Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.805 views

Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Hampir 300 Tahanan Atas Mediasi Saudi Dan Turki

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Rusia dan Ukraina telah melakukan pertukaran tahanan kejutan yang melibatkan hampir 300 orang, terbesar sejak invasi Moskow dimulai hampir tujuh bulan lalu.

Mereka yang dibebaskan termasuk tawanan perang dari negara-negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Maroko, beberapa di antaranya telah dijatuhi hukuman mati setelah ditangkap di Ukraina dan dituduh sebagai tentara bayaran.

Rusia juga membebaskan sekitar 215 warga Ukraina, termasuk lima komandan yang memimpin pertahanan Ukraina yang berkepanjangan di kota pelabuhan selatan Mariupol awal tahun ini.

Sebagai gantinya, Ukraina membebaskan 55 orang Rusia dan Ukraina pro-Moskow dan Viktor Medvedchuk, pemimpin partai pro-Rusia terlarang yang menghadapi tuduhan pengkhianatan.

Kesepakatan itu, yang dicapai dengan bantuan Arab Saudi dan Turki, telah dipersiapkan untuk beberapa waktu dan melibatkan tawar-menawar yang intens.

“Ini jelas merupakan kemenangan bagi negara kita, bagi seluruh masyarakat kita. Dan hal utama adalah bahwa 215 keluarga dapat melihat orang yang mereka cintai aman dan di rumah,” kata Zelenskyy dalam pidato video di mana dia juga berterima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas bantuannya.

“Kami mengingat semua orang kami dan mencoba menyelamatkan setiap warga Ukraina. Inilah arti Ukraina, esensi kita, inilah yang membedakan kita dari musuh.”

Arab Saudi sebelumnya mengumumkan pembebasan 10 orang asing, setelah mediasi oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, “sebagai kelanjutan dari komitmen [nya] terhadap inisiatif kemanusiaan menuju krisis Rusia-Ukraina”, menurut sebuah pernyataan dari kementerian luar negeri Saudi. .

Kelompok itu termasuk lima warga negara Inggris, dua orang Amerika, seorang Kroasia, seorang Maroko dan seorang warga negara Swedia, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa sebuah pesawat yang membawa para tahanan telah mendarat di kerajaan itu dan bahwa pihak berwenang Saudi sedang “memfasilitasi prosedur untuk keselamatan mereka. kembali ke negaranya masing-masing”.

Kementerian tidak mengidentifikasi mereka yang dirilis namanya.

Legislator Inggris Robert Jenrick mengatakan Aiden Aslin termasuk di antara mereka yang dibebaskan. Aslin ditangkap awal tahun ini dan dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di Republik Rakyat Donetsk (DPR), salah satu proksi Rusia di Ukraina timur.

Rusia juga membebaskan warga negara AS Alexander Drueke, 39, dan Andy Huynh, 27, seorang perwakilan keluarga mengatakan kepada kantor berita Reuters, Rabu (21/9/2022).

Pasangan itu, keduanya dari Alabama, ditangkap pada bulan Juni saat bertempur di Ukraina timur di mana mereka pergi untuk mendukung pasukan Ukraina yang melawan invasi Rusia.

Dalam sebuah tweet, Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Presiden AS Joe Biden, berterima kasih kepada Ukraina "karena memasukkan 2 warga AS dalam pertukaran tahanan". Sullivan juga berterima kasih kepada putra mahkota Saudi dan pemerintah negara Teluk karena memfasilitasi pembebasan mereka.

“Kami berharap warga kami bersatu kembali dengan keluarga mereka,” tulisnya.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss memuji pembebasan warga negara Inggris di Twitter sebagai "berita yang sangat disambut baik" setelah "bulan ketidakpastian dan penderitaan bagi mereka dan keluarga mereka".

Truss mengatakan mereka telah “ditahan oleh proksi yang didukung Rusia di Ukraina timur”, dan berterima kasih kepada Zelenskyy dan Arab Saudi karena telah membantu membebaskan mereka.

Dave Des Roches, seorang rekan senior di Forum Internasional Teluk, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Rusia dan Ukraina memiliki insentif untuk mencapai kesepakatan tentang para tahanan, sementara Turki dan Arab Saudi memiliki kesempatan untuk menunjukkan semangat diplomatik mereka.

“Arab Saudi dan Turki tampaknya memiliki era baru kerja sama, tetapi saya pikir (kesepakatan) pada dasarnya dirancang untuk mendapatkan desas-desus positif dan meningkatkan status kedua negara yang merasa mereka tidak mendapatkan rasa hormat yang layak mereka dapatkan di barat pada tingkat yang sama saat para pemimpin dunia bertemu di New York,” katanya.

Sejumlah besar orang asing telah melakukan perjalanan ke Ukraina untuk berperang sejak invasi Rusia pada 24 Februari. Beberapa dari mereka telah ditangkap oleh pasukan Rusia, bersama dengan orang asing lainnya di negara itu yang mengatakan bahwa mereka bukan petempur.

Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde mengatakan di Twitter bahwa warga negara Swedia, yang ditahan di Donetsk, "sekarang telah ditukar dan baik-baik saja". Dia juga berterima kasih kepada Ukraina dan Arab Saudi.

Pangeran Mohammed bin Salman telah mempertahankan hubungan dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, termasuk dalam kerangka kelompok produsen minyak OPEC+, meskipun ada tekanan berat dari Washington, sekutu tradisional Riyadh, untuk mengisolasi Rusia.

Pasukan Ukraina dan Rusia telah menangkap ratusan pejuang musuh sejak awal konflik, dengan beberapa pertukaran tahanan telah dilakukan.

Kepala misi hak asasi manusia PBB di Ukraina mengatakan awal bulan ini bahwa Rusia tidak mengizinkan akses ke tawanan perang (POWs), menambahkan bahwa PBB memiliki bukti bahwa beberapa telah mengalami penyiksaan dan perlakuan buruk yang dapat dikategorikan sebagai kejahatan perang.

Rusia sendiri tidak mau mengakui melakukan penyiksaan atau penganiayaan tawanan perang. (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X