makmur yang menghormati hak asasi manusia,” tambah juru bicara itu. “Kami akan terus menjelaskan keprihatinan kami kepada pejabat militer Sudan tentang dampak buruk Wagner, Meroe Gold, dan aktor lainnya.” (MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 26/02/2024 20:38

HNW: Menag Yaqut Ahistoris!