Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.916 views

Kaderisasi Ulama Perempuan: Proyek Kontraterorisme dan Deradikalisasi?

 

Oleh:

Fitria Zakiyatul Fauziyah Ch || Mahasiswi STEI Hamfara Yogyakarta

 

DILANSIR dari kemenpppa.go.id, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga dalam siaran pers, menyatakan bahwa dalam rangka mewujudkan program-program bangsa, perlu adanya bahasa agama di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas religius. Diharapkan adanya andil Masjid Istiqlal bisa menciptakan pemberdayaan perempuan serta perlindungan anak.(19/2/2021)

Menurut Bintang Puspayoga, isu perempuan dan anak merupakan isu yang kompleks, multi sektoral, dan sangat berkaitan dengan cara berpikir masyarakat. Sehingga, ia memberikan apresiasi untuk program dari Imam Besar Masjid Istiqlal yang bertujuan mengubah cara pikir dan cara pandang masyarakat agar ramah dan responsif terhadap perempuan dan anak.

Kedudukan ini diperkuat dengan adanya Nota Kesepahaman Kementerian PPPA dengan Badan Pengurus Masjid Istiqlal (BPMI) dihadiri oleh Ketua Harian BPMI sekaligus Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar di Gedung Kementerian PPPA.

Menteri PPPA berharap program ini dapat dilaksanakan dalam kerja nyata, menjadi inspirasi, tidak hanya untuk umat Islam saja, namun juga umat-umat agama lain sesuai dengan agama dan budayanya.

K.H. Nasaruddin juga mengatakan bahwa program kerja Kemen PPPA sangat dekat dengan program Kerja BPMI. BPMI akan betul-betul memperhatikan permasalahan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta menjadikan masjid sebagai tempat pusat pemberdayaan perempuan dan anak dengan tujuan untuk menginspirasi umat-umat agama lain agar melakukan hal yang sama.

Ia juga menjelaskan salah satu program BPMI adalah Pendidikan Ulama Perempuan. Belum pernah ada pendidikan ulama perempuan secara khusus, yang ada adalah pendidikan kader ulama. Banyak ulama tapi ulama perempuan sangat langka. Kita ingin perempuan itu mempunyai kekuatan intelektual untuk mengkaji kitab suci Al-Qur’an dan juga hadis. Selain itu, sejumlah program lain juga telah disiapkan guna mendukung penguatan keluarga.

“Kalau bahasa agama yang digunakan untuk pemberdayaan perempuan, ini akan sangat efektif. Bahasa agama sangat diperlukan pemerintah untuk mewujudkan program-program bangsa. Karena warga negara kita ini religius, dengan menggunakan bahasa agama, maka efektivitasnya akan luar biasa,” ujarnya.

 

Pengarusutamaan Gender (PUG) Meronai Nota Kesepahaman

 

Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani meliputi pertama, percepatan pencapaian lima arahan dari Presiden yaitu peningkatan peran perempuan dalam bidang kewirausahaan, peningkatan peran ibu dan keluarga dalam bidang pendidikan atau pengasuhan anak, penurunan kekerasan perempuan dan anak, penghapusan pekerja anak, dan penurunan perkawinan pada anak.

Kedua, pengarusutamaan gender (PUG) dan pemenuhan hak anak dalam program masjid.

Ketiga, peningkatan kualitas dan kuantitas ulama yang responsif gender dan peduli hak anak.

Keempat, penyediaan dan pertukaran data terbagi, statistik, dan informasi yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak berbasis masjid.

 

Proyek Kontraterorisme dan Deradikalisasi

 

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau disingkat PBB meluncurkan General Recommendation 30 CEDAW menitikberatkan negara untuk melindungi perempuan dari kekerasan yang berbasis gender akibat berbagai konflik, termasuk dalam hal terorisme.

Resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) no. 1325 tentang “Perempuan, Perdamaian, dan Keamanan” membentengi rekomendasi tersebut. Sedangkan resolusi DK PBB no. 2178 tahun 2014 menitikberatkan pemberdayaan perempuan sebagai aspek mitigasi dalam penyebaran kekerasan radikalisme.

Kejadian ini berkaitan dengan penjelasan yang dimiliki oleh kalangan tertentu yang sering kali menyudutkan Islam sebagai agama yang tidak memihak kepada perempuan.

Semakin menguat aroma kriminalisasi ajaran Islam ideologis. Apabila Indonesia memang sedang diposisi dalam menjalankan arahan-arahan imperialisme Barat yang dijalankan di hampir seluruh penjuru dunia Islam.

 

Islam Memuliakan Perempuan

 

Alih-alih mampu mengangkat nasib perempuan, kaderisasi ulama perempuan dalam perspektif demokrasi kapitalis justru menjadi racun yang kian mengukuhkan kegagalan dan menjerumuskan perempuan ke dalam jurang kejahiliahan dan kegelapan.

Laki-laki dan perempuan diciptakan oleh Allah Swt., dengan sebahagian-sebahagiannya, perbedaan yang sejatinya bukan untuk saling bersaing, tapi untuk saling melengkapi.

Islam telah menetapkan dalam aspek peran bahwa di samping sebagai hamba Allah Swt., yang mengemban kewajiban-kewajiban individual sebagaimana laki-laki, perempuan secara khusus telah bertanggung jawab dalam kepemimpinan sebagai ibu dan pengatur rumah tangga (umm wa rabbah al-bayt).

Bahkan kegemilangan peradaban Islam tak terlepas dari keberhasilan peran para ibu. Berhasil mendidik dan merawat generasi umat sehingga tumbuh menjadi generasi mujtahid yang telah berhasil membangun masyarakat dan peradaban Islam hingga mengalami kegemilangan.

Islam pun telah menempatkan kedudukan perempuan sebagai bagian dari masyarakat sebagaimana halnya laki-laki, termasuk dalam aktivitas politik. Keduanya dianugerahi tanggung jawab untuk mengantarkan kaum muslim menjadi umat terbaik di dunia.

Islam tak layak menjadi kambing hitam atas segala bentuk penindasan yang menyasar kaum perempuan. Sesungguhnya tak ada yang mampu menandingi keagungan Islam dalam sebuah institusi negara, yaitu negara Islam untuk memuliakan perempuan, siapa pun dia, umat atau bangsa mana pun. Wallaahu a'lam bish-shawwab.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Intens Gerakan Pengendalian Tembakau, Muhammadiyah Raih Penghargaan WHO

Intens Gerakan Pengendalian Tembakau, Muhammadiyah Raih Penghargaan WHO

Senin, 14 Jun 2021 07:23

Kasus Covid Kembali Melonjak, Gubernur Anies Instruksikan Kewaspadaan kepada Semua Pihak

Kasus Covid Kembali Melonjak, Gubernur Anies Instruksikan Kewaspadaan kepada Semua Pihak

Senin, 14 Jun 2021 07:08

Riset CTIEF tentang Dana Haji

Riset CTIEF tentang Dana Haji

Ahad, 13 Jun 2021 22:33

Perangi Rokok dengan Pendekatan Budaya, Abdul Mu’ti Protes: Kudus Bukan Kota Kretek

Perangi Rokok dengan Pendekatan Budaya, Abdul Mu’ti Protes: Kudus Bukan Kota Kretek

Ahad, 13 Jun 2021 22:08

PAN Desak Pemerintah Cabut Draf RUU 'Pajak Pendidikan'

PAN Desak Pemerintah Cabut Draf RUU 'Pajak Pendidikan'

Ahad, 13 Jun 2021 21:45

Azerbaijan Bebaskan 15 Tentara Armenia Dengan Imbalan Peta 97.000 Ranjau Di Nagorno-Karabakh

Azerbaijan Bebaskan 15 Tentara Armenia Dengan Imbalan Peta 97.000 Ranjau Di Nagorno-Karabakh

Ahad, 13 Jun 2021 21:20

Innalillahi, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Wafat

Innalillahi, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Wafat

Ahad, 13 Jun 2021 21:15

TuanTanah Di Maroko Tolak Sewakan Lahan Untuk Diplomat Israel

TuanTanah Di Maroko Tolak Sewakan Lahan Untuk Diplomat Israel

Ahad, 13 Jun 2021 21:00

Your Life is Your Choice!

Your Life is Your Choice!

Ahad, 13 Jun 2021 20:52

Hamas: Hasutan UEA Sejalan Dengan Propaganda Israel

Hamas: Hasutan UEA Sejalan Dengan Propaganda Israel

Ahad, 13 Jun 2021 20:00

Jihad Islam Serukan Persatuan Untuk Melawan 'Pos Pemeriksaan Kematian' Israel

Jihad Islam Serukan Persatuan Untuk Melawan 'Pos Pemeriksaan Kematian' Israel

Ahad, 13 Jun 2021 18:55

Soal Capres 2024, Fahri Hamzah: Bukan Bicara Figur Doang, Tapi Idenya Apa?

Soal Capres 2024, Fahri Hamzah: Bukan Bicara Figur Doang, Tapi Idenya Apa?

Ahad, 13 Jun 2021 17:20

Rawwan Dwaik, Gadis Down Syndrome Penghapal Quran 30 Juz

Rawwan Dwaik, Gadis Down Syndrome Penghapal Quran 30 Juz

Ahad, 13 Jun 2021 12:40

Fahri Kritik Pegawai KPK yang Marah Tak Lulus TWK, Giri Suprapdiono Balas Menohok

Fahri Kritik Pegawai KPK yang Marah Tak Lulus TWK, Giri Suprapdiono Balas Menohok

Sabtu, 12 Jun 2021 21:48

Politisi Gerindra: PPN Sembako Korbankan Rakyat Kecil

Politisi Gerindra: PPN Sembako Korbankan Rakyat Kecil

Sabtu, 12 Jun 2021 21:08

Analisis: Strategi Hamas Dan Perang Asimetris Melawan Israel

Analisis: Strategi Hamas Dan Perang Asimetris Melawan Israel

Sabtu, 12 Jun 2021 20:45

Zulhas: PAN dan Muhammadiyah Bagi Tugas, Tolak PPN Pendidikan

Zulhas: PAN dan Muhammadiyah Bagi Tugas, Tolak PPN Pendidikan

Sabtu, 12 Jun 2021 20:41

HRS Ulama Terzalimi

HRS Ulama Terzalimi

Sabtu, 12 Jun 2021 20:15

Ribuan Warga Kanada Berunjuk Rasa Mengecam Islamofobia Setelah Pembunuhan Keluarga Muslim

Ribuan Warga Kanada Berunjuk Rasa Mengecam Islamofobia Setelah Pembunuhan Keluarga Muslim

Sabtu, 12 Jun 2021 20:15

Hapus Saja Dewan Komisaris BUMN

Hapus Saja Dewan Komisaris BUMN

Sabtu, 12 Jun 2021 19:57


MUI

Must Read!
X

Sabtu, 12/06/2021 20:15

HRS Ulama Terzalimi